PENGERTIAN UMUM NORMA KESOPANAN CIRICIRI SERTA CONTOHCONTOHNYA

Secara Umum, Norma adalah ketentuan yg mengatur tingkah laku insan dalam warga . Ketentuan tadi mengikat bagi setiap insan yang hayati dalam lingkungan berlakunya norma tadi, dalam arti setiap orang yg hayati pada lingkungan berlakunya kebiasaan tersebut harus menaatinya. Di kembali ketentuan tersebut terdapat nilai yang menjadi landasan bertingkah laris bagi insan. Oleh karenanya, norma merupakan unsur luar menurut suatu ketentuan yang mengatur tingkah laris insan dalam warga , sedangkan nilai merupakan unsur dalamnya atau unsur kejiwaan pada kembali ketentuan yang mengatur tingkah laris tersebut. Pada umumnya norma hanya berlaku pada suatu lingkungan warga tertentu  atau dalam suatu lingkungan etnis tertentu atau dalam suatu daerah negara eksklusif. Namun demikian ada juga kebiasaan yg bersifat universal, yang berlaku pada seluruh daerah serta semua umat manusia, seperti contohnya embargo mencuri, membunuh, menganiaya, memperkosa, serta lain-lain.
Secara Umum, Pengertian Kesopanan merupakan peraturan sosial yang mengarah ke hal-hal berkenaan dengan cara seseorang bertingkah laris lumrah pada kehidupan bermasyarakat. Atau kebiasaan kesopanan juga bisa berarti norma yg ada dan diadakan sang masyarakat itu sendiri pada mengatur pergaulan sehingga setiap anggota rakyat saling hormat menghormati. Akibat pelanggaran kebiasaan kesopanan merupakan menerima celaan, kritik serta pengucilan. 
Hakikat kebiasaan kesopanan adalah kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku pada masyarakat. Norma kesopanan diklaim menggunakan sopan santun, rapikan krma atau istiadat istiadat. Norma kesopanan hanya berlaku khusus dan ditempat eksklusif yg berlaku bagi golongan masyarakat eksklusif.
Norma kesopanan adalah panduan mengatur tingkah laris manusia terhadap insan yg terdapat pada sekitarnya. Dalam rakyat tertentu, kesopanan ditetapkan sebagai peraturan yg mengatur apa yg nir boleh dilakukan dan apa yang boleh dilakukan sang seseorang anggota warga .
Norma kesopanan bersifat nisbi adalah apa yg dianggap menjadi kebiasaan kesopanan bhineka pada berbagai loka, lingkungan, atau ketika. Akibat dari pelanggaran kebiasaan ini adalah dicela sesamanya, sanksi tidak tegas, namun bisa diberikan sang rakyat berupa cemoohan dan dikucilkan dalam pergaulan warga . Sumber kebiasaan kesopanan adalah keyakinan rakyat yg bersangkutan.

Ciri-Ciri Norma Kesopanan 
  • Bersumber menurut pergaulan 
  • Bersifat lokal atau kedaerahan 
  • Sanksi berupa hinaan menurut masyarakat
Contoh-Contoh Norma Kesopanan
Norma kesopanan terdiri berdasarkan beberapa contoh-contoh dalam kehidupan rakyat diantaranya sebagai berikut... 
  • Tidak meludah pada sembarang loka, memberi, atau menerima makanan menggunakan tangan kanan 
  • Tidak berbicara ketika makan 
  • Menghormati orang yang lebih tua 
  • Memakai kata-kata yang sopan dan bertingkah laku yang baik 
  • Memakai sandang yg sopan serta sinkron menggunakan tempatnya
  • Membuang sampah dalam tempatnya
Demikianlah artikel sederhana tentang pengertian Norma Kesopanan, Ciri-Ciri serta Contoh-Contohnya. Semoga dapat berguna bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel