MANFAAT HUTAN BAKAU MANGROVE

Secara generik hutan bakau atau mangrove mempunyai definisi menjadi hutan yg tumbuh pada atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai serta ditentukan sang pasang-surut air laut tepatnya pada daerah pantai serta kurang lebih muara sungai, sehingga tanaman yang hidup pada hutan mangrove bersifat unik karena merupakan adonan dari ciri-ciri tumbuhan yang hayati di darat serta di bahari. Hutan bakau merupakan sejenis hutan yang tumbuh serta berkembang di tempat pinggir pantai serta muara-muara sungai. Hutan bakau mempunyai fungsi dan tujuan yang sangat bermanfaat bagi insan. Pohon-pohonnya memiliki akar-akar tunjang buat bernafas. Akarnya melengkung serta mencuat ke atas sebagai akibatnya tidak selamanya terendam air. Lingkungan fisik loka tumbuhnya hutan bakau mencakup daerah pasang surut hingga airnya asin serta tanahnya berlumpur. Hutan bakau beredar di sepanjang pantai Indonesia, terutama dalam pantai yang datar seperti pantai timur Sumatera, pantai utara Pulau Jawa, pantai Selatan Kalimantan, serta pantai-pantai lainnya yang ditumbuhi bakau secara alami. Hutan bakau pada Indonesia merupakan yang terluas di dunia, akan tetapi sekarang banyak hutan bakau yang telah musnah serta rusak akibat penebangan-penebangan, baik diambil kayunya buat dijadikan arang maupun diubah sebagai tambak.-tambak ikan. Perkiraan luas hutan bakau di dunia lebih kurang 18 juta hektare, 8,6 juta hektare diantaranya atau 47,8% berada pada Indonesia. Sayang sekali serta 8,6 juta hektare yang terdapat di Indonesia, hanya tinggal sekitar 32% yang baik, sedangkan selebihnya 68% atau 5,9 juta hektare sudah hancur dan rusak. Berdasarkan identifikasi dan penelitian Dirjen Rehabilitasi huma, kerusakan hutan bakau yang terbesar masih ada di luar daerah hutan yg mencapai 4,2 juta hektare (87,5%) sedangkan di dalam daerah hutan mencapai 1,7 juta hektare (44,73%). Kawasan hutan bakau banyak menyediakan nutrisi (kuliner bergizi) bagi makhluk-makhluk lainnya pada ekosistem tersebut. Makhluk hayati yg poly ditemukan pada ekosistem ini antara lain ikan, kepiting, udang, siput, tiram, cacing, burung, monyet, serta dalam beberapa ekosistem pantai terdapat jua buaya. Ekosistem pantai yg tertutup hutan bakau mempunyai manfaat yang akbar bagi manusia.


Manfaat ekosistem hutan bakau 
Apakah hutan bakau itu krusial? Ya, hutan bakau sangat penting. Tidak hanya buat penduduk atau rakyat di lebih kurang bibir pantai, tapi jua buat alam. Hutan bakau hanya bisa ditumbuhi oleh flora yg memang mampu bertahan dengan iklim atau kondisi bahari yg berbatasan pribadi dengan garis pantai. Berikut ini adalah beberapa manfaat menurut hutan bakau.

Manfaat Ekosistem Hutan Bakau antaralain :

  1. Perlindungan pantai serta pengikisan. Akar-akar pohon bakau yg mencuat di atas tanah dapat menahan hantaman ombak serta bahari sehingga terhindar dan bahaya pengikisan pantai. Hutan bakau yg berada di daerah rawa atau tanah endapan lumpur pada kurang lebih garis pantai akan melindungi tanah supaya tidak tergerus oleh air laut. Proses alami air bahari umumnya akan terjadi waktu air bahari mengalami pasang serta surut. Dengan proses ini maka tanah di kurang lebih garis pantai mampu terbawa sang air laut dan menyebabkan daratan menjadi semakin mengecil. Apabila hal ini terus terjadi maka garis pantai akan mengalami erosi dan mengakibatkan bencana alam buat insan.
  2. Penahan perembesan air asin ke daratan. Dengan adanya pohon-pohon bakau pada tepi pantai, perembesan air asin ke daratan dapat terbendung. Kemusnahan hutan bakau pada tepi pantai akan mengakibatkan perembesan (intrusi) air asin jauh ke daratan. Contoh: di pantai Jakarta dari 1.200 hektare hutan bakau tahun 1988, dalam tahun 2003 tinggal hanya 327 hektare (27%), sehingga menyebabkan intrusi air bahari telah mencapai 14 km, atau tepatnya sudah sampai pada kawasan Monumen Nasional (Monas). 
  3. Laut sebagai keliru satu loka bagi beberapa jenis industri keliru satunya industri kilang minyak. Selain itu kapal-kapal yg berlayar pada laut juga membuang zat residu polutan menurut hasil pembaran mesin. Hal ini menciptakan air laut penuh dengan banyak sekali jenis logam serta zat berbahaya bagi manusia.hutan bakau akan menciptakan air di sekitar garis pantai menjadi lebih bersih. Tanaman ini akan menyerap zat logam dan sampah yang berasal dari laut. Dengan cara ini maka pantai sebagai tempat yg kondusif buat insan.
  4. Menjadi Habitat Berbagai Mahluk Hidup, Tempat proteksi hewan dan ikan. Hutan bakau yg didiami oleh berbagai jenis fauna dan tumbuhan menjadi loka perlindungan bagi ikan kecil, udang, dan kepiting dan pemangsa-pemangsanya dan pula loka perlindungan danrigerakan ombak yg bertenaga. 
  5. Hutan bakau menjadi keliru satu loka yg paling baik buat berbagai jenis mahluk hidup. Salah satunya merupakan aneka macam jenis burung langka yang hanya bisa tinggal di tempat hutan bakau. Mahluk hidup misalnya satwa serta burung membutuhkan lingkungan yg nyaman menurut ancaman kerusakan misalnya hutan bakau. 
  6. Hutan bakau pula sebagai loka nyaman atau habitat bagi beberapa jenis mahluk hayati yg tinggal pada bahari. Mereka menggunakan hutan bakau menjadi rumah lantaran mereka mencari asal makan yang paling dekat misalnya bahari. Media hutan bakau juga akan menambah berbagai jenis keanekaragaman satwa.
  7. Tempat perkembangbiakan ikan, udang, serta kepiting. Banyak jenis-jenis ikan eksklusif, udang dan kepiting bertelur di pada hutan bakau, dan sehabis relatif dewasa baru pergi ke laut lepas misalnya ikan-ikan lainnya.
  8. 5. Penahan sedimen serta zat makanan. Akar-akar pohon bakau akan menunda sedimen-sedimen yang di bawa sang air serta hasil erosi pada tempat itu. Sedimen-sedimen yg dibawa oleh air mengandung banyak zat-zat kuliner yang diperlukan sang pohon-pohon bakau sebagai akibatnya pohon bakau tumbuh subur. Daun-daun itu akhirnya membusuk dan terurai menjadi sumber makanan makhluk lainnya.
  9. Penghasil kayu. Kayu serta pohon bakau poly dijadikan arang buat bahan bakar. Kayunya selain dijadikan arang, terdapat jua yang dijadikan bahan bangunan, bahkan perekat buat pembuatan plastik, serta lain-lain.
  10. Pariwisata. Hutan bakau yg luas serta masih alami, poly didatangi wisatawan buat dinikmati keindahan hutan bakau dan kesunyian alaminya. Hutan bakau sebagai keliru satu media yang sangat penting buat manusia. Salah satunya adalah menyediakan tempat hiburan seperti tempat wisata yg menciptakan insan semakin sadar pentingnya hutan bakau. Bahkan hutan bakau bisa dijadikan loka untuk berbagi ilmu pengetahuan serta penelitian dalam aneka macam bidang.
  11. Mempertahankan Kondisi Tanah. Tanah di sekitar garis pantai memang sangat rawan karena terkena oleh air laut sepanjang saat. Namun tumbuhan bakau akan mengikat tanah pada sekitarnya. Cara ini akan membuat hutan bakau mengikat tanah yg terbawa berdasarkan air laut. Endapan tanah akan terus mengalampi perubahan. Endapan lama akan bercampur menggunakan endapan baru sehingga membangun daratan spesifik yang semakin luas.
  12. Menjaga Kualitas Air. Masyarakat yg tinggal pada lebih kurang daerah hutan bakau akan memanfaatkan hutan bakau sebagai cara buat membersihkan air. Air laut mengandung kadar garam yang relatif tinggi sebagai akibatnya nir mampu digunakan buat mendukung kehidupan insan. Tanaman bakau akan membentuk perairan payau pada sekitar garis pantai. Dengan cara ini maka rakyat mampu mendapatkan air yang lebih higienis dan tumbuhan bakau menjadi penyaring alami menurut air bahari sebagai air tawar.
  13. Hutan Bakau Merubah Lingkungan Secara Kimia. Tanaman bakau mempunyai karakter yg sangat tegas serta tahan terhadap aneka macam jenis zat berbahaya berdasarkan bahari. Hutan bakau menyediakan manfaat pada proses kimiawi termasuk seperti melakukan penyerapan terhadap gas buangan yg berasal berdasarkan udara serta air bahari. Tanaman bakau akan merubah gas buangan sebagai gas yg lebih bersih dan bisa dihirup sang mahluk hidup buat bernafas.
  14. Mendukung Pendapatan Ekonomi Masyarakat. Hutan bakau nir hanya krusial buat menjaga proses alam. Hutan bakau melindungi insan berdasarkan banyak sekali jenis bala alam. Bahkan hutan bakau juga menjadi galat satu tempat atau asal penghasilan utama bagi nelayan disekitar garis pantai. Manusia mampu memanfaatkan kayu buat diolah menjadi kerajinan atau bahan bakar. Manusia jua mampu mengambil ikan, udang , burung serta berbagai jenis mahluk hidup yg ada di hutan bakau. Berbagai jenis kayu yg didapatkan bisa diolah sebagai kerajinan atau bahan buat kontruksi rumah. Dengan cara ini maka hutan bakau mendukung ekonomi masyarakat.
  15. Melindungi Bencana Alam. Hutan bakau menjadi salah satu tempat yang krusial buat kehidupan manusia. Hutan bakau akan melindungi daerah pesisir menurut kerusakan lantaran gelombang ombak. Hutan bakau akan mencegah daratan supaya tidak terkena hempasan badai dan gelombang tsunami. Pengalaman banyak sekali jenis bala alam akbar di Indonesia akan mendukung perkembangan pengelolaan terhadap pencegahan bencana alam misalnya tsunami serta badai.
Hutan bakau memang sangat bermanfaat buat manusia dan seluruh mahluk hidup yang tinggal dalam habitatnya. Hingga saat ini masih poly kerusakan alam yg sebenarnya ditimbulkan sang tindakan manusia. Manusia hendaknya selalu menyadari bahwa alam menyedikan asal daya yang nir akan pernah habis. Dan insan mempunyai kewajiban buat mengelola dan mengembangkannya. Kerusakan hutan bakau telah mengakibatkan bahaya alam yang sangat akbar. Semoga pengetahuan mengenai manfaat hutan bakau ini mendorong pencerahan banyak sekali pihak buat menyebarkan serta menjaga potensi hutan bakau.
Demikian Artikel singkat tentang Manfaat Hutan Bakau (Mangrove) Semoga berguna bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

(Pustaka :Berbagai Sumber dan Geografi, Hal : 161-163, Penerbit : Erlangga. 2004. Jakarta,Penulis : P.ginting dkk)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel