PENGERTIAN UMUM KEBUTUHAN DAN MACAMMACAM KEBUTUHAN BESERTA CONTOHCONTOHNYA

Pengertian kebutuhan, mempunyai arti luas dengan macam-macam kebutuhan serta contoh masing-masing. Begitulah kita, manusia. Manusia berjuang mencari nafkah buat memenuhi kebutuhannya, kebutuhan dapat berupa kuliner seperti beras, serta lauk pauk, dapat jua berupa pakaian seperti baju, celana serta kaos kaki, dan juga berupa jasa seperti nonton ke bioskop, naik bus serta bantuan dokter dan bantuan aturan misalnya advokat. Kebutuhan dari beberapa para ahli mengungkapkan bahwa Pengertian Kebutuhan adalah segala sesuatu yg timbul secara naluriah dan sangat diharapkan sang insan buat mempertahankan hidupnya. Beragamnya barang serta jasa yg diperlukan manusia membuktikan bahwa kebutuhan insan majemuk jua. Pengertian Kebutuhan Secara umum merupakan impian yang ada dalam diri manusia yg jika nir terpenuhi dapat memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, pengertian kebutuhan adalah segala sesuatuyang diperlukan insan buat kelangsungan hidupunya pada rangka mencapai kemakmuran.
Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya seluruh yg  kebutuhan insan, akan menjadikan kelangsungan hayati manusia yg sejahtera. Dari uraian diatas dapat disimbulkan bahwa kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan pada diri manusia yang ingin dipuaskan. Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu dia merasa dirinya memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan. Yang haus ingin minum serta yg sakit ingin sembuh dan yang ndeso ingin menjadi pandai . Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan yg ingin dipenuhi pada diri insan. 
Kebutuhan timbul karena adanya tuntutan fisik dan psikis agar bisa hidup layak menjadi insan, sebagai akibatnya kebutuhan manusia sebagai sangat beraneka ragam dan acapkali nir bisa dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan insan sebagai tidak terbatas.

Faktor yg mempengaruhi kebutuhan
Kebutuhan insan terus meningkat dan berubah lantaran disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
  1. Sifat Alami Manusia.
  2. Tingkat pendapatan.
  3. Tingkat pendidikan.
  4. Kemajuan Teknologi Informas.I
  5. Agama serta Kepercayaan.
  6. Jumlah Penduduk.
  7. Iklan atau promosi produk.

Macam-macam Kebutuhan:
Menurut Intensitasnya atau kepentingannya:
  1. Kebutuhan Primer
  2. Kebutuhan Sekunder
  3. Kebutuhan Mewah/ Tersier

Menurut Waktu Pemenuhannya:
  1. Kebutuhan sekarang
  2. Kebutuhan Masa Depan
  3. Kebutuhan yg nir tentu waktunya/ nir terduga
  4. Kebutuhan sepanjang waktu

Menurut Sifatnya:
  1. Kebutuhan Jasmani
  2. Kebutuhan Rohani

Menurut Subjeknya:
  1. Kebutuhan Pribadi
  2. Kebutuhan Sosial
Macam-Macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya 
Beragamnya kebutuhan manusia bisa di klasifikasikan berdasarkan tolak ukur tertentu. Oleh karnanya kebutuhan terbagi atas beberapa gerombolan antara lain menjadi berikut.

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaan
  • Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer merupakan kebutuhan primer untuk dipenuhi yakni kuliner, pakaian serta perumahan.  Contohnya : Baju , Makanan, tempat tinggal atau rumah. 
  • Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan sesudah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan supaya kehidupan manusia bisa berjalan baik. Contohnya : alat-alat rumah tangga misalnya tempat tidur, meja, kursi, radio, buku alat tulis serta komputer serta masih poly lagi 
  • Kebutuhan Tersier: Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang bertuju kepada kebutuhan mewah. Kebutuhan bisa terjadi bila kebutuhan utama dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Contohnya : Mobil ferrari, berwisata ke luar negeri, kapal pesiar, apartemen, pesawat langsung, pulau langsung, helikopter pribadi. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya 
  • Kebutuhan Jasmani : Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan insan dalam memelihara raga/fisik. Contohnya : Istirahat, olahraga, makanan, minuman, serta pakaian.
  • Kebutuhan Rohani : Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yg diperlukan pada pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya : beribadah, hiburan, kesenian, rekreasi, dan membaca kitab , dan berkumpul dengan orang tua. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Waktunya
  • Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan kini merupakan kebutuhan yg pemenuhannya wajib kini atau tidak bisa ditunda-tunda. Contohnya : obat, operasi. 
  • Kebutuhan Yang Akan Datang/Masa Depan :Kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat di tunda, tetapi wajib dipersiapkan dari kini . Contohnya : tabungan, Perlengkapan bayi bagi wanita hamil, Orang tua mempersiapkan pemenuhan anaknya yg akan masuk kedunia pendidikan, Asuransi. 
  • Kebutuhan Tidak Terduga : Kebutuhan tidak terduga merupakan pemenuhan kebutuhan yg datang secara tiba-tiba. Contohnya : konsultasi kesehatan. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Subyek yg ditubuhkan
  • Kebutuhan Individual : Kebutuhan individual merupakan kebutuhan yg diperuntukkan bagi perorangan(individu). Contohnya : kebutuhan cleaning service  dengan kebutuhan tentara, kebutuhan presiden dengan kebutuhan pelayan. 
  • Kebutuhan Kolektif/Kelompok : Kebutuhan grup merupakan kebutuhan yang diperuntukkan buat kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Contohnya : Pasar, jalan, tempat tinggal sakit, jembatan, angkutan umum, dan sekolah. 
Demikianlah artikel tentang pembahasan tentang Pengertian dan Macam-Macam Kebutuhan serta Contohnya, semoga artikel ini berguna bagi kita seluruh. Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel