PENGERTIAN PELAPUKAN SECARA UMUM

Secara generik pengertian atau definisi Pelapukan menurut para pakar yang sudah disimpulkan bahwa pengertian pelapukan adalah proses rusaknya batu-batuan (jua benda lain) pada tempat asalnya. Pelapukan adalah sebagian asal kekuatan yang ditimbulkan oleh tenaga eksogen, pengertian eksogen dan penjelasannya telah dibahas sebelumnya dimana sumber-sumber kekuatan yang disebabkan energi eksogen adala pelapukan, erosi, serta sedimentasi. Dalam jenis-jenis pelapukan berdasarkan terjadinya yakni mekanik, kimia, dan organik, buat mengetahui jenis-jenis pelapukan atau macam-macam pelapukan secara kentara, dimana penerangan tentang jenis-jenis pelapukan atau macam-macam pelapukan ada dibawah ini.

  1. Pelapukan Mekanik merupakan rusaknya batuan karena faktor panas serta dingin. Proses panas dan dingin setiap hari mengakibatkan batuan retak serta pecah-pecah. Selain itu, air yg mengalir, angin yang bertiup serta ombak yang menghantam karang juga menjadikan pada pecahnya batu-batuan sebagai klastika-klastika berukuran akbar hingga yg mini . Contohnya, bongkah, kerakal, krikil, pasir, debu, dan lempung.
  2. Pelapukan Kimia adalah rusaknya batu-batuan akbiat reaksi kimia. Contohnya, air hujan karena mengandung CO2 dapat melarutkan batuan gamping.
  3. Pelapukan Organik merupakan rusaknya batu-batuan akbiat aktivitas makhluk hidup. Aktivitas makhluk hayati ini ada yg bersifat mekanik dan kimiawi. Aktivitas mekanik menimbulkan pelapukan biomekanik. Contohnya, manusia memecah batu, memasak tanah, menggali lubang tambang, pijakan kaki hewan-hewan besar mengakibatkan lubang hingga tanah longsor, serta friksi akar dapat memecah batuan atau tembok. 

Ativitas Kimia yang menimbulkan pelapukan biokimia, contohnya akar tumbuhan serta hewan-hewan serta bakteri yg mengeluarkan cairan (excreet) bersifat asam buat melunakkan batu-batuan sehingga dengan mudah bisa menembusnya. Sisa flora-flora (humus) dapat menggemburkan tanah yg keras hingga menjadi tanah gembur serta dpat ditanami. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pelapukan adalah proses pembentukan tanah. 

Sekian artikel mengenai Pengertian Pelapukan serta Jeni-Jenis Pelapukan semoga bermanfaat 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel