PENGERTIAN BIOSFER SECARA UMUM

Secara etimologi biosfer merupakan adonan dari dua istilah, yaitu bio yg berarti hidup dan sphere yg berarti lapisan. Jadi, biosfer adalah lapisan tempat hidup (tempat asli) makhluk hayati. Biosfer mencakup lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Ketiga lapisan tersebut saling berinteraksi dan membentuk lapisan biosfer loka ditemukannya kehidupan di bumi. Selain itu, biosfer pula diartikan menjadi bagian dari Bumi dan atmosfernya di mana organisme bisa hidup dan melangsungkan kehidupannya. Dengan kata lain, hanya pada biosferlah sistem kehidupan dapat ditemukan.
Secara generik, Pengertian Biosfer adalah lapisan lingkungan daerah asal makhluk hidup yg terdiri berdasarkan litosfer, hidrosfer, serta atmosfer. Menurut ilmu Biologi, pengertian biosfer merupakan lapisan Bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan bumi. Menurut Ilmu Geografi, pengertian lapisan tempat tinggal makhluk hayati atau semua ruang hayati yang ditempati organisme. Secara etimologi, Istilah biosfer asal berdasarkan 2 kata yaitu bio yang berarti makhluk hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi biosfer merupakan lapisan kehidupan (flora serta hewan). 
Dalam pengertian luas dari Geofisiologi, Biosfer adalah sistem ekologis global yg menyatukan semua makhluk hayati serta hubungan antarmereka, termasuk hubungan dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi.  Biosfer diperkirakan sudah berlangsung di bumi selama tiga,5 milliar tahun menurut 4,lima milliar tahun usi bumi. 

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli 
  • Eduard Suess: Menurut Eduard Sues seorang pakar geoglogi pada austria tahun 1875 yang menyampaikan bahwa pengertian biosfer adalah loka pada bagian atas bumi dimana kehidupan berdiam. 
  • James Lovelock: Menurut James Lovelock, pengertian biosfer adalah sebuah organisme hidup, yg hidsebut menjadi hipotesa gaia. Hipotesa gaia mengungkapkan bagaimana faktor abiotik serta biotik berinteraksi pada lingkungan. 
  • Vladimir wanouich veinadsky: Biosfer merupakan sebuah sistem terbuka serta berkembang sejak dimulainya sejarah bumi. 
  • Jhon Wiley: Menurut Jhon Wiley, pengertian biosfer merupakan zona menurut planet bumi dimana kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi menggunakan atmosfer yang lebih rendah. 
  • Michael Allaby: Menurutnya, pengertian biosfer adlaah bagian lingkungan hidup organisme yang ditemukan serta mereka berinteraksi membentuk sistem kelompok yg stabil, efektif buat holistik ekosistem di planet. 
Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup
  • Protoplasma, adalah zat hayati pada sel serta terdiri dari senyawa organik kompleks misalnya protein, lemak, dan sejenisnya. 
  • Sel, adalah satuan dasar organisme yang terdiri dari protoplasma dan inti yang masih ada pada membran. 
  • Jaringan, merupakan perpaduan sel yang memiliki bentuk serta fungsi yang sama, misalnya jaringan otot.  
  • Organ, yaitu bagian suatu organisme menggunakan fungsi tertentu, misalnya kaki atau telinga pada hewan, dan insan, daun atau akar pada tumbuhan.  
  • Sistem Organ, merupakan kerja sama antara struktural serta fungsional yang serasi, misalnya kolaborasi antara mata serta indera pendengaran, antara daun dan btg pada tanaman .  
  • Organisme, merupakan makhlukh hidup. 
  • Populasi, merupakan kelompok organisme homogen yang hayati dan berkembang biak di suatu wilayah eksklusif. Seperti populasi insan pada jakarta, populasi banteng pada Baluran, atau populasi badak pada Ujung Kulon. 
  • Komunitas, adalah seluruh populasi menurut banyak sekali jenis yg berada di suatu daerah tertentu. 
  • Ekosistem, merupakan tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. 
Demikianlah artikel singkat tentang pengertian bioster. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel