PEREDARAN DARAH BESAR DAN PEREDARAN DARAH KECIL

Peredaran darah adalah sebuah proses krusial pada memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Melalui peredaran darah, tubuh menerima zat-zat yang diharapkan, serta bisa membuang zat-zat yg diperlukan tubuh, agar nir mengancam kesehatan tubuh. Peredaran darah juga membantu pada mengatur suhu tubuh, dan mendistribusikan hormon pada organ yg membutuhkannya. 
Peredaran darah bisa berjalan menggunakan baik, tidak tanggal dari bantuan jantung. Jantung berdenyut buat memompa darah ke semua bagian tubuh. Normalnya denyut jantung orang dewasa sekitar 72 denyut per mnt. Denyutan ini melemah seiring bertambahnya usia serta waktu seorang pada keadaan tidur. Peredaran darah terdiri menurut pembuluh darah, sejumlah otot yang membantu berjalannya darah, jantung dan darah itu sendiri. Darah mengalir menjauh berdasarkan jantung buat menuju ke seluruh bagian-bagian tubuh.
Darah mengalir menurut jantung sebelah kiri menuju ke oarta, oarta akan mengalirkan darah yang engandung oksigen ke arteri dari arteri darah akan melewarti arteriol yaitu pembuluh arteri terkecil. Darah yg membawa oksigen akan melepas oksigen ke semua tubuh buat membantu proses metabolisme tubuh. Peredaran darah pada manusia berputar dua kali melewati jantung, hal ini dikarenakan sirkulasi darah manusia adalah peredaran darah ganda, yang terdiri menurut peredran darah besar serta mini . Berikut penjelasan
Darah aliran ke tubuh manusia dibedakan menjadi 2 yakni aliran darah mini serta sirkulasi darah akbar, sehingga insan bisa terus dialirkan darah karna darah mempunyai fungsi bagi tubuh manusia. Pada ketika serambi jantung mengembang, darah yg dari berdasarkan pembuluh pulang akan masuk ke jantung. Jika kedua serambi menguncup, darah akan menuju ke bilik. Pada ketika kedua bilik menguncup, darah akan keluar dan jantung menuju ke pembuluh nadi yg menyalurkan darah ke semua tubuh serta paru- paru. Darah yg menuju ke semua tubuh akhirnya pulang ke jantung melalui pembuluh kembali.  Darah berdasarkan semua tubuh masuk ke jantung melalui serambi kanan, kemudian ke bilik kanan. Darah menurut bilik kanan menuju ke paru-paru. Setelah mengikat oksigen, darah dan paru-paru mengalir kembali ke serambi kin jantung. Darah dan serambi kiri masuk ke bilik kiri dan keluar lagi menuju ke seluruh tubuh. 
Dengan demikian, peredaran darah dalam tubuh manusia dapat dianggap sirkulasi darah rangkap atau aliran darah ganda. Peredaran darah rangkap dibedakan menjadi aliran darah mini dan peredaran darah besar .

  1. Peredaran darah kecil atau aliran darah pendek adalah peredaran darah yang dimulai dari bilik kanan jantung menuju ke paru-paru serta akhirnya kembali ke serambi kiri jantung. Sistem sirkulasi darah mini perjalanannya berawal berdasarkan bilik kanan jantung, bilik kanan akan mengeluarkan darah melewati arteri pulmonal yg memiliki cabang bernama arteriol, pembulih arteriol ini adalah penghubung antara arteri pulmonan denga pembuluh kapiler pada paru-paru. Darah mengalir melewati pembuluh ini menuju jantung, sesampainya di jantung, jantung akan mengeluarkan karbondoksida pada bentuk udara dan menghirup balik udara yg mengandung oksigen. Oksigen yg dihirup sang paru-paru akan dibawa ke vena pulmonal buat di alirka ke serambi kiri dan akan menuju bikik kiri menggunakan melewati katup bikuspid, buat menjalani pulang sistem sirkulasi darah besar
  2. Peredaran darah besar atau aliran darah panjang adalah sirkulasi darah yg dimulai menurut bilik kiri jantung menuju ke semua tubuh, lalu pulang lagi ke serambi kanan jantung. Sistem peredaran darah akbar berawal berdasarkan jantung bagian bilik kiri yg mengeluarkan darah yang mengandung oksigen buat diberikan pada oarta. Oarta akan mengalirkan darah ke arteri bagian atas dan arteri bagian bawah. Pada proses ini jantung akan memompa lebih kuat buat memberi tekanan lebih pada darah, tekanan ini pada bantu oleh denyutan otot arteri yg terjadi pada sepanjang perjalanan darah pada saluran ini. Setelah darah melakukan tugasnya mendistribusikan oksigen pada organ-organ pada pada tubuh menggunakan baik, darah akan memasuki arteriol buat menuju pambuluh kapile
Kesimpulan : Peredaran Darah
  1. Peredaran darah kecil : jantung (bilik kanan) => pembuluh nadi paru-paru => paru-paru => pembuluh kembali paru-paru => jantung (serambi kiri ) 
  2. Peredaran darah besar : jantung (bilik kiri) aorta => pembuluh nadi => pembuluh kapiler => pembuluh pulang => jantung (serambi kanan)

Demikian Artikel Sederhana Tentang Peredaran Darahdan Mekanisme Peredaran darah mini dan Peredaran darah akbar, Semoga Bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.

Sumber : 
Konsep serta Penerapan Sains Biologi, Hal : 49-50, Penerbit : Tiga Serangkai.2004.solo, Penulis : Drs. Sunarto.dkk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel