KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN LETAK GEOGRAFIS INDONESIA DAMPAK BAGI NEGARA

Membahas mengenai imbas/pengaruh keuntungan letak geografis serta kekurangan letak geografis Indonesia, Letak Geografis merupakan letak suatu negara yg dicermati dari kenyataan pada bagian atas bumi. Letak geografis Indonesia memberikan poly dampak yg membuahkan bagi negara Indonesia. Dampak letak geografis ada yg menguntungkan dan ada yg merugikan bagi Indonesia antara lain menjadi berikut.
Secara geologis, Indonesia mampu mengkategorikan sebagai sebuah Negara yg teretak diantara lempengan bumi dan pula dangkalan laut. Indonesia, secara geologis terletak diantara tiga lempengan bumi, yaitu lempeng pasifik, lempeng Eurasia, dan pula lempeng Australia.selain itu dari segi peairan, Indonesia terletak diantara dua butir dangkalan, yaitu dangkalan Sahul serta jua dangkalan Sunda. Yang dimaksud menggunakan dangkalan merupakan sebuah daerah bahari yg dangkal, yang mana menghubungkan daerah dantara dua daratan akbar.
Dangkalan sunda berada pada wilayah barat Indonesia, yang mencakup pulau Jawa, Pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Madura dan jua Bali. Sedangkan dangkalan sahul adalah dangkalan yg berada pada sisi timur Indonesia, yang bekerjasama eksklusif menggunakan daratan benua Australia. Selain itu, berdasarkan letak geologisnya, Indonesia jua adalah Negara yang dilalui sang dua butir pegunungan terbesar di dunia, yaitu Pegunungan Mediterania serta juga Pegunungan Sirkum Pasifik.
Berikut merupakan penjelasan tentang manfaat letak geologis Indonesia :
  1. Dataran tinggi dan pegunungan. Manfaat berdasarkan letak geologis Indonesia yg pertama adalah banyaknya dataran tinggi dan juga pegunungan pada daerah Indonesia. Ya, lokasi geologis Indonesia yang berada di antara dua rangkaian pegunungna terbesar pada dunia ini, yaitu pegunungan Mediterania serta juga pegunungan Sirkum Pasifik, menciptakan Indonesia memilki banyak sekali wilayah pegunungan serta jua dataran tinggi. Hal ini pula berpengaruh kepada letak geografis dari Indonesia itu sendiri. (baca : perbedaan dataran rendah dan dataran tinggi) Banyaknya pegunungan dan pula dataran tinggi menyebabkan poly lokasi serta juga daerah pada Indonesia yang memiliki pembagian isu terkini cuaca dan pula suhu udara yang cenderung sejuk, meskipun berada dalam iklim tropis, dan adalah salah satu lokasi ekowisata serta pula pariwisata yang menjanjikan, terutama bagi turis yang bahagia akan pemandangan dan juga wisata outdoor.
  2. Tanah yg fertile dampak banyaknya gunung berapi. Efek berikutnya menurut lokasi geologis Indonesia adalah gunung berapi. Ya, meskipun gunung berapi seringkali dikaitkan dengan bencana alam, namun demikian ternyata gunung berapi bisa membawa berkah tersendiri. Dengan adanya gunung berapi, maka tanah-tanah yang berada di kurang lebih gunung berapi tadi merupakan salah satu jenis tanah menggunakan unsur hara yg tinggi, alias tanah yang sangat fertile. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kebanyakan budaya warga Indonesia yg masih mengandalkan bercocok tanam buat memenuhi kebutuhan hayati sehari-hari. Selain itu, kesuburan tanah juga tentu saja sangat membantu mempertinggi konvoi roda ekonomi nasional, maupun internasional, lantaran banyak hasil pertanian yg diekspor juga dimanfaatkan menjadi bahan konsumsi pada dalam negeri. (baca : cara menyuburkan tanah tandus serta kemarau)
  3. Keanekaragaman tumbuhan serta pula fauna. Kedua lempeng yg mengapit Indonesia ini juga memilki manfaat bagi kehidupan flora serta jua faunanya. Lempeng Eurasia, adalah lempeng yang berada dalam bagian barat Indonesia, yang adalah lempengan Negara-Negara Asia. Hal ini membuat lokasi dan daerah Indonesia yang berada dalam lempeng Eurasia memilki kesamaan menggunakan daerah Asia dalam hal tumbuhan dan jua Faunanya. Sebaliknya, bagian timur Indonesia mempunyai kesamaan tumbuhan serta juga fauna misalnya dalam benua Australia, karena berada pada lempeng Australia. Sedangkan pada daerah Indonesia bagian tengah, memiliki beberapa fauna endemic, alias khas yg tidak terdapat pada daerah Asia maupun Australia. Dengan banyaknya tanaman serta hewan ini, tentu saja Indonesia diuntungkan sang letak geologisnya, yang memilki majemuk tumbuhan dan fauna yg dilindungi yg mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain di global.
  4. Keberagaman hasil sumber daya mineral. Tidak hanya tumbuhan serta juga fauna, syarat serta pula letak geologis berdasarkan Indonesia itu sendiri pula sangat berguna bagi para penambang serta jua pelaku industry mineral. Bagaimana nir, syarat lempeng serta pula geologis Indonesia sangat mendukung banyaknya asal daya mineral seperti batu-batuan, dan pula jenis jenis sumber daya alam seperti minyak serta jua gas bumi. Dengan demikian, Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah.
  5. Keanekaragaman laut yang melimpah. Selain flora, hewan dan pula keberagaman asal daya alam, Indonesia pun junga dilengkapi menggunakan sumberdaya bahari yg sangat melimpah. Hal ini pula dipengauhi sang lokasi geologis Indonesia yang mana lautnya terdiri dari beberapa dangkalan, serta memiliiki banyak keanekaragaman laut, mulai dari output serta sumberdaya bahari, misalnya ikan dan makanan laut, sampai wisata di bawah laut, misalnya diving serta jua snorkeling.
Letak geologis berdasarkan sebuah lokasi tentu saja akan menaruh keuntungan serta pula manfaat tersendiri bagi lokasi tadi. Lokasi geologis lebih mempengaruhi asal daya yang mampu dihasilkan sang sebuah lokasi, terutama sumber daya alam serta juga asal daya mineralnya. 

Keuntungan serta Kerugian Letak Geografis Indonesia 

Seperti yg kita ketahui bahwa, letak geografis Indonesia diapit dari 2 benua dan dua samudra yakni benua asia dan benua australia, samudra hindia serta samudra pasifik. Letak geografis Indonesia banyak pendapat yg menyampaikan letak geografis Indonesia memiliki laba dan kerugian diantaranya sebagai berikut.. 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia pada Bidang Sosial Budaya
  • Memiliki keanekaragaman budaya baik dengan budaya lokal serta budaya asing
  • Dapat menggunakan gampang membuatkan budaya Indonesia 
  • Pakaian indonesia semakin modern 
  • Adanya akulturasi budaya lokal dan budaya asing
Keuntungan Letak Geografis Indonesia pada Bidang Ekonomi 
  • Sebagai jalur perdagangan Internasional 
  • Penambah devisa negara
  • Sebagai destinasi pariwisata utama 
  • Perkembangan pariwisata yg pesat
  • Sebagai sentra perekonomian diantara dua benua serta dua samudra
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Komunikasi 
  • Dituntut buat dapat berbahasa Inggris lantaran merupakan jalur Internasional 
  • Indonesia bisa menguasai bahasa asing secara nir langsung
  • Kaya akan beragam bahasa
Keuntungan Letak Geografis Indonesia pada Bidang Transportasi
  • Percepatan infrastruktur dalam wilayah-daerah 
  • Peningkatan akomodasi angkutan massal
  • Peningkatan bandara yg bertaraf Internasional
  • Peningkatan transportasi bahari yang secara aporisma 
  • Peningkatan transportasi buat tujuan wisata (bus pariwisata)

Kerugian Letak Geografis Indonesia

Kerugian Letak Geografis Indonesia pada Bidang Sosial Budaya
  • Banyak budaya yg masuk membuat budaya lokal bisa terpinggirkan 
  • Banyaknyak perilaku-perilak yang nir sesuai dengan norma tata cara Indonesia atau kebiasaan-norma Indonesia karena mengikuti menurut negara luar 
  • Banyaknya konduite dari turis asing yg membawa pengaruh jelek bagi bangsa Indonesia
  • Lahan subur dengan meningkatnya kejahatan Internasional lantaran Indonesia adalah jalur perdagangan Internasional dan jalur penghubung 2 benua serta dua samudra. Kejahatan internasional berupa narkotika, obat-obatan terlarang dan teroris.
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Ekonomi 
  • Persaingan global 
  • Eksplorasi besar -besaran
  • Adanya pasar gelap (pasar ilegal)
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Transportasi
  • Semakin padatnya lalu lintas karena jumlah imigran 
  • Semakin bersifat konsumtif terhadap tunggangan luar negeri 
  • Tersingkirnya indera transportasi tradisional
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Komunikasi
  • Sulitnya memakai bahasa Asing
  • Menguasai bahasa Asing dapat menyebabkan budaya lokal tersingkir atau nir lagi sebagai prioritas

Demikianlah artikel singkat tentang Keuntungan dan Kekurangan Letak Geografis Negara Indonesia. Semoga dapat berguna bagi kita seluruh. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel