MENGENAL MANFAAT LAPISAN LITOSFER

Lapisan litosfer masih ada banyak manfaat karna dicermati berdasarkan impak yang ditimbulkan ini sangat menguntungkan bagi kehidupan yang terdapat dibumi. Lapisan bagian atas litosfer adalah tempat insan dan makhluk hidup lainnya melakukan segala kegiatan. Sedangkan litosfer bagian bawah poly mengandung bahan mineral. 
Pengertian Litosfer
Litosfer merupakan bagian luar bumi yang berfungsi sebagai pembungkus. Litosfer asal dari istilah lithos yan artinya batuan dan sphere yg adalah lapisan. Unsur penyusun litosfer merupakan oksigen (46,6%), silikon (27,7%), aluminium (8,1%), besi (5%), kalsium(3,6%), natrium (dua,8%), serta magnesium (2,1%).

Litosfer disebut juga menjadi lapisan kulit bumi. Kulit Bumi ini tidaklah merata.
Bumi terdiri dari 3 lapisan, yaitu inti, mantel, dan kerak.
  1. Inti Bumi (Terdiri menurut Besi serta Nikel) : Inti Bumi mempunyai jari-jari ±3.450 km, dengan volume kurang dari 20% volume bumi. Inti bumi terdapat 2 yaitu inti dalam serta inti luar.
  2. Mantel : Mantel merupakan lapisan bumi yang mempunyai ketebalan ±dua.900 km, suhu ±1.500˚C-3.000˚C, serta tersusun oleh batuan yang amengandung silikat serta magnesium.
  3. Kerak Bumi : Ada dua macam kerak bumi, yaitu kerak benua serta kerak samudra. Kurang lebih 65% kerak bumi merupakan kerak samudra.
Manfaat Litosfer pada Kehidupan
Litosfer merupakan loka melakukan aktifitas bagi manusia dan makhluk hayati lainnya.
Manfaat tersebut antara lain menjadi berikut.
  1. Untuk kebutuhan industri, seperti industri elektronik, industri peralatan rumah tangga, industri bahan bangunan, maupun industri kendaraan bermotor bisa memanfaatkan unsur besi serta aluminium.
  2. Dalam lapisan litosfer poly terkandung banyak sekali mineral, misalnya intan, emas, perak, serta lain-lain. 
  3. Unsur uranium meskipun dalam jumlah yang sedikit dan terbatas dapat dimanfaatkan sebagai asal tenaga dan pembuatan bahan peledak.
  4. Dalam kegiatan pertanian juga memanfaatkan unsur pada litosfer misalnya pupuk buatan berupa NPK (nitrogen, phosphat, serta kalium). 
  5. Minyak bumi dan batubara sebagai asal tenaga. 
  6. Memenuhi kebutuhan industri, alat-alat tempat tinggal tangga, bahan bangunan, juga tunggangan bermotor bisa memakai besi dan aluminium
  7. Mineral intan, emas, perak bisa digunakan buat membuat perhiasaan serta benda sebarguna lainnya. 
  8. Unsur uranium (meskiupun jumlahnya sangat terbatas) bisa dipakai menjadi asal tenaga serta bahan peledak
  9. Olahan nitrogen, phosphate, serta kalim sebagai pupuk bisa dimanfaatkan pada bidang pertanian

Sekian pembahasan artikel singkat tentang Mengenal Manfaat Lapisan Litosfer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita seluruh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel