PENGERTIAN DASAR NEGARA DAN FUNGSI DASAR NEGARA

Secara Umum Pengertian Dasar Negara merupakan perilaku hidup, etos, atau sesuatu yang nir dapat dibuktikan kebenaran serta kesalahannya. Pada hakikatnya, dasar negara adalah filsafat negara (political philosophy) yg berkedudukan sebagai asal dari segala sumber hukum atau sumber tata tertip hukum dalam negara. Agar lebih memahami pengertian filsafat negara, Pertama-tama mari kita membahas pengertian filsafat. Secara etimologis, filsafat asal menurut kata philos yang berarti teman, cinta, dan sophia yang berarti kebijaksanaan, kebenaran, belajar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian filsafat merupakan pengetahuan serta penyelidikan, menggunakan logika budi mengenai hakikat segala yg ada, karena, berasal, serta hukumannya. 
Dasar Negara merupakan landasan kehidupan suatu negara karna setiap negara pasti mempunyai landasan negara dalam melaksanakan serta menjalankan kehidupan suatu negara dimana dasar negara berperan dalam mengatus penyelenggaraan suatu negara. Negara yg nir mempunyai dasar negara adalah suatu negara yang dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara nir mempunyai pedoman yg berarti bahwa negara tersebut nir mempunyai arah dan tujuan yg kentara, mau dibawah kemana negara ini karna dasar negara mencakup tujuan negara, harapan negara, dan kebiasaan negara. Negara indonesia sendiri mempunyai dasar negara yaitu pancasila. Pancasila sebagai dasar negara adalah ideologi negara indonesia yang sebagai pandangan dan metode seluruh bangsa indonesia pada mencapai keinginan. Cita-cita negara indonesia adalah rakyat yang adil dan makmur. 
Fungsi Dasar Negara
Pada umumnya, dasar negara digunakan sang bangsa atau negara pendukungnya dan memiliki fungsi menjadi berikut... 
  • Dasar berdiri dan tegaknya negara : Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara lazim muncul waktu suatu bangsa hendak mendirikan sebuah negara. Sehingga, dasar negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu negara. Sesudah negara berdiri, dasar negara dapat sebagai landasan bagi pengelolaan negara yg bersangkutan 
  • Dasar kegiatan penyelenggaraan negara : Negara didirikan buat mewujudkan hasrat serta tujuan nasional suatu bangsa pada bawah pimpinan para penyelenggara negara. Agar para penyelenggara negara benar-sahih bisa mewujudkan tujuan nasional, mereka wajib mendasarkan seluruh aktivitas pemerintahan pada dasar negara 
  • Dasar partisipasi warga negara : Semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yg sama buat mempertahankan negara dan partisipasi pada upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak serta menunaikan kewajibannya itu, seluruh rakyat negara harus berpedoman kepada dasar negara. 
  • Dasar Pergaulan antara rakyat negara : Dasar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antar masyarakat negara serta negara, melainkan dengan jua dasar bagi hubungan antarwarga negara. 
  • Dasar dan sumber aturan nasional : Seluruh kegiatan penyelenggaraan negara dan rakyat negara pada kehidupan warga , berbangsa serta bernegara wajib berdasarkan pada aturan yang berlaku. Dengan demikian, seluruh peraturan perundang-undangan yang dibuat buat penyelenggaraan negara wajib berdasarkan pada dasar negara. 
Demikianlah artikel singkat Pengertian Dasar Negara dan Fungsi Dasar Negara. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel