PERBEDAAN SPERMATOGENESIS DAN OOGENESIS

Pengertian Spermatogenesis serta Oogenesis 
Gametogenesis adalah proses sel kelamin jantan dan betina (gamet) dimana sperma serta ovum terbentuk, yg setiap pada gonad pria dan perempuan (testis dan ovarium). Gametogenesis terdiri berdasarkan dua jenis yaitu Spermatogenesis serta Oogenesis. Berikut pembahasan Spermatogenesis dan Oogenesis.

  1. Spermatogenesis - Spermatogenesis dalam arti luas adalah proses pembentukan dan pematangan sel benih pria atau spermatozoa. Sehingga tujuan primer berdasarkan spermatogenesis adalah pembentukan sel benih yg jumlahnya 4 sperma fungsional.  Pembentukan Spermatogenesis dimulai menurut tubulus seminiferus, yang sinkron menurut jenis mereka yg bentuknya seperti dengan mie kecil, lurus atau bengkok dalam testis. Di bagian dalam tubuhlus seminiferus dlapisi dengan sel Sertoli dan Spermatogonia. Sel-sel Sertoli diklaim menggunakan "sel perawat" lantaran mereka membantu pada pengembangan sperma menggunakan memakan bahan limbah menurut spermatogenesis serta mengalahkan sel-sel melalui kanal-kanal tubulus. 
  2. Oogenesis - Pada dasarnya, Oogenesis merupakan proses pembentukan ovum atau sel telur yg terjadi dalam tubuh perempuan . Tujuan primer menurut Oogenesis merupakan membangun ovum pada proses pembuahan atau reproduksi. Proses yang berlangsung di organ reproduksi perempuan , yakni ovarium, menggunakan fungsi utama membentuk sel telur atau ovum. Pada prosesnya membentuk 1 ovum fungsional. Oogenesis terjadi pada spesies dengan reproduksi seksual, serta holistik tahap belum matang sel telur. Untuk matang, sel telur melewati 5 tahap dalam mamalia. Oogonium, Oosit utama, Oosit sekunder, Ootid, serta Ovum
Umumnya spesies yang mengalami reproduksi seksual, sel telur mengandung 1/2 materi genetik berdasarkan individu dewasa. Reproduksi yg terjadi disaat sel telur dibuahi oleh gamet jantan, atau sperma. Sperma berisi 1/2 bahan genetik berdasarkan individu yang matang, sebagai akibatnya embrio yang dibentuk sang fertilisasi berisi set lengkap materi genenik, 1/2 sel telur dan setengah menurut sperma.

Perbedaan Spermatogenesis serta Oogenesis

  • Spermatogenesis merupakan produksi sel sperma pria, sedangkan Oogenesis adalah produksi ovum wanita
  • Pada vertebrata, Spermatogenesis terjadi pada testis laki-laki , sedangkan Oogenesis terjadi pada ovarium perempuan . 
  • Spermatogenesis dimulai pada spermatosit primer, sedangkan Oogenesis dimulai berdasarkan Oosit Primer
  • Spermatogenesis membuat empat spermatozoa fungsional dari spermatosit utama. Sedangkan Oogenesis membentuk ovum tunggal dari tiga badan polar Oosit utama. 
  • Pada Spermatogenesis, hasil sitokinesis dalam dua sel berukuran sama, sedangkan, pada Oogenesis, membentuk dua sel yang sangat tidak setara. 
  • Sel sperma nir mengandung kuliner, misalnya ovum (sel telur)
  • Sel-sel sperma jauh lebih mini dari sel telur
  • Sel-sel sperma yang motil, sedangkan dalam ovum adalah immotile
  • Spermatogenesis selesai ad interim di testis. Sedangkan devisi pematangan sekunder Oogenesis terjadi di luar Ovarium atau saluran telur. 
  • Spermatogenesis dimulai di masa pubertas, sedangkan pada Oogenesis dimulai berdasarkan sebelum kelahiran, dalam tahap perkembangan embrio
  • Spermatogenesis menghasilkan sel spermapada satu saat, sedangkan pada hasil Oogenesis hanya satu ovum per bulan. 
  • Spermatogenesis melibatkan fase pertumbuhan pendek, sedangkan Oogenesis melibatkan fase yg panjang. 
  • Spermatogenesis terjadi secara terus menerus selesainya pubertas, sedangkan dalam Oogenesis terjadi dalam pola siklik 
Demikian artikel singkat tentang perbedaan spermatogenesis dan oogenesis. Semoga berguna bagi kita seluruh. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel