PENGERTIAN UMUM IDEOLOGI TERBUKA DAN TERTUTUP SERTA CIRICIRINYA

Istilah ideologi asal berdasarkan bahasa Yunani, terdiri menurut dua istilah, yaitu idea dan logi. Ideaberarti melihat(idean), sedangkan logi asal dari istilah logos yg berarti pengetahuan atau teori. Jadi, secara umum ideologi bisa diartikan hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi bisa pula diartikan suatu formasi konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (peristiwa) yang memberikan arah tujuan buat kelangsungan hidup. Ideologi terbagi mencadi dua,yaitu ideologi Terbuka serta Ideolgi tertutp,perbedaan ideologi terbuka serta tertutup ini sangat mencolok,sehingga bisa menggunakan gampang dikelompokkan. Pengertian Ideologi Terbuka merupakan nila-nilai serta cita-citanya nir dipaksakan, melainkan digali serta diambil berdasarkan kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakatnya itu sendiri. Pengertian Ideologi Tertutup adalah ajaran atua pandangan global yang memilih tujuan-tujuan dan norma-kebiasaan politik dan sosial, yang ditasbihkan menjadi kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, tetapi wajib diterima sebagai sesuatu yg sudah jadi dan wajib dipatuhi. 
  1. Pembahasan Ideologi Terbuka - Ideologi terbuka dapat pula diartikan menjadi ideologi yg nir dimutlakkan. Ideologi terbuka adalah ideologi yg dapat berinteraksi berdasarkan perkembangan zaman serta dinamika yg sifatnya internal. Ideologi terbuka bersumber berdasarkan penerangan generik 1945 yg berbunyi "... Terutama bagi negara baru serta negara belia, lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-anggaran, utama, sedangkan aturan-anggaran yg menyelenggarakan anggaran pokok itu diserahkan pada undang-undang yg lebih mudah cara mengolahnya, mengubahnya serta mencabutnya".
  2. Pembahasan Ideologi Tertutup - Ideologi tertutup bisa diartikan sebagai ideologi yang dimutlakkan. Ideologi tertutup adalah. Kebenaran berdasarkan ideologi tertutup nir dipermasalahkan dalam nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yg lain. Ideologi tertutup memiliki sifat yg dogmatis dan apriori. Arti dogmatis merupakan mempercayai terhadap suatu keadaan tanpa daya yang valid. Sedangkan arti apriori adalah berprasangka terlebih dahulu terhadap suatu keadaan. Ideologi tertutup memakai pemaksaan dalam pemberlakuan yang dipatuhi setiap rakyat yg kordinir sang masyarakat elit atau grup rakyat. Hal ini berarti bersifat otoriter yg dijalankan dengan totaliter.
Ciri-Ciri Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup
1. Ciri-Ciri Ideologi Terbuka
  • Cita-cita hidup pada masyarakat
  • Merupakan output menurut musyawarah serta mufakat rakyatnya 
  • Nilai-nilai serta harapan yg berasal menurut diri masyarakat
  • Ideologi terbuka bersifat dinamis dan reformasi
2. Ciri-Ciri Ideologi Tertutup
  • Bukan hasrat yg hidup dalam diri masyarakat
  • Tidak bersifat nilai atau cita-cita
  • Kepercayaan dan kesetiaan yang sifatnya kaku
  • Terdiri menurut tuntutan nyata serta operasional secara mutlak
Dimensi Ideologi
Sebuah ideologi yg sudah menjdai keyakinan pada kehidupan rakyat dapat sebagai luntur atau pudar seiring perkembangan zaman.hal tersebut tergantung pada daya tahan Ideologi. Ideologi akan mampu bertahan menghadapi perubahan zaman,bila mempunyai tiga dimensi,yaitu:
  1. Dimensi Realita - Dimensi ini memilih pada kemampuan ideologi buat mencerminkan realita yg hayati dalam masyarakat, pada mana dia timbul buat pertama kalinya, paling kurang realita pada saat-ketika awal kelahirannya
  2. Dimensi Idealisme - Dimensi Idealisme adalah kadar/kualitas idealisme yg terkandung di dalam iseologi atau nila-nilai dasarnya. Kualitas itu menentukan kemampuan ideologi dalam menaruh asa kepada banyak sekali grup atau golongan yg terdapat pada warga buat mempunyai serta membina kehidupan beserta secara lebih baik dan membentuk suatu masa depan secara lebih cerah.
  3. Dimensi Fleksibilitas - Yaitu kemampuan ideologi pada memengaruhi serta sekaligus mengikuti keadaan menggunakan pertumbuhan atau perkembangan rakyat. Memengaruhi berarti ikut mewarnai proses pengembangan, sedangkan menyesuaikan diri berarti bahwa masyarakat berhasil menemukan tafsiran-tafsiran terhadap nilai-nilai daasar berdasarkan ideologi sinkron dengan realita-realita baru yang ada dan yang wajib mereka hadapi.
Demikian artikel singkat mengenai pengertian generik terbuka serta tertutup serta Ciri-Ciri Ideologi Terbuka serta Tertutup. Semoga berguna bagi kita seluruh. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel