PENGERTIAN DARAH SECARA UMUM SERTA FUNGSI DARAH MANUSIA

Darah berasal menurut bahasa yunani yakni hemo, hemato serta haima yg berarti darah.darah adalah cairan yang terdapat pada seluruh makhluk hayati(kecuali flora) taraf tinggi yg berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang diperlukan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, serta juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh manusia terhadap virus atau bakteri.
Secara generik Darah memiliki pengertian sebagai cairan pada seluruh makhluk hidup (kecuali tanaman ) yang berfungsi mengirimkan zat-zat serta oksigen yg dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut aneka macam bahan-bahan kimia menurut hasil metabolisme, serta sebagai pertahanan tubuh menurut virus atau bakteri. Dalam ilmu medis, darah dimulai menurut kata hemo atau hemato yang berasal dari bahasa Yunani yaitu haima yang berarti darah. 
Darah manusia adalah cairan di dalam tubuh yg berfungsi buat mengangkut oksigen yang diharapkan oleh sel-sel pada seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, serta mengandung banyak sekali bahan penyusun sistem imun yg bertujuan mempertahankan tubuh menurut aneka macam penyakit. Hormon-hormon berdasarkan sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.
Darah merupakan galat satu komponen sistem transport yang sangat penting keberadaannya. Fungsi vital darah pada pada tubuh antara lain menjadi pengangkut zat-zat kimia misalnya hormon, pengangkut zat buangan output metabolisme tubuh, dan pengangkut oksigen serta karbondioksida. Selain itu, komponen darah misalnya trombosit serta plasma darah mempunyai peran penting sebagai pertahanan pertama menurut serangan penyakit yg masuk ke pada tubuh.
Manusia mempunyai sistem aliran darah tertutup yg artinya darah mengalir pada pembuluh darah serta disirkulasikan oleh jantung. Kemudian jatung memompo darah menuju ke paru-paru untuk melepaskan residu metabolisme yang berupa karbon dioksida serta menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh melalui saluran pembuluh darah aorta. Darah mengangkut oksigen ke semua tubuh oleh saluran halus darah yg dianggap dengan pembuluh kapiler. Darah pulang ke jantung oleh pembuluh darah vena cava superior da vena cava inferior.


Saat kita melihat darah menggunakan mata kasar maka kita akan melihat darah sebagai cairan seperti air yang berwarna merah. Sebenarnya didalam darah masih ada beberapa komponen serta darah terdiri daripada beberapa jenis korpuskula yang menciptakan 45% bagian menurut darah, angka ini dinyatakan dalam nilai hermatokrit atau volume sel darah merah yang dipadatkan yg berkisar antara 40 hingga 47. Bagian 55% yang lain berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah yg dianggap plasma darah.
1. Korpuskula darah terdiri dari:
Sel darah merah atau eritrosit (lebih kurang 99%), Eritrosit tidak memiliki nukleus sel ataupun organela, serta nir dipercaya sebagai sel dari segi biologi. Eritrosit mengandung hemoglobin serta mengedarkan oksigen. Sel darah merah pula berperan pada penentuan golongan darah. Orang yang kekurangan eritrosit akan menderita penyakit anemia.
Keping-keping darah atau trombosit (0,6 - 1,0%), Trombosit bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.
Sel darah putih atau leukosit (0,dua%), Leukosit bertanggung jawab terhadap sistem imun tubuh serta bertugas buat memusnahkan benda-benda yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, misal virus atau bakteri. Leukosit bersifat amuboid atau tidak memiliki bentuk yang tetap.
2. Susunan Darah. Serum darah atau plasma terdiri atas:
Air: 91,0persen
Protein: 8,0% (Albumin, globulin, protrombin serta fibrinogen)
Mineral: 0.9% (natrium klorida, natrium bikarbonat, garam berdasarkan kalsium, fosfor, , kalium serta zat besi,nitrogen, dll)
Garam
3. Plasma darah pada dasarnya merupakan larutan air yg mengandung :
albumin
bahan pembeku darah
immunoglobin (antibodi)
hormon
berbagai jenis protein
berbagai jenis garam
Fungsi Darah Untuk Tubuh
Darah memiliki banyak fungsi buat tubuh kita antara lain yaitu:
1. Sebagai Zat Pengangkut
Fungsi penting darah pada pada tubuh antara lain sebagai pengangkut zat-zat kimia misalnya hormon, pengangkut zat buangan output metabolisme tubuh, serta pengangkut oksigen dan karbondioksida. Selain itu, komponen darah misalnya trombosit serta plasma darah mempunyai peran penting sebagai pertahanan pertama berdasarkan agresi penyakit yg masuk ke pada tubuh.
2. Mengangkut Oksigen
Darah insan adalah cairan di pada tubuh yangberfungsi buat mengangkut oksigen yg dibutuhkan sang sel-sel pada semua tubuh.
3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Darah jua menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, serta mengandung banyak sekali bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh berdasarkan berbagai penyakit. Hormon-hormon berdasarkan sistem endokrin pula diedarkan melalui darah.
4. Mengangkat karbondioksida berdasarkan jaringan buat dikeluarkan melalui paru-paru.
5. Menyebarkan panas ke semua tubuh.
6. Penutup luka melalui keping-keping darah
7. Dapat memelihara keseimbangan asam bada pada tubuh
8. Terkandung bahan penyusun sistem imun dengan tujuan mempertahankan tubuh menurut berbagai penyakit
9. Sebagai pengedar hormon yg dikeluarkan sang kelenjar buntu (endokrin) oleh plasma darah
10. Sebagai penyuplai jaringan tubuh menggunakan nutrisi 

Demikianlah artikel sederhana tentang Pengertian Darah dan Fungsinya. Semoga mampu berguna bagi kita semua. Sekian serta terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel