PENGERTIAN DAN JENISJENIS PERUSAHAAN SERTA CONTOHNYA

Pengertian perusahaan menuruf definisi para pakar menyampaikan bahwa pengertian perusahaan merupakan wadah berlangsungnya proses produksi barang serta jasa. Perusahaan mungkin kita sudah mengetahui akan tetapi apakah itu benar-sahih perusahaan atau badan usaha, sebagian orang sulit membedakan badan usaha serta perusahaan, karna jika dipandang-lihat badan bisnis dan perusahaan sama saja, sama-sama berusaha, bila kita beranggapan misalnya itu, sangat galat, maka dari itu sebelumnya telah dibahas disparitas badan usaha serta perusahaan. 
Perusahaan masih ada berbagai macam jenis yg meliputi segala bidang menurut lapangan usahanya serta misalnya, dimana terbagi lima yakni Perusahaan ekstraktif, perusahaan agraris, perusahaan industri, perusahaan perdangan, perusahaan jasa, dari setiap macam-macam bentuk jenis perusahaan ini memegang bidang tersendiri pada kehidupan ini, atau dapat dikatakan bahwa pembagian perusahaan menjadi lima jenis merupakan penggolongan perusahaan yang bergerak ke Agraris, Industri, Jasa , perdagangan, ektraktif, sebagai akibatnya kita lebih mudah mengetahui bentuk menurut perusahaan ini. Untuk mengetahui penerangan berdasarkan jenis-jenis perusahaan misalnya yang sudah dipaparkan diatas, penjelasannya bisa ditinjau dibawah ini.
Dalam perusahaan masih ada juga jenis-jenis perusahaan atau macam-macam perusahaan berdasarkan lapangan usaha. Untuk mengetahui itu dapat dilihat dibawah ini. 
Jenis Perusahaan berdasarkan Lapangan Usaha
1. Perusahaan Ekstraktif 
2. Perusahaan Agraris
3. Perusahaan Industri 
4. Perusahaan Perdagangan 
5. Perusahaan Jasa 

Jenis-Jenis Perusahaan
1. Perusahaan Ekstraktif 
Perusahaan Ekstraktif adalah perusahaan yang bidang usahanya memungut benda-benda yg tersedia pada alam secara eksklusif. Perusahaan yg termasuk kelompok perusahaan ekstratif diantaranya pertambangan penangkapan ikan, penebangan kayu, pemungutan rumput laut, serta pembuatan garam. Perusahaan pertambangan ialah perusahaan yang usaha menghali dan mengolah barang-barang tambang, contohnya pertambangan minyak bumi, besi batu bara, timah, serta nikel

2. Perusahaan Agraris 
Perusahaan Agraris merupakan perusahaan yang usahanya mengolah dan memanfaatkan tanah supaya menjadi huma yang berdayaguna dan berhasil guna untuk memenuhi kebutuhan. Perusahaan agraris meliputi pertanian, perkebunan, perikanan (pemerihara ikan), dan peternakan. Perusahaan pertanian ialah perusahaan yang usahanya memasak tanah sebagai huma pertanian, lalu ditanami tumbuh-tanaman agar menghasilkan bahan buat memenuhi kebutuhan. Contohnya, pertanian padi, kacang tanah, hortikultura, perkebunan karet, kopi, teh, serta kina.

3. Perusahaan Industri 
Perusahaan Industri merupakan perusahaan yang usahanya mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi (bahan baku), atau memasak bahan standar sebagai barang jadi.
Contoh : 
  • Perusahaan kerajinan rotan mengolah bahan mentah (rotan) menjadi barang jadi (misalnya kursi rotan serta anyaman rotan)
  • Perusahaan tepung terigu memasak bahan mentah (gandum) menjadi bahan baku (tepung terigu).
  • Perusahaan roti mengolah bahan baku (tepung terigu) sebagai barang jadi (roti).
  • Perusahaan mobil, pupuk, kimia, obat-obatan serta sepatu.

4. Perusahaan Perdagangan 
Perusahaan perdagangan merupakan perusahaan yg usahanya mengumpulkan serta menyalurkan barang-barang output produksi dari penghasil (penghasil) kepada konsumen (pemakai). Contoh perusahaan perdagangan artinya bisnis pertokoan serta perdagangan ekspor serta impor.

5. Perusahaan Jasa 
Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang usahanya menyelenggarakan jasa buat para konsumen (pemakai) menggunakan memperoleh imbalan
Contoh : 
  • Perusahaan pengangkutan bus
  • Jasa bank dan jasa pergudangan
  • Jasa seseorang dokter, jasa seseorang penjahit.


Sekian artikel mengenai Perusahaan bersama Contohnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel