PENGERTIAN UMUM KONDUKSI KONVEKSI DAN RADIASI

Secara generik Pengertian Konveksi adalah perpindahan kalor dengan zat penghantar disertai menggunakan adanya perpindahan bagian-bagian zat itu dan Pengertian Konduksi adalah perpindahan kalor dengan zat penghantar yg tanpa disertai perpindahan bagian-bagian zat itu. Sedangkan Pengertian Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa membutuhkan zat perantara. 

Konveksi 
Umumnya zat penghantar yang digunakan adalah berupa zat cair serta gas. Kalor yang berpindah lantaran adanya genre zat dipanaskan adalah dampak dari disparitas massa jenis atau berat jenis. Massa jenis bagian yang dipanaskan lebih mini dibandingkan menggunakan massa jenis bagian yang nir dipanaskan. Contoh Konveksi adalah memanaskan air menggunakan panci hingga mendidih. Peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan konveksi kalor adalah terjadinya angin darat dan angin kalor.

Konduksi 
Perpindahan kalor dengan menggunakan cara konduksi, umumnya terjadi dalam zat padat. Zat yg dapat menghantarkan kalor menggunakan sempurna dianggap dengan konduktor, misalnya pada berbagai jenis logam. Sedangkan penghantar logam yg buruk dianggap menggunakan isolator yg terdiri menurut benda-benda non logam. Contoh Konduksi ialah memanaskan sebatang besi dengan barah. Apabila salah satu ujung dipanaskan dan ujung yg satunya dipegang, maka semakin usang ujung yang dipegang akan semakin panas. Jadi, bisa dikatakan bahwa kalor (panas) bisa berpindah menurut ujung yang satu ke ujung yg dipegang bila dipanaskan. 

Radiasi
Pancaran kalor yang hanya terjadi di pada gas atau pada ruang hampa, seperti penghantaran panas matahari ke bumi dengan ruang hampa udara. Untuk mengetahui adanya pancaran kalor, indera yang dipakai adalah termoskop. Termoskop diferensial dipakai pada menyelidiki sifat pancaran diberbagai bagian atas. Contoh Radiasi merupakan perpindahan panas dari cahaya matahari ke bumi. Radiasi kalor dapat terjadi apabila lampu pijar listrik sedang menyala dan api unggun sedang menyala. Dimana disaat kita berada di dekat barah unggun, tubuh akan merasa hangat, hal ini terjadi karena masih ada radiasi kalor yang dipancarkan api unggun.


Demikian artikel singkat tentang Pengertian Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Semoga berguna bagi kita seluruh. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel