PENTINGNYA IDEOLOGI BAGI SUATU NEGARA

Pentingnya ideologi ditinjau berdasarkan fungsi dan peranannya. Makna serta arti ideologi bagi suatu negara/bangsa adalah sesuatu memiliki fungsi menjadi etos dan menjadi petunjuk arah semua pada kehidupan hayati serta penghidupan bangsa pada berbagai aspek-aspek atau bidang dalam kehidupan rakyat, bangsa, dan negara. Mengenai pengertian ideologi itu sendiri ?...secara generik, Pengertian Ideologi merupakan kumpulan suatu gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan dengan menyeluruh dan sistematis, menyangkut seluruh bidang kehidupan insan. 

Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara
Ideologi suatu negara sangat penting lantaran sangat bermakna pada bagi suatu negara. Pentingnya ideologi bagi suatu negara bisa disimpulkan pada beberapa point-point antara lain menjadi berikut... 
  • Negara mampu membangkitkan kesadaran mengenai kemerdekaan, menaruh orientasi tentang dunia bersama isinya, serta menaruh motivasi perjuangan untuk mencapai apa yang dicita-citakan.
  • Dengan ideologi nasionalnya suatu bangsa serta negara bisa berdiri kukuh dan nir gampang terombang ambing oleh imbas ideologi lain serta pada menghadapi masalah-persoalan yang ada. 
  • Ideologi menaruh arah serta tujuan yang jelas menuju kehidupan yg pada cita-citakan. 
  • Ideologi bisa mempersatukan orang berdasarkan semua etos atau berbagai ideologi 
  • Ideologi mempersatukan orang menurut semua kepercayaan  
  • Ideologi mempunyai arti yang penting lantaran bisa mengatasi pertarungan atau ketegangan sosial 
Indonesia menganut ideologi Pancasila, lantaran pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila berfungsi sebagai petunjuk arah bagi semua rakyat indonesia dalam menciptakan perilaku, moral, watak, perilaku, rapikan nilai, etika lantaran Pancasila merupakan way of life. Dengan demikian, pancasila selalu terpancar pada segala tingkah laku serta perbuatan setiap masyarakat indonesia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel