MANFAAT DARI LAPISAN ATMOSFER

Atmosfer terdiri atas lapisan, atmosfer memiliki banyak manfaat yang berfungsi serta bertujuan bagi kehidupan dibumi. Atmosfer memiliki arti atau kiprah yang sangat krusial bagi kehidupan, lantaran mengandung aneka macam jenis gas misalnya nitrogen, oksigen, karbondioksida, serta uap air. Selain itu, atmosfer berfungsi buat melindungi bumi menurut pemanasan serta pendinginan yg hiperbola serta ruang angkasa. Seandainya atmosfer nir ada, suhu dalam siang hari di permukaan bumi diperkirakan mencapai 93°C, dan dalam malam hari menurun hingga -184° C. Peristiwa-peristiwa cuaca yg terjadi pada lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan-perubahan suhu ternyata poly mensugesti aktifitas manusia.
Atmosfer memiliki arti yang sangat krusial bagi kehidupan, lantaran mengandung berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida serta uap air. Selain itu, manfaat atmosfer merupakan melindungi bumi menurut pemanasan serta pendinginan hiperbola berdasarkan ruang angkasa.
Seandainya bumi nir memiliki atmosfer, maka diprediksikan suhu bumi dalam siang hari lebih kurang 93°C serta dalam malam hari menurun hingga -184°C. Peristiwa-peristiwa cuaca yang terjadi pada pada lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan-perubahan suhu ternyata poly mempengaruhi aktivitas insan.

Komposisi udara yang terdapat pada atmosfer adalah menjadi berikut:

  1. Oksigen (O2), jumlahnya ± 21%. Zat ini sangat diharapkan lantaran seluruh makhluk hidup memerlukan oksigen buat bernafas. Selain itu, oksigen dimanfaatkan juga pada bidang industri dan kesehatan yg dikemas pada tabung gas.
  2. Karbondioksida (CO2), jumlalmya tidak poly, hanya 0,03% tetapi sangat krusial bagi kehidupan lantaran unsur ini berfungsi buat menyerap radiasi panas.
  3. Uap air, jumlahnya hanya sekitar 2% dari seluruh massa atmosfer, namun karena porses penguapan pada muka bumi maka jumlah uap air yang terdapat pada atmosfer selalu berubah- ubah. Semakin akbar kandungan uap di udara, semakin besar pula kemungkinan turun hujan.
  4. Nitrogen, merupakan unsur terbanyak di atmosfer (78,08%), sangat penting bagi pertumbuhan tumbuhan atau pertumbuhan. Kekurangan zat nitrogen pada tanah bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Nitrogen nir dapat digunakan sang tumbuh-tanaman secara eksklusif berdasarkan udara, melainkan dihisap oleh akar dan dalam tanah. Terjadinya petir atau halilintar bersamaan dengan turunnya hujan, bisa mempercepat proses pelarutan Nitrogen di udara dan meresap ke dalam tanah. Kekurangan Nitrogen di pada tanah diatasi dengan melakukan pemupukan. Pupuk Urea adalah keliru satu jenis pupuk yg mengandung poly Nitrogen. Nitrogen merupakan keliru satu bahan dasar atau bahan baku buat industri.
  5. Neon serta Argon, dipakai buat mengisi bola lampu listrik. Bola lampu yg diisi dengan Neon (lampu Neon) memancarkan warna jingga, sedangkan bola lampu yg diisi menggunakan Argon memancarkan warna merah.
  6. Ozon, dapat mematikan bakteri yg ada di dalam air, sehingg a banyak digunakan pada industri air mineral. Ozon dipakai buat sterilisasi (mematikan bakteri) di dalam air. Dengan demikian, air tersebut aman buat diminum karena tidak mengandung bakteri/kuman. Lapisan ozon masih ada pada stratosfer, sebagian akbar terkonsentrasi dalam ketinggian 22 km serta berfungsi menjadi pelindung permukaan bumi serta radiasi sinar ultraviolet
  7. Helium, hanya sedikit terdapat di udara serta merupakan gas yang sangat ringan. Gas ini banyak digunakan buat mengisi balon terbang.
Atmosfer juga berfungsi buat melindungi bumi dari bala hujan meteor. Meteor yg jatuh dan ruang angkasa, sebelum sampai ke permukaan bumi mengalami pergesekan-pergesekan menggunakan atmosfer serta sebagian besar terbakar habis di lapisan atmosfer luar. Lapisan lonosfer yg terdapat pada atmosfer dapat jua berfungsi untuk memantulkan gelombang radio sebagai alat komunikasi ke semua bagian atas bumi. Selain Beberapa fungsi di atas, udara pada atmosfer bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga yang murah. Sampai ketika ini belum terdapat anggaran pajak bagi pemakai energi udara atau angin. Angin yg adalah gerakan udara secara horizontal, sudah dimanfaatkan sang manusia sejak dahulu kala, bahkan kini ini pemanfaatannya semakin beraneka ragam. Penemuan benua Amerika dan Australia sang para pelaut Eropa merupakan menggunakan memanfaatkan tenaga angin untuk menggerakkan kapal-kapal layar dalam zaman itu. Dewasa ini pemanfaatan energi angin secara tradisional masih poly dilakukan, walaupun kita telah berada pada abad teknologi maju.

Manfaat Atmosfer
Seandainya bumi yang kita tempati ini nir diselimuti sang atmosfer, tentu tidak akan ada kehidupan. Atmosfer adalah keliru satu komponen utama pendukung kehidupan pada bumi selain air.
Berikut beberapa manfaat atmosfer bagi kehidupan di muka bumi.
  • Memantulkan balik sinar ultraviolet yg dipancarkan matahari. Radiasi ultraviolet sangat berbahaya bagi makhluk hayati di bumi.
  • Melindungi bumi dari benturan benda-benda langit atau meteor yang hancur lebih dahulu pada lapisan mesosfer.
  • Sebagai pemantul gelombang radio yang dipakai pada proses telekomunikasi yaitu dalam lapisan ionosfer.
  • Menjaga kestabilan suhu udara, sebagai akibatnya nir terlalu panas di siang hari dan terlalu dingin di malam hari.
  • Membantu makhluk hayati pada pemenuhan kebutuhan oksigen untuk bernapas.
  • Menjaga temperatur (suhu) bumi. Tanpa atmosfer, temperatur bumi pada siang serta malam dapat tidak sama drastis. Temperatur siang akan tinggi sekali dan temperatur malam akan rendah sekali. Atmosfer menjaga supaya temperatur antara siang dan malam hari tidak terlalu jauh tidak sama.
  • Sebagai asal gas serta uap produsen hujan.
Contoh Manfaat lapisan Atmosfer 

  1. Nelayan-nelayan tradisional masih memakai bahtera layar memanfaatkan energi angin darat saat berangkat kelaut, dan memanfaatkan angin bahari sewaktu kembali ke darat.
  2. Kincir angin yang digunakan buat memompa air. Belanda merupakan negara yang banyak menggunakan kincir angin buat memompa air, sebagai akibatnya disebut negara kincir angin.
  3. Angin merupakan keliru satu sumber energi yg dapat dimanfaatkan buat pembangkit tenaga listrik. Pembangkit energi listrik menggunakan memanfaatkan energi angin sudah dibangun di pantai Parang Tritis bagian Selatan Daerah spesial Yogyakarta.
  4. Kipas angin bisa digunakan buat memperoleh kesegaran, dibentuk menggunakan tujuan buat membentuk angin protesis yang dapat dipakai dalam waktu udara sangat panas.
  5. Olahraga dirgantara seperti terbang layang dan terjun payung serta penerbangan adalah kegiatan yg memanfaatkan tenaga angin.
Sekian Artikel tentang Manfaaat Atmosfer  atau Manfaat dari Lapisan Atmosfer semoga bermanfaat

(Sumber : Geografi, Hal : 107-110, Penerbit : Erlangga.2004. Jakarta, penulis : P.ginting dkk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel