PENGERTIAN METEOR SECARA UMUM

Banyak definisi para pakar mengenai pengertian meteor. Namun Secara Umum, Pengertian Meteor adalah benda langit yang mengorbit menggunakan mengitari atau mengelilingi mentari pada lintasan yang nir permanen. Meteor merupakan pecahan benda baik itu berdasarkan asteroid dan komet, meteor dapat berupa serpihan batu atau besi. Meteor dapat ke bumi karena tertarik oleh gravitasi bumi dimana disaat memasuki atmosfer bumi, meteor akan bergesekan menggunakan udara sebagai akibatnya meteor akan berpiar, yg disebut dengan bintang jatuh. Hal ini merupakan mengapa meteor bisa dikatakan bintang jatuh serta bisa berpiar, terbakar, atau bercahaya. Meteor akan jatuh di permukaan bumi serta mengakibatkan lubang besar atau kawah disaat meteor tidak habis terbakar dalam ketika pada atmosfer. Meteor yang jatuh dibumi dianggap menggunakan Meteorit. Meteor yang jatuh dengan jumlah yg poly dianggap menggunakan hujan meteor, seperti yg pernah terjadi pada Prancis dalam tahun 1803.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengertian Meteor merupakan penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut menjadi bintang jatuh. Penampakan tersebut ditimbulkan sang panas yg dihasilkan sang tekanan ram (bukan sang ukiran, sebagaimana anggapan generik sebelum ini) dalam saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yg sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat diklaim menjadi bolide.

Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang didapatkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain bisa membentuk impact crater.
Ada kurang lebih 75 juta meteor yang setiap hari memasuki atmosfer bumi yang bergerak menggunakan kecepatan antara 35-39 km/dtk dimana meteor membutuhkan 1 dtk buat terbakar sepenuhnya pada atmosfer. Kandungan Meteor - Meteor dibedakan menjadi 2 macam, yaitu meteorit logam dan meteorit batuan. Meteorit logam mengandung 91% Fe, 8persenNi, dan selebihnya Co, P serta unsur-unsur lainnya. Sedangkan Meteorit batuan mengandung 36% O, 26%Fe, 18%Si, 14%Mg dan sejumlah kecil unsur lainnya.
Umumnya meteor hanya gumpalan kecil, tapi terdapat jua yang sampai mempunyai ukuran yang sangat akbar menggunakan massa kurang lebih 34.000 kg seperti yang pernah ditemukan di Greenland tahun 1897 yang dinamakan meteorit Ahnignito. Sebuah meteor yg jatuh pada Arizona yg diperkirakan memiliki massa lebih kurang 50.000 ton ini menyebabkan terbentuknya kaldera yg dikenal menjadi kawah Barringer (Barringer Crater) menggunakan diamater kurang lebih 1.400 m dan kedalam lebih kurang 190 meter. Meteor terkecil yang disebut dengan meteorit Ras Tanura, yg jatuh di Arab Saudi tahun 1961 menggunakan berat lebih kurang 6 gr. Sedangkan Meteor terbesar menurut para ilmuwan artinya Meteor yg pernah jatuh pada bumi sekitar 65 juta tahun silam yg menyebabkan debu dasyat serta poly para pakar yg menyakini bahwa meteor pada waktu mengakibatkan kepunahan dinausorus.
Meteorit
Meteorit adalah meteor yang masuk ke pada atmosfer Bumi dan mendarat dipermukaan bumi, mengalami goresan di atmosfer, serta jatuh ke permukaan tanah. Dari temuan-temuan meteorit inilah, para pakar mengetahui bahwa meteoroid terdiri atas batuan, besi, dan nikel.

Demikianlah keterangan mengenai Pengertian Meteor. Sekian dan Terima Kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel