TIPS SEDERHANA MERAWAT NOTEBOOK AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Laptop dan notebook adalah piranti elektro yang nir mampu dipisahkan dalam kehidupan kita, terutama pada kehidupan mahasiswa, lantaran laptop benar-sahih multifungsi dan mampu mempermudah mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas selama kuliah, nah, ddalam kesempatan kali ini aku akan memaparkan pada sahabat-teman seluruh car merawat notebook atau laptop supaya bisa lebih awet serta tahan lama .


Tips Merawat Baterai

  1. Jangan membongkar, menghancurkan, menusuk, membuka, menjatuhkan, merusak, melakukan interaksi singkat, membuang ke pada air atau barah, atau meletakkan baterai pada loka yg suhunya pada atas 60C, bila hal pada atas terjadi sebaiknya pada bawa ke service notebook.
  2. Isilah baterai sinkron dengan penjelasan yg terdapat di kitab pedoman serta hanya pada area yg berventilasi.
  3. Jangan pernah menggunakan adaptor lain berdasarkan Adaptor yg telah disediakan pada notebook Anda.
  4. Jangan meninggalkan baterai di loka yang panas lebih berdasarkan satu atau 2 hari.
  5. Jangan membiarkan baterai di notebook Anda lebih menurut 1 bulan tanpa menghubungkan dengan adaptor AC.
  6. Jangan membiarkan baterai pada dalam penyimpanan lebih berdasarkan dua bulan tanpa mengisi ulang buat mencegah over discharger karena akan merusak baterai tersebut.
  7. Tempatkan baterai yang nir terpakai dengan baik buat melindungi lingkungan. Baterai mengandung bahan kimia yang berbahaya, usahakan jangan membuangnya menggunakan sampah rumah tangga atau sampah kantor.

Tips Memaksimalkan Umur Baterai

  1. Jangan meninggalkan notebook terhubung ke listrik serta tidak terpakai selama beberapa jam.
  2. Lepaskan baterai apabila Anda nir menggunakan notebook pada saat yang usang.
  3. Pakailah bergantian bila Anda memiliki baterai cadangan mampu anda tanyakan di service notebook.
  4. Apabila anda bekerja menggunakan adaptor untuk waktu yang relatif lama , lepaskanlah baterai berdasarkan notebook anda.
  5. Pastikan notebook dalam keadaan mangkat pada saat membarui baterai.
  6. Simpan baterai pada tempat kering serta jauhkan menurut sinar surya secara langsung.

Tips Seputar Merawat Notebook

Merawat casing notebook

Casing adalah bagian notebook yg bekerjasama secara pribadi dengan global luar (debu, uap air, serta suhu). Karena itu, secara teratur, bersihkan casing notebook Anda dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit deterjen. Sebaiknya, pakai deterjen yang tidak mengandung zat alkalin. Akan lebih baik lagi bila Anda memakai lap spesifik yg mampu didapat pada toko-toko komputer.

Merawat Layar

Kebanyakan notebook memakai layar LCD (Liquid crystal display) atau layar kristal cair. Sperti tercermin pada namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal buat membentuk gambar. Lantaran tipis atau ringkih jagalah agar layar tidak terkena benda-benda tajam khususnya yg sanggup mengakibatkan lubang atau ukiran. Apabila wajib memilih sesuatu dalam layar denga jari atau pulpen, jagalah agar pulpen atau jari kita tidak mengenai layar atau menekannya terlalu keras. Untuk membersihkan layar, pakai kain lembut yg kemarau. Ingatlah buat tidak menekan layar terlalu keras waktu membersihkan layar. Bersihkan layar berdasarkan satu arah, contohnya menurut atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.

Merawat batere
  1. Saat mulai mengisi batere, jangan pakai batere sebelum terisi penuh. Jika Anda menggunakan batere baru yang akan diisi pertama kali, batere itu mungkin nir terisi sepenuhnya lantaran karakteristik bahan kimia pada dalamnya. Untuk menerima kinerja yang optimal, semua sel batere tadi harus diaktifkan. Caranya adalah menggunakan mengisi serta mengosongkan sepenuhnya batere notebook Anda sebesar tiga kali berturut-turut. Hal ini pula berlaku buat batere yg lama tersimpan atau nir terpakai selama beerapa bulan.
  2. Jika Anda memakai betere Nikel Metal Hydrida (Ni-MH), cobalah buat mengosongkan batere Anda sepenuhnya setiap beberapa saat (minggu/bulan) sekali. Pengosongan total ini ditandai modus hibernasi atau indikator batere menunnjukkan taraf 0%. Pada situasi ini, Anda bisa mencolokkan adapter notebook Anda dan mengisi batere sampai indikator menunjukkan tingkat 100%.
  3. Jika berencana menyimpan notebook Anda pada jangka waktu lama , lepaskan batere menurut notebook serta simpan dalam loka yang sejuk dan kemarau. Tempat yg mampu digunakan buat menyimpan batere ini misalnya ruang berpendingin udara atau ruang menggunakan peredaran udara yang relatif baik.

Merawat notebook secara umum

Notebook tersusun berdasarkan aneka komponen elektronika yg kinerjanya ditentukan oleh suhu. Suhu yang terlalu ekstrim (misalnya terlalu panas atau terlalu dingin) bisa mengganggu kinerja atau bahkan menghambat notebook. Lantaran itu, jangan meninggalkan notebook Anda pada mobil yang diparkir di bawah sinar mentari . Panas yang hiperbola dalam mobil mampu menghambat komponen-komponen pada notebook. Bila terdapat kerusakan berat, harap dibawa ke Service Notebook resmi dari pembuat laptop anda

Selain itu, buat melindungi data yg ada pada pada harddisk, jangan letakkan aneka perangkat yang mengandung atau membentuk medan magnet/elektromagnet kuat pada kurang lebih notebook Anda, Perangkat-perangkat penghasil medan magnet ini contohnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet memakai fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel pada jarak lebih kurang 15 cm dari notebook Anda.

Hal lain yang tidak kalah pentinnya adalah pertimbangan buat tidak mematikan notebook waktu lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Apabila lampu masih berkedip-kedip semacam ini, merupakan harddisk Anda sedang melakukan kegiatan. Hilangnya daya secara datang-tiba (misalnya ketika notebook dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan apda kinerja harddisk
  • Jika dirawat menggunakan seksama, kinerja notebook sanggup permanen tinggi setelah bertahun-tahun. Bawalah selalu laptop yg rusak ke dealer atau Service Notebook resmi dari laptop Anda.
  • Jangan bekerja di lingkungan dengan suhu diluar yg direkomendasikan sang pembuat notebook. Umumnya pembuat merekomendasikan suhu antara lima  hingga 35 derajat celcius.
  • Jangan bekerja di luar ketinggian yg direkomendasikan untuk notebook. Umumnya notebook direkomendasikan buat bekerja pada ketinggian pada bawah 2500 meter.
  • Jangan bekerja di kelembaban udara terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kelembaban udara yg direkomendasikan merupakan 8-80%
  • Jangan bekerja menggunakan notebook pada keadaan tertutup barang lain misalnya kitab atau pada pada tas penyimpanan lantaran akan mengganggu peredaran udara yg menyebabkan system Heating
  • Jangan menaruh laptop di tempat yang mudah jatuh.
  • Jangan bekerja di dekat perangkat elektronika lain seperti televisi, amplifier, kulkas, microwave panggang. Jarak paling dekat merupakan radius 15- 20 centimeter.
  • Jangan bepergian menggunakan tas notebook yang isinya super padat. Gunakan tas yg laptop dan jangan jejali tas dengan barang- barang bawaan lain. Letakkan notebook pada posisi aman apabila bepergian dengan kendaraan. Jangan hingga dia bergeser apalagi terjatuh. Singkirkan floppy, CD, PC Card, menurut drive-nya sebelum anda memasukkan laptop ke pada tas buat bepergian bersamanya.
  • Jangan mencolokkan kabel power ke jala listrik AC dengan posisi kabel yang mengganggu lalu lintas orang.
  • Nyalakan laptop secara rutin setiap hari setidaknya selama setengah jam sampai satu jam. Bila tidak digunakan dalam jangka waktu lebih berdasarkan seminggu, simpan di tempat terlindungi, bersuhu baik, dan nir lembab. Lepas baterai berdasarkan bodinya. Pada ketika mau membuka notebook keadaan tangan berada pada tengah agar mencegah kerusakan dalam engsel. Pemakaian lebih dari 5 jam usahakan dimatikan selama 1 jam, supaya mengurangi panas didalam notebook
  • Notebook jangan pada nyalakan selama 24jam. Lantaran ruang udara begitu sempit sehingga sirkulasi udara tidak maksimal .


Baterai

Jangan sampai anda tidak pernah menggunakan baterai sama sekali. Setidak-tidaknya setiap minggu, ajak laptop anda bekerja dengan daya baterai sehingga sel-sel di pada tetap bekerja secara rutin. Apabila anda tidak bekerja menggunakan notebook lebih berdasarkan dua minggu, usahakan anda melepaskan baterai berdasarkan bodi/tempatnya serta menyimpannya didalam temperature kamar (25derajat C) serta jangan pernah menyimpan baterai pada temperature udara yang panas. Jangan hingga baterai di recharge secara terus menerus apabila telah dalam keadaan 100%. Lantaran sanggup menghambat sel sel didalam baterai. Apabila anda tidak terlalu meperhatikan keadaan baterainya, usahakan Anda melepaskan baterai dari bodi/tempat notebooknya.

LCD

Tidak menyetel paradoksal serta kecerahan terlalu tinggi karena terlalu tinggi membuat layer display harus “bekerja lebih keras”waktu memunculkan gambar. Memasang screen saver BLANK sesuai dengan watak atau kebiasaan anda bekerja. Jangan biarkan layer permanen menyala waktu anda relatif sering bolak kembali meninggalkan laptop. Dengan memasang screen saver BLANK, layer tidak dipaksa buat menampilkan warna. Bilamana diperlukan, atur monitor meninggal menggunakan sendirinya setiap beberapa mnt menyesuaikan kebutuhan anda.- Mengatur pola penggunaan baterai layer LCD dgn menyetel melau Power Management dalam system operasi. Gunakan menu Suspend, Standby, serta Hibernate secara maksimal . Setel frekuensi pada tingkat yang nir mengganggu mata. Manfaatkan pengaturan pilihan menu dari Display Properties semaksimal mungkin.

Hal-hal yang TIDAK DILAKUKAN antara lain:

  1. Meletakkan Notebook pada pada bagasi lantaran terlalu banyak goncangan.
  2. Memberi beban yang hiperbola diatas notebook.
  3. Memasukkan notebook ke pada tas penyimpanan yg terlalu penuh dgn barang2 bawaan yg lain. Ketika anda bergerak membawa tas itu, tekanan terhadap notebook nir bisa anda prediksi.
  4. Menekan layer bagian atas LCD. Layar tsb berisi cairan. Bila layer bocor atau terkoyak, dipastikan beliau akan rusak serta harus diganti.
  5. Meletakkan notebook pada keadaan terbalik (posisi layer pada bawah). Perhatikan hal ini terutama bila Anda seringkali bepergian menggunakan pesawat dan melewati pintu pemeriksaan inframerah.
  6. Mengangkat atau menenteng notebook dengan memegang bagian layer. Meletakkan notebook di dekat peralatan elektronik lainnya. Jarak yg paling aman merupakan dalam radius 15 centimeter.
  7. Membiarkan notebook dalam keadaan terbuka telanjang padahal nir dipakai pada jangka usang. Ingat, debu termasuk musuh utama peranti seperti notebook.
  8. Meletakkan barang-barang mini seperti spidol, bolpen, pensil, penjepit kertas, atau penghapus, di atas keyboard. Bila anda terburu- buru, sanggup jadi anda akan segera menutup layar, lalu spidol dan kawan-kawannya tersebut akan mengganjal serta membikin perkara dalam notebook anda.

Demikianlah sahabat-sahabat beberapa saran serta trik pada merawat laptop temen-temen izin lebih awet dan tahan lama , semoga artikel ini bermanfaat..
deffendy+

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel