PENGERTIAN UMUM IDEOLOGI UNSUR DAN FUNGSI IDEOLOGI

Istilah ideologi berasal menurut bahasa Yunani, terdiri menurut dua kata, yaitu idea serta logi. Ideaberarti melihat(idean), sedangkan logi berasal berdasarkan kata logos yang berarti pengetahuan atau teori. Jadi, ideologi bisa diartikan hasil inovasi pada pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi dapat pula diartikan suatu deretan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (insiden) yang menaruh arah tujuan buat kelangsungan hayati.
Secara Umum Pengertian Ideologi dari para pakar dimana sebelumnya telah dibahas yang di rangkum dan disimpulakan bahwa pengertian Ideologi terbagi 2 yakni pengertian ideologi dalam arti luas dan pengertian ideologi dalam arti sempit, Dalam pengertian ideologi arti luas merupakan sebagian gerombolan cita-cita, nilai dasar, serta keyakinan yang dujunjung tinggi sebagian normatif. Sedangkan pengertian ideologi pada arti sempit merupakan gagasan atau teori yang menyeluruh mengenai makna hidup serta nilai-nilai yg menentukan menggunakan mutlak bagaimana insan harus hidup serta bertindak. Sedangkan pengertian ideologi secara generik merupakan ilmu mengenai pengertian dasar atau inspirasi, cita-cita, pandanga, atau paham yang bersifat permanen yang wajib dicapai. 
Ideologi terbagi mencadi 2,yaitu ideologi Terbuka serta Ideolgi tertutp,perbedaan ideologi terbuka dan tertutup ini sangat mencolok,sebagai akibatnya bisa dengan gampang dikelompokkan. Indonesia adalah negara yg menduga Pancasila menjadi Ideologi Terbuka serta pancasila sebagai sumber nilai .namun sebenarnya,Ideologi tak jarang dipahami secara bhineka.
Berikut beberapa pengertian ideologi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh kenegaraan :
  • Alfian : Menurut definisi Alfian, pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yg menyeluruh dan mendalam mengenai bagaimana cara yg sebaiknya, yaitu secara moral dipercaya benar serta adil, mengatur tingkah laris beserta dalam aneka macam segi kehidupan. 
  • C.C. Rodee : Menurut pendapat C.C. Rodee yang menyatakan bahwa pengertian ideologi merupakan sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yg memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya. 
  • Ali Syariati : Menurut Ali Syariati tentang pendapat mengenai pengertian ideologi yang mengungkapkan bahwa ideologi adalah menjadi keyakinan-keyakinan serta gagasan-gagasan yang ditaati sang suatu gerombolan , suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras eksklusif.
Dari output pendapat para pakar mengenai pengertian ideologi, yang disimpulkan bahwa pengertian ideologi merupakan kumpulan gagasan-gagasan, ilham-inspirasi, keyakinan-keyakinan, yg menyeluruh serta sistematis, yg menyangkut berbagai bidang kehidupan insan. 

Untuk mengetahui unsur-unsur ideologi serta fungsi dari ideologi bisa ditinjau dibawah ini..
A. Unsur-Unsur Ideologi
Unsur-unsur yg terdapat dalam ideologi seperti dibawah ini..
  • Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis 
  • Pedoman tentang cara hayati.
  • Tatanan yang hendak dituju sang suatu grup. 
  • Dipegang teguh sang kelompok yang meyakininya. 
B. Fungsi Ideologi
Fungsi yang ada dalam ideologi, antara lain menjadi berikut. 
  • Struktur kognitif, artinya keseluruhan pengetahuan yang adalah landasan untuk tahu dan menafsirkan dunia serta kejadian-kejadian pada alam lebih kurang. 
  • Orientasi dasar menggunakan membuka wawasan yg memberikan makna dan menampakan tujuan dalam kehidupan manusia
  • Norma-kebiasaan yg menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah serta bertindak
  • Bekal dan jalan bagi seseorangu buat menemukan identitasnya. 
  • Kekuatannya yang bisa menyemangati dan mendorong seorang buat menjalankan kegiatan serta mencapai tujuan 
  • Pendidikan bagi seseorang atau warga buat tahu, menghayati, dan memolakan tingkah-lakunya sinkron dengan orientasi dan norma-kebiasaan yg terkandung di dalamnya. 
Dimensi Ideologi
Sebuah ideologi yang sudah menjdai keyakinan dalam kehidupan masyarakat bisa sebagai luntur atau pudar seiring perkembangan zaman.hal tersebut tergantung dalam daya tahan Ideologi. Ideologi akan sanggup bertahan menghadapi perubahan zaman,jika memiliki 3 dimensi,yaitu:
  • Dimensi Realita - Dimensi ini memilih dalam kemampuan ideologi buat mencerminkan realita yg hidup dalam masyarakat, pada mana dia muncul buat pertama kalinya, paling kurang realita pada waktu-waktu awal kelahirannya
  • Dimensi Idealisme - Dimensi Idealisme adalah kadar/kualitas idealisme yg terkandung pada pada iseologi atau nila-nilai dasarnya. Kualitas itu menentukan kemampuan ideologi pada memberikan asa kepada aneka macam gerombolan atau golongan yang ada pada rakyat buat memiliki dan membina kehidupan beserta secara lebih baik serta menciptakan suatu masa depan secara lebih cerah.
  • Dimensi Fleksibilitas - Yaitu kemampuan ideologi pada memengaruhi dan sekaligus menyesuaikan diri dengan pertumbuhan atau perkembangan warga . Memengaruhi berarti ikut mewarnai proses pengembangan, sedangkan beradaptasi berarti bahwa masyarakat berhasil menemukan tafsiran-tafsiran terhadap nilai-nilai daasar dari ideologi sesuai dengan realita-realita baru yg timbul dan yang wajib mereka hadapi.

Demikianlah artikel sederhana tentang pengertian ideologi dan unsur, serta fungsi Ideologi. Semoga berguna bagi kita seluruh. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel