PENGERTIAN KREDIT DAN DEBIT SERTA PERBEDAANNYA

Kredit berasal menurut bahasa Italia, credare yang berarti kepercayaan , yaitu kepercayaan dari kreditor (pemberi pinjaman) bahwa debitornya (penerima pinjaman) akan mengembalikan pinjaman bersama bungannya sinkron dengan perjanjian kedua belah pihak. Dalam hal ini kreditor percaya bahwa kredit itu nir akan macet.
Secara umum, Pengertian Kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakansuatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan dalam jangka saat yg telah ditentukan. Sedangkan Pengertian Debit Secara Umum merupakan pengurang deposito pada rekening bank atau catatan pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban. 

Pembahasan Kredit 

Kredit dari menurut bahasa latin yaitu dari istilah credere berarti kepercayaan . Kredit adalah kemampuan buat membeli atau mengadakan pinjaman menggunakan melakukan perjanjian dalam pembayaran sesuai menggunakan janga saat yg telah ditentukan.
Pengertian Kredit Menurut Para Ahli
  • Thomas Suyatno: Menurut thomas suyatno bahwa pengertian kredit adalah penyediaan uang yg biasa disamakan dengan tagihan-tagihannya sinkron dengan persetujuan antara pinjaman serta yg meminjamkan. 
  • Henry Dunning: Pengertian kredit dari henry dunning adalah waktu dimana seorang menaruh sebuah jasa atas perjanjian buat melakukan pembayarannya. 
  • Mecleod Rivai dan Veithzal: Menurutnya, pengertian kredit adalah penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak lain atas dasar agama menggunakan perjanjian yg bisa atau bisa membayar dalam lepas yg telah disepakati
Prinsip – prinsip Kredit
Untuk menerima kredit harus melalui mekanisme yang sudah dipengaruhi sang bank / lembaga keuangan. Agar kegiatan pelaksanaan perkreditan dapat berjalan  menggunakan sehat dan layak, dikenal dengan 6 C yaitu :
  • Character (kepribadian/Watak) Character merupakan watak serta kemauan berdasarkan pemohon buat memenuhi kewajiban yg telah dijanjikan. Yang diteliti adalah sifat – sifat, norma, kepribadian, gaya hayati dan keadaan famili.
  • Capacity (kemampuan) Capacity merupakan kesanggupan pemohon buat melunasi kewajiban berdasarkan aktivitas usaha yg dilakukan atau kegiatan yg ditinjau menggunakan kredit dari bank. Jadi maksud menurut evaluasi kredit terhadap capacity ini buat menilai hingga dimana output bisnis yang diperolehnya akan mampu buat melunasinya dalam waktunya sesuai menggunakan perjanjian kredit yang telah disepakati.
  • Capital (kapital) Capital adalah kapital yg dimiliki calon debitur dalam saat mereka mengajukan permohonan kredit dalam bank.
  • Collateral (jaminan) Collateral merupakan barang – barang yg diserahkan dalam bank oleh peminjan atau debitur menjadi jaminan atas kredit yg diberikan. Barang jaminan dibutuhkan supaya kredit tidak mengandung resiko.
  • Condition of Economic (syarat ekonomi) Condition of Economic merupakan situasi serta kondisi, sosial, ekonomi, budaya dan lainnya yang menghipnotis keadaan perekonomian dalam suatu saat maupun buat satu kurun waktu eksklusif yg kemungkinannya akan bisa mempengaruhi kelancaran usaha dari perusahaan yang memperoleh kredit.
  • Constrain (batasan atau kendala). Dalam evaluasi debitur ditentukan sang kendala yang tidak memungkinkan sesorang melakukan usaha di suatu loka.


Manfaat Kredit
Manfaat kredit merupakan sebagai berikut.
  • Meningkatkan daya guna berdasarkan kapital 
  • Sebagai alat stabilitas ekonomi 
  • Meningkatkan daya guna suatu barang
  • Sebagai penghubung buat menaikkan pendapatan nasional

Pembahasan Debit 

Debit asal menurut bahasa latin dari istilah debere. Debit adalah uang yang harus ditagih berdasarkan orang lain atau bisa dikatakan bahwa debit merupakan piutang. Arti debit adalah catatan dalam pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban, menggunakan istilah lain jumlah yang mengurangi deposito pemegang rekening pada banknya.
Contoh Debit
Berdasarkan menurut pengalaman, sewaktu menarik uang menurut bank eksklusif, terdapat pemberitahuan SMS seperti ini:..
Perbedaan Kredit dan Debit
  • Kredit adalah buat mencatat penambahan nominal keuangan, sedangkan debit merupakan buat mencatat pengurangan nominal keuangan. 
  • Debit diartikan dengan menabung pada bank. Sedangkan kredit untuk mengeluarkan uang dibank atau dapat pula meminjam pada Bank 
  • Debit adalah pembukuan tentang pengurangan deposito. 
Demikianlah artikel singkat tentang Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya. Semoga berguna bagi kita seluruh. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel