MACAMMACAM ORGANISASI INTERNASIONAL

Pengertian kerja sama internasional ada kerja sama yang dilakukan satu negara menggunakan negara lain atau menggunakan beberapa negara lain sekaligus. Kerja sama internasional bisa dalam aneka macam bidang baik itu pertahanan,  ekonomi, sosial budaya, imptek dan lain-lainnya dimana organisasi internasional merupakan sebuah wadah dalam terjadinya kesepakatan -kesepatan dalam menjalin interaksi kerja sama internasional. Macam-macam organisasi internasional bisa berkiprah di segala bidang atau pada beberapa bidang saja.
Macam-Macam Organisasi Internasional
1. ASEAN - ASEAN (Association of South East Asian Nations) merupakan bentuk kerja sama regional antara negara-negara Asia Tenggara. Kerja sama ini mencakup aneka macam bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, serta politik. ASEAN didirikan dalam lepas 8 Agustus 1967 pada Bangkok. Pada mulanya jumlah anggotanya adalah lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, serta Thailand. Pada tahun 2010, jumlah anggota ASEAN sebagai 11 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, Timorleste serta Vietnam.
Tujuan berdirinya ASEAN dikawasan Asia Tenggara
  • Membangun kerja sama pada mengembangkan bidang seperti perdagangan, industri, pertanian
  • Menjaga perdamaian pada kawasan Asia Tenggara
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan antarnegara
  • Memajukan pertumbuhan ekonomi, budaya, sosial di kawasan Asia Tenggara
  • Saling memberi bantuan di bidang komunikasi, kesehatan, pendidikan dan teknologi
2. AFTA - AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah konvensi perdagangan bebas antarnegara yg tergabung pada ASEAN. Tujuan berdirinya AFTA adalah menjadi berikut.. 
  • Meningkatkan investasi aktivitas produksi serta jasa antara negara ASEAN
  • Meningkatkan kerja sama ekonomi negara-negara ASEAN supaya tercipta pertumbuhan ekonomi yg merata berkesinambungan
  • Meningkatkan produksi dan pula jumlah ekspor setiap negara anggota ASEAN
3. APEC - APEC (Asia Pacific Economic Coorperation) dibuat dalam tahun 1989. APEC dipahami sebagai bentuk kerja sama ekonomi regional antara masyarakat negara yang berada dibawah daerah Asia-Paisfik. APEC memiliki anggota sebesar dari 21 negara.
Tujuan pembentukan APEC adalah menjadi berikut
  • Menjalin kolaborasi dalam bidang investas, perdagangan, dan pariwisata. 
  • Meningkatkan kualitas asal daya manusia menggunakan kerja sama yg saling menguntungkan
4. Asian Productivity Organizaton (APO) - APO memiliki tujuan mempertinggi produktivitas pada negara-negara Asia yg beranggotakan negara-negara Asia misalnya Singapura, Hongkong, Jepang, dan Pakistan. APO didirikan dari tahun 1961  dan disponsori sang Jepang. Produktivitas pada Asia seperti Jepang, baru 50% menurut tingkat produktivitas Amerika Serikat serta Jerman. Produktivitas ini bukan saja soal teknik, namun juga berkaitan dengan aspek pembangunan nasional yang tercermin pada rencana pembangunan dan berpegang pada prosperity through productivity (kesejahteraan melalui produktivitas). Kegiatan produksi terus meningkatkan menurut tahun 1985 hingga kini masih terus berkembang. Peranan APO ini penting untuk menaikkan pengelolaan kegiatan produksi di Indonesia.
5. Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) atau European Economic Community (EEC) - MEE atau UNi Eropa didirikan pada tahun 1957 menggunakan anggotanya terdiri atas negara-negara Eropa Barat. MEE dibuat buat menyusun politik perdagangan beserta serta mendirikan daerah perdagangan bebas antara negara eropa. MEE juga mengadakan kolaborasi pada bidang perdagangan menggunakan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia. Umumnya negara-negara ASEAN merupakan pembuat bahan mentah, sedangkan negara-negara anggota MEE adalah negara industri yang membutuhkan bahan mentah. Pada lepas 14 April 1977 diselenggarakan konferensi pada Brussel antara MEE dengan ASEAN buat membahas kolaborasi antara keduanya. Tujuan MEE pula dikenal menggunakan istilah Pasan Bersama Eropa (PBE) yg berisikan hal-hal menjadi berikut...
  • Meningkatkan taraf hidup warga terutama negara-negara anggota
  • Mempererat kolaborasi ekonomi para anggotanya
  • Memperoleh perkembangan yang harmonis pada kegiatan ekonomi antarnegara-negara anggota
6. Bank Dunia (World Bank) - Bank Dunia didirikan pada 27 Desember 1945 dan bertugas memberikan bantuan ekonomi buat pemugaran dalam usaha-usaha pada biddang industri, pertanian, jalan raya, serta perhubungan negara-negara di dunia. Bantuan kredit jangka panjang umumnya diberikan pada negara-negara berkembang menggunakan bunga yg rendah.
7. Internasional Trade Organization (ITO) - Tujuan didirikannya organisasi ini merupakan buat mengajukan perdagangan internasional. Pada tahun 1948 ITO Charter ditandatangani oleh 53 negara anggota di Havana. Kesepakatan ini menciptakan suasana perdagangan internasional yg dapat membatasi atau mengadakan peraturan yang memperlancar pertukaran barang-barang internasional.
8. Internasional Labour Organization (ILO) - ILO didirikan dalam tahun 1919 menjadi bagian menurut PersetujuanVersailes sesudah Perang Dunia I. Akhirnya, lembaga ini menjadi bagian dari PBB sehabis pembubaran LBB di pengujung Perang Dunia II. Tujuan pendirikan ILO adalah menjadi berikut..
  • Untuk mendorong terciptanya peluang memperoleh pekerjaan yang layak bagi wanita serta laki-laki
  • Mempromosikan aneka macam hak energi kerja di loka kerja
  • Meningkat proteksi sosial, dan mengadakan banyak sekali dialog buat mengatasi berbagai konflik yang terkait dengan tenaga kerja
9. Prganization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) - OPEC yang merupakan organisasi negara pengekspor minya, didirikan 14 september 1960 atas prakarsa 5 negara yaitu, Arap saudi, Venesuela, Irak, Kuwait, dan Iran. Pada tahun berikutnya anggota OPEC bertambah termasuk Indonesia yg bergabung dalam tahun 1962. Tujuan OPEC merupakan menentang penurunan harga minyak dan mengusahakan seragamnya harga minya di pasaran global. Sejak didirikan, OPEC sudah beberapa kali menaikkan harga minyak global. Negara-negara yg kaya akan minyak bumi dapat memperoleh miliaran uang dolar output minyak bumi yg disebut petrodollar. 
10. International Monetary Fund (IMF) - IMF dibentuk menurut dari perjanjian pada Bretton Woods, Amerika Serikat pada bulan JUli 1944 serta mulai bekerja dalam tahun 1947. IMF merupakan galat satu organisasi ekonomi pada bawah PBB. Tujuan IMF adalah menjadi berikut..
  • Memajukan kerja sama internasional dibidang keuangan (moneter)
  • Memberikan kredit bagi negara-negara anggotanya buat memperbaiki negara pembayaran yg tidak seimbang
  • Mengembangkan perdagangan internasional
Negara-negara anggota IMF diwajibkan membayar dana yang akan dipakai sebagai cadangan internasional bagi negara anggota yg bersangkutan. Negara anggota yang mengalami neraca pembayaran yg tidak seimbang berhak meminta kredit berdasarkan IMF. Hak permintaan kredit menurut IMF diklaim Special Drawing Rights (SDR). Negara Indonesia telah menjadi anggota IMF semenjak 1945.
11. Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia - Bank Pembangunan Asia beranjak di bidang pembangunan di negara-negara Asia yang sedang membangun. Tujuan utamanya merupakan meminjamkan dana dan memberikan donasi teknik kepada negara-negara yg sedang menciptakan. Negara yang sebagai anggota ADB merupakan negara-negara pada kawasan Asia Timur Jauh, termasuk Pasifik Selatan.
12. Liga Arab - Kerja sama ini didirikan dalam tanggal 10 Mei 1950. Pada awal berdirinya, Liga Arab beranggotakan negara Mesir, Irak, Yordania, Syria, serta Saudi Arabia. Kemudian negara-negara Arab lainnya menggabungkan diri, seperti Kuwait (1961), Maroko serta Tunisia (1958), Aljazair (1962). Kerja sama ini mencakup dibidang-bidang menjadi berikut...
  • Kebudayaan dan sosial
  • Ekonomi serta keuangan 
  • Kebangsaan, pemberian visa serta paspor, penyerahan para pelanggar pidana dan soal hukuman
  • Perhubungan yang meliputi perkeretaapian, jalan raya, hubungan udara, telegraf, pos dan perkapalan. 
13. North American Free Trade Agreement (NAFTA) - Meksiko, Kanada, serta Amerika Serikat menyepakati perdagangan bebas sesama mereka, NAFTA dibuat pada tanggal 12 Agustus 1992, dan baru aktif pada tahun 1994. Tujuan pendirian NAFTA diantaranya sebagai berikut...
  • Pengaturan impor serta produksi sesama anggota
  • Meningkatkan aktivitas ekonomi para anggota
  • Mengusahakan proteksi bagi konsumen menggunakan mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan, serta keserasian lingkungan hayati 
  • Mengusahakan adnaya standarlisasi barang-barang yg diperdagangkan 
14. Pasar Tunggal Eropa (PTE) - Pasar tunggal Eropa adalah ekspansi atau tindak lanjur berdasarkan Masyarakat Ekonomi Eropa. Sasaran jangka panjang berdasarkan PTE adalah tercapainya kemudian lintas bebas barang, jasa, kapital, serta energi kerja yg seringkali dianggap menggunakan "Empat Kebebasan Eropa". Untuk mencapai sasaran itu, diusahakan penghapusan tiga (3) rangkaian kendala, yaitu hambatan fisik, teknis, dan fiskal. Pasarl tungal Eropa dimulai pada tanggal 1 Januari 1993.
15. International Developtment Association (IDA) - IDA merupakan badan pembangunan internasional dalam rangka menerima pinjaman dari Bank Dunia (World Bank). Indonesia banyak mendapat batuan berdasarkan badan ini buat pembiayaan peternakan dan bidang-bidang lain. Keanggotaan IDA terbuka bagi seluruh anggota Bank Dunia.
16. Islamic Development Bank (IDB) - Bank pembangunan islam didirikan tangal 23 April 1975 dengan anggota negara-negara Islam atau negara yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Tujuan utamanya adalah membantu pembangunan ekonomi dan sosial negara anggotanya. Indonesia merupakan anggota IDB dan pula telah poly menerima pinjaman dari bank tadi.
17. World Trade Organization (WTO) - WTO adalah organisasi perdagangan dunia. WTO berdiri pada bulan Januari 1995. WTO merupakan organisasi pengganti GATT (General Agreement of Tariffs serta Trade) yang berdiri atahun 1947 dan mengatur masalah tarif dan perdangan global. Tujuan WTO adalah menghilangkan rintangan-rintangan dalam perdagangan antara warganegara anggota serta mengatasi adanya perselisihan dalam perdagangan WTO didirikan buat mengatur kelancaran perdagangan global dan menghindari kerugian-kerugian ada perdagangan internasional.
18. North Atlantic Treaty Organization (NATO) - NATO atau diklaim juga dengan perjanjian atlantik utara. NATO adalah organisasi kolaborasi regional dalam bidang pertahanan serta keamanan. NATO didirikan tahun 1949 dampak menurut meluasnya paham Uni soviet ke Eropa barat serta ketegangan dan persaingan Amerika Serikat dan Uni Soviet. Tujuan primer NATO merupakan menjadi berikut
  • Menghilangkan persengketaan politik international
  • Tidak memakai ancaman militer pada kalangan internasional 
  • Menyelesiakan persengketaan secara damai
  • Membela negara anggota, yaitu bahwa bila masih ada ancaman suatu negara maka akan menjadi ancaman semua NATO. 
19. Konfrensi Asia Afrika (KAA) - KAA merupakan organisasi non block yg lahir pada bandung pada tanggal 18-24 April 1955yang dihadiri 29 negara serta ketua pemerintahan menurut Benua Asia dan Afrika. Latar belakang dibentuknya KAA adalah meningkatkanya perjuangan bangsa terjajah buat merdeka dan sebagia pemersatu berdasarkan negara yang berusaha merdeka serta perlombaan persenjataan Blok Barat serta Blok Timur, sehingga dipenuhi kecemasan terjadi perang bom atom. Tujuan KAA merupakan membentuk perdamaian serta ketentraman hidup bangsa-bangsa yang terdapat dikawasan Asia Afrika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel