PENGERTIAN UMUM OTOT LURIK CIRICIRI SERTA FUNGSI

Secara generik pengertian otot merupakan sekumpulan sel otot yang membentuk jaringan. Otot merupakan indera mobilitas yang berfungsi menggerakkan tulang. Sel-sel otot mempunyai kemampuan berkontraksi (bentuk sel otot memendek) serta melakukan relaksasi (kembali ke ukuran semula). Oleh karenanya jaringan otot diklaim sebagai alat gerak aktif.
Fungsi otot
Fungsi lain menurut otot-otot dalam tubuh manusia adalah dukungan. Otot rangka terus bekerja buat mendukung tubuh dan membantu buat mempertahankan postur, apakah seorang duduk atau berdiri. Otot-otot ini juga mendukung, menstabilkan serta memperkuat sendi menggunakan memegang tulang dalam posisi yang sempurna, terutama didaerah dimana bagian-bagian dari sendi tidak cocok bersama erat seperti bahu dan pinggul.
Fungsi Otot insan antara lain merupakan :
Melaksanakan kerja, contohnya: berjalan, memegang, mengangkat (otot lurik).
Mengalirkan darah, mengedarkan sari kuliner serta oksigen (otot polos).
Menggerakkan jantung (otot jantung)

Karakteristik Otot
a. Kontrabilitas yaitu kemampuan otot buat memendek waktu otot berkontraksi
b. Ekstensibilitas yaitu kemampuan otot untuk memanjang ketika otot berelaksasi
c. Elastisitas yaitu kemampuan otot untuk kembali ke bentuk awalnya selesainya berelaksasi juga berkontraksi.
Seperti yg diketahui bahwa otot terdiri atas beberapa macam atau jenis otot yakn otot polos, otot lurik, serta jantung. Dalam pembahasan pertama-tama kita akan membahas tentang Pengertian otot lurik. Otot lurik merupakan otot yang melekat dalam rangka tubuh yg digerakkan atas kehendak/semau kita, sehingga dianggap menjadi otot motorik. Otot lurik juga dikatakan otot rangka dipandang berdasarkan pengertian otot lurik yakni menempel pada rangka. Otot lurik sanggup bekerja keras dan bertenaga karna memiliki banyak inti sel namun otot lurik gampang lelah artinya otot lurik butuh istirahat selesainya bekerja, Asal-usul dinamakannya otot lurik adalah otot lurik memberitahuakn bagian gelap (aktin) dan jelas (jelas) yang silih berganti jika dipandang memakai mikroskop. Adapun karakteristik-ciri otot lurik yang dapat dipandang dibawah ini.
Otot lurik adalah otot yg menempel pada rangka tubuh manusia yang dipakai pada pergerakan dimana otot lurik adalah otot yang bekerja dibawah kesadaran (volunter). Otot lurik jua dinamakan otot rangka, Mengapa ?.. Karna melekat dalam rangka. Dimanakan otot lurik karna adanya sisi gelap terperinci yg berselang seling.


Fungsi Otot Lurik 
Adapun fungsi dari otot lurik merupakan menggerakkan rangka tubuh manusia atau fauna, sebagai akibatnya kita berkiprah sinkron dengan kehendak kita. Membantu kita dalam kerja keras serta cepat.

Ciri-Ciri otot Lurik 
Perlunya kita mengetahui ciri-ciri otot lurik supaya dapat dan bisa membedakan jenis-jenis otot lainnya, seperti yg ada dibawah ini..
  • Memiliki ribuan serabut yang membentuk jaringan otot yang tersusun rapi.
  • Otot lurik berbentuk selindris, panjang serta memiliki poly inti sel (multinuklei)
  • Bergerak dibawah pencerahan (Volunter)
  • Secara generik otot lurik mempunyai diameter 50 mikron dan panjangnya hingga 2,lima centimeter. 
  • Mampu bekerja dengan keras serta cepat namun mudah lelah.
  • Memerlukan Istirahat
  • Melekat dalam rangka tubuh insan atau hewan
  • Cepat pada berkontraksi (berkerut)
  • Letak Inti sel berada di tepi (perifer)
  • Otot Lurik terdapat dalam Otot paha, otot dada, otot betis dan seluruh rangka tubuh manusia. 

Sekian penjelasan singkat tentang otot lurik, semoga bermanfaat bagi kita seluruh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel