BUNYI HUKUM NEWTON 1 2 3 RUMUS SERTA CONTOH DI KEHIDUPAN SEHARIHARI


Hukum Newton adalah Tiga rumusan dasar pada fisika yang mengungkapkan serta menaruh citra tentang kaitan gaya yang bekerja menggunakan mobilitas yg terjadi dalam suatu benda. Kata Newton dari berdasarkan ilmuan yang menemukan serta memperkenalkannya yaitu Sir Isaac Newton, Ketiga hukum tadi dirangkum dalam karyanya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Hukum Newton dijelaskan buat meneliti dan mengamati gerak pada banyak sekali prosedur maupun sistem.

Bunyi Hukum Newton (1, dua, tiga ), Rumus & Contoh pada Kehidupan Sehari-hari

a. Bunyi Hukum Newton 1 (I)
Bunyi: "Jika resultan gaya yg bekerja dalam benda yang sama menggunakan nol, maka benda yg mula-mula membisu akan permanen membisu. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan permanen". 

Rumus Hukum Newton 1 (I): 
                        
Contoh Hukum Newton 1 (I) pada Kehidupan Sehari-hari 
  • Saat kendaraan beroda empat beranjak cepat di rem mendapak penumpang akan serasa terdorong kedepan
  • Mobil yang anda naiki sehabis direm mendadak, kemudian kendaraan beroda empat datang-datang beranjak kedepan, maka anda akan terdorong ke belakang
  • Koin yg diatas kertas yang diletakkan pada meja akan tetap, bila kertas ditarik cepat
b. Bunyi Hukum Newton 2 (II)
Bunyi: "Percepatan berdasarkan suatu benda akan sebanding menggunakan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja dalam benda tadi serta berbanding terbalik dengan massanya". 

Rumus Hukum Newton dua (II): 

             

Contoh Hukum Newton dua (II) pada Kehidupan Sehari-hari
  • Gaya yg disebabkan saat menarik gerobak yg penuh dengan padi, buat dipindahkan kerumah menurut sawah 
  • Jika di tarik menggunakan gaya yg sama mobil-mobil yang masasanya lebih besar (terdapat beban) percepatannya lebih kecil, sedangkan pada kendaraan beroda empat-mobilan yang sama (massa sama) apabila ditarik menggunakan gaya yang lebih besar akan mengalami percepatan yg lebih besar pula
c. Bunyi Hukum Newton 3 (III) 
Bunyi: "Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yg dikenai gaya akan memberikan gaya yg besarnya sama dengan gaya yg di terima menurut benda pertama tetapi arahnya antagonis". 

Rumus Hukum Newton 3 (III): 
1. Gaya Gesek 

              


2. Gaya Berat 

             

3. Berat Sejenis 

             

Contoh Hukum Newton tiga (III) dalam Kehidupan Sehari-hari
Contoh umum: adanya gaya gravitasi, Peristiwa gaya magnet, gaya listrik
  • Duduk di atas kursi berat badan tubuh mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi menahan (mendorong) badan ke atas. 
  • Jika seseorang menggunakan sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebanyak sama dengan gaya yg kamu keluarkan namun arahnya berlawanan, sebagai akibatnya orang tadi terdorong menjauhi dinding
Demikianlah artikel singkat mengenai Bunyi Hukum Newton (1, 2, 3 ), Rumus serta Contohnya pada Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian serta terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel