MACAMMACAM KEBIJAKAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Setiap negara memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri untuk melindungi perekonomian dalam negeri mereka menurut pengaruh negatif persaingan yang ditimbulkan pada perdagangan internasional. Perdagangan internasional memungkinkan masuknya barang-barang dan jasa berdasarkan luar negeri ke dalam negeri. Apabila barang serta jasa menurut luar negeri lebih banyak dan lebih diminati oleh warga dibandingkan produk pada negeri, maka hal itu akan berdampak jelek bagi perekonomian pada negeri. Oleh karena itu, pemerintah perlu membuat suatu kebijakan perdagangan internasional.
Kebijakan perdagangan internasional adalah rangkaian tindakan yg akan diambil buat mengatasi kesulitan atau masalah hubungan perdagangan internasional guna melindungi kepentingan nasional.

Macam-Macam Kebijakan Perdagangan Internasional

Macam-macam kebijakan perdagangan internasional diantaranya menjadi berikut..
  • Kebijakan Perdagangan Bebas : Kebijakan perdagangan bebas adalah suatu kebijakan dalam perdagangan internasional yang menghendaki adanya kebebasan sehingga tidak terdapat hambatan/rintangan yang bisa menghalangi jalannya produk berdasarkan keluar negeri. 
  • Kebijakan Perdagangan Proteksionis : Kebijakan perdagangan Proteksionis merupakan suatu kebijakan perdagangan yang sifatnya melindungi produk-produk yang ada di dalam negeri agar dapat bersaing produk asing dengan membuat banyak sekali hambatan/rintangan terhadap jalannya produksi menurut dan ke luar negeri. .

Macam-macam kebijakan perdagangan internasional yg biasa dilakukan pemerintah:
1. Tarif/Bea Masuk
Pemerintah memutuskan kebijakan bahwa setiap barang yg diimpor wajib membayar pajak, yang dikenal sebagai tarif atau bea masuk.
Tujuan penetapan tarif atau bea masuk ini merupakan menjadi berikut :
a. Mengganggu impor barang-barang/ jasa luar negeri.
b. Melindungi barang/ jasa produksi pada negeri.
Pajak atau bea masuk akan menambah harga jual suatu barang/ jasa impor, sehingga dibutuhkan harga barang produksi pada negeri akan lebih murah dari harga barang produksi luar negeri yang diimpor tersebut. Hal ini bisa melindungi barang/ jasa produksi pada negeri lantaran lebih murah dan lebih bisa bersaing untuk memperebutkan pelanggan.
c. Menambah pendapatan pemerintah dari pajak.

2. Kuota
Pengertian kuota merupakan suatu kebijaksanaan buat membatasi jumlah maksimum yg bisa diimpor suatu negara. Akibatnya antara lain naiknya harga barang impor pada negeri, meningkatkan daya saing produksi dalam negeri di pasar dalam negeri, dan produksi dalam negeri semakin tinggi.

3. Larangan Ekspor
Melarang ekspor ke luar negeri buat jenis barang tertentu.

4. Larangan Impor
Larangan produksi luar negeri masuk ke pada suatu negeri. Akibatnya antara lain melindungi perusahaan dalam negeri menurut kebangkrutan serta menghindari/mengurai defisit neraca pembayaran.

5. Subsidi
Agar produksi pada pada negeri dapat ditingkatkan maka pemerintah memberikan subsidi pada penghasil dalam negeri. Subsidi yang diberikan bisa berupa mesin-mesin, peralatan, tenaga ahli, keringanan pajak, fasilitas kredit, dll.

6. Politik Dumping
Dumping merupakan keliru satu kebijakan perdagangan internasional menggunakan cara menjual suatu komoditi di luar negeri menggunakan harga yang lebih murah dibandingkan harga yang dijual di pada negeri. Namun, pelaksanaan politik dumping pada praktik perdagangan internasional dianggap sebagai tindakan yang tidak terpuji (unfair trade) karena bisa merugikan negara lain.

7. Politik Dagang Bebas
Pemerintah memberi kebebasan ekspor serta impor. Berdampak pada mutu barang yg akan semakin semakin tinggi serta harga nisbi lebih murah.

8. Premi
Pengertian premi merupakan “bonus” yg berbentuk sejumlah uang yg disediakan pemerintah untuk para pembuat yang berprestasi atau mencapai sasaran produksi yang ditetapkan oleh pemerintah.akibatnya produksi pada negeri dapat bersaing pada luar negeri.

Kebijakan perdagangan internasional terdapat berbagai jenis atau macam-macam kebijakan perdagangan internasional pada terjadi, kebijakan-kebijakan tadi terdapat pilihan-pilihan yang dipilih pada menghadapi sebuah perjanjian perdagangan terhadap negara lain. Sebelumnya sudah dibahas kendala kebijakan perdagangan internasional serta imbas perdagangan internasional, buat itu kali ini kita akan melengkapi pembahasan perdagangan internasional menggunakan membahas macam-macam perdagangan internasional misalnya yg ada dibawah ini.


Demikianlah artikel singkat tentang pembahasan Macam-Macam Kebijakan Perdagangan Internasional. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel