BENTUKBENTUK PEGUNUNGAN LIPATAN

Pegunungan lipatan adalah bagian menurut proses diastropisme selain pegunungan patahan. Pegunungan lipatan mempunyai macam-macam lipatan atau jenis-jenis lipatan serta memiliki bentuk-bentuk pegunungan lipatan terdiri atas 4 yakni jalur pegunungan lipatan, dome dan basin, lipatan tunjam, lipatan kompleks, setiap bentuk-bentuk pegunungan lipatan tadi memiliki proses terbentuknya, dan akan dijelaskan jua pengertian dari aneka macam bentuk-bentuk pegunungan lipatan, sebagai akibatnya tak akan ada pertanyaan bahwa apa pengertian jalur pegunungan lipatan, apa pengertian dome dan basin, apa pengertian lipatan tunjam, apa pengertian lipatan kompleks serta pertanyaan lainnya, mengapa lipatan tadi dapat terjadi. Begitu pun menggunakan pegunungan patahan mempunyai bentuk-bentuk pegunungan patahan serta macam-macam patahan atau jenis-jenis patahan, seperti tema diatas dimana kali ini kita akan menyebutkan bentuk-bentuk pegunungan lipatan yang akan dijelaskan seperti yang ada dibawah ini.

a. Jalur Pegunungan Lipatan. Jalur pegunungan lipatan adalah rangkaian pegunungan lipatan yang sangat panjang, melintasi beberapa benua, serta terletak berdampingan menggunakan palung didasar laut. Jalur pegunungan lipatan serta palung terbentuk karena tumbukan antara lempeng samudra serta lempeng benua. Lempeng samudra lebih berat sehingga produksi akan menyusup pada bawa lempeng benua, sedangkan lempeng benua akan terangkat ke atas karena lebih ringan massanya. 

b. Dome dan Basin. Dome adalah pegunungan lipatan yg membulat, terbentuklah karena tekanan mendatar yang memiliki kekuatan datang pada ketika serta arah yang sama. Contohnya, dome sangiran pada jawa tengah yg populer menjadi loka inovasi fosil manusia purba. Basin adalah cekungan yg membulat karena daerah sekitarnya terangkat naik. 

c. Lipatan Tunjam. Lipatan Tunjam merupakan pegunungan lipatan yang garis porosnya menunjam membangun sudut terhadap bidang datar. 

d. Lipatan Kompleks. Lipatan Kompleks adalah banyak sekali jenis lipatan yg masih ada pada sebuah jalur pgunungan besar yg diklaim geantiklin (antiklinal akbar). Jalur pada atasnya terdapat antiklinal dan sinklinal kecil-mini menurut aneka macam tipe. 

Sekian artikel tentang Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan semoga berguna

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel