BAGAIMANA CARA MENGHITUNG JANGKA SORONG DENGAN MUDAH

Jangka sorong dapat dipakai menggunakan mudah pada menghitung panjang suatu benda. Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur dari besaran utama panjang. Jangko sorong memiliki bentuk yg mirip kunci inggris dengan rahang yang bisa digeser. Jangka sorong memiliki ketelitian sampai 0,1 mm. Cara menghitung atau memakai jangka sorong merupakan pelajaran pada kelas x dan pada kelas 3 sma dan bagi sahabat-teman yang sedang atau belum mempelajarinya pada bangku sekolah lebih baik anda cepat-cepat untuk mengetahui supaya anda terdepan pada sekolah. 

Bagian-Bagian Jangka Sorong 
Fungsi Jangka Sorong 
  • Untuk mengukur panjang suatu benda menggunakan ketelitian 0,1 mm (rahang permanen dan rahang geser bawah)
  • Rahang tetap dan rahang geser atas, untuk mengukur diameter benda yang sangat mini misalnya cincin, pipa, dll 
  • Tangkai ukur dibagian bawah, buat mengukur kedalaman misalnya kedalaman tabung, lubang kecul, atau perbedaan tinggi yang mini . 
Tata Cara Menggunakan Jangka Sorong 
Berikut cara pada menggunakan jangka sorong yg diikuti dalam beberapa langkah diantaranya menjadi berikut,..
1. Awal persiapan, kendurkan baut pengunci dan geser rahang geser untuk menguji apakah rahang geser bekerja dengan baik. Jangan ketika rahang tertutup wajib dalam keadaan atau memperlihatkan angka nol. Apabila nir, atur ke angka nol.
2. Selanjutnya, membersihkan permukaan benda serta bagian atas rahang buat nir terdapat benda yang menempel yang sanggup menyebabkan keselahan pengukuran.
3. Tutup rahang sampai mengapit benda yang diukur. Tentukan posisi benda sesuai pengukuran yg diambil. Selanjutnya tinggal membaca skalanya.

Cara Menggunakan Jangka Sorong buat Menghitung dan Mengukur Diamater

  • Cara menggunakannya adalah menggunakan rapatkan rahang atas kemudian ditempatkan benda yang ingin diukur diameternya. Taring rahang geser hingga kedua rahang menempek serta menekan bagian pada benda. Pastikan bahwa dinding bagian pada benda tegak lurus menggunakan skala, maksudnya benda jangan hingga lurung. 
Cara Menggunakan Jangka Sorong buat Mengukur Kedalaman
  • Cara menggunakan jangka sorong buat menghitung/mengukur kedalaman adalah dengan menempatkan benda yang ingin diukur kedalamannya pada tangkai ukur. Taring rahang geser sampai dengan menyentuk bagian atas dalam (dasar lubang). Usahakan agar benda yg diukur kedalamannya dalam keadaan tidak aktif (tidak bergeser). 
Cara Membaca Jangka Sorong 
  • Lihat skala primer, lihat nilai yg terukur lurus menggunakan angka nol pada skala nonius. Bisa menunjukkan posisi berhimpit menggunakan garis skala primer mampu jua nir. Apabila nir, gunakan nilai skala utama yg terdekat pada kirinya. Di termin ini anda akan menerima ketelitian sampai 1 mm. 
  • Lihat skala nonius, carilah angka di skala nonius yang berhimpit menggunakan garis pada skala primer. Pengukuran ini mempunyai ketelitian hingga 0,1 mm. 
  • Jumlahkan

Contoh Soal 1 Menghitung Jangka Sorong: 


Contoh Soal 2 Menghitung Jangka Sorong: 


Contoh Soal tiga Menghitung Jangka Sorong: 

Demikianlah artikel singkat mengenai bagaimana Cara Menghitung Jangka Sorong menggunakan Praktis. Semoga berguna bagi kita semua. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel