PENGERTIAN PERGERAKAN LEMPENG TRANSFORM

Kulit bumi berdasarkan waktu ke ketika selalu mengalami perubahan. Hal ini sudah menjadi bahan pemikiran para ahli buat mengungkap proses perubahan dan perkembangan kulit bumi pada masa kemudian, kini dan prediksi pada masa yang akan datang. 
Pengertian konvoi lempeng transform merupakan pertemuan antara 2 lempeng tektonik yg berkiprah secara horisontal dan antagonis arahnya. Pada proses ini nir terjadi pembentukan lapisan baru atau terjadinya infiltrasi yang dilakukan oleh galat satu lempeng terhadap lainnya. Contohnya Mid-Ocean Ridges serta patahan San Andreas di California. Selain teori lempeng tektonik, permukaan bumi pula berubah disebabkan lantaran tenaga geologi yg terdiri atas tenaga endogen dan eksogen.

a Tenaga endogen adalah energi yang dari dari dalam bumi yang memiliki sifat menciptakan, yaitu sebagai berikut. 
  • Tektonisme, perubahan letak lapisan kulit bumi yang disebabkan oleh energi endogen dengan arah horizontal dan vertikal. 
  • Vulkanisme, gerakan magma menurut dalam bumi, terdiri atas intrusi (nir sampai ke permukaan bumi) dan ekstrusi (sampai ke permukaan bumi). 
  • Gempa bumi, getaran kulit bumi yg disebabkan oleh kekuatan berdasarkan patahan bumi. Dibedakan sebagai gempa tektonik (retakan atau patahan), gempa vulkanik, serta gempa runtuhan. 
b. Tenaga Eksogen, merupakan tenaga asal menurut luar bumi yg bersifat merombak relief permukaan. Tenaga eksogen meliputi erosi (abrasi) serta sedimentasi (pengendapan). 


Batas-batas Lempeng
Pergerakan antara satu lempeng dengan lempeng lainnya yg berdampingan menciptakan suatu interaksi sehingga dibedakan menjadi 3 macam dari jenis pergerakannya, yaitu:
  1. Divergen: Pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng berkecimpung saling menjauh satu menggunakan yg lain dimana gaya yg bekerja dalam mobilitas ini merupakan gaya tarikan (tensional). Divergen ini menyebabkan naiknya magma menurut sentra bumi yang akan membentuk lantai lautan atau kerak lautan. Contohnya merupakan MOR (Mid Ocean Ridges) pada dasar samudera Atlantik.
  2. Konvergen: Pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng beranjak saling mendekati satu menggunakan yang lain dimana gaya yang bekerja pada mobilitas ini merupakan gaya kompresional. Ada 3 jenis pergerakan konvergen yaitu: Subduksi: Pergerakan konvergen diantara lempeng benua menggunakan lempeng samudera , dimana lempeng lautan akan menunjam ke bawah lempeng benua karena berat jenis lempeng benua lebih ringan dibandingkan menurut lempeng samudera . Contohnya merupakan palung yang memanjang berdasarkan sebelah barat Sumatra, selatan Jawa, hingga ke sealatan Nusa Tenggara Timur. Obduksi: Pergerakan konvergen diantara kerak benua dengan kerak lautan, dimana kerak benua menunjam pada bawah kerak samudera . Penunjaman ini terjadi lantaran perubahan dari batas lempeng divergen menjadi konvergen yang kemudian penunjaman tadi membawa kerak benua berbenturan dengan kerak samudera . Kolisi: Pergerakan konvergen diantara lempeng benua menggunakan lempeng benua.kedua lempeng tersebut mempunyai massa jenis yang sama sebagai akibatnya membangun pegunungan lipatan yg sangat tinggi. Contohnya: Pegunungan Himalaya
  3. Transform: Pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng berkiprah saling berpapasan. Gerakan ini sejajar serta nir tegak lurus dimana membuat sesar mendatas jenis Strike Slip Fault. Contohnya adalah sesar San Andreas pada Amerika Serikat.

Demikianlah artikel singkat tentang Pergerakan Lempeng Transform. Semoga berguna bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel