HUKUM ZAKAT & ZAKAT PADA TEMPAT YANG TEPAT


Hukum Zakat& Zakat pada Tempat yg Tepat




Padahakikatnya insan merupakan makhluk individu yg membutuhkan orang lain ataudisebut menggunakan makhluk sosial yg wajib saling membantu, dalam islam kitadiajarkan buat saling membantu satu sama lain lantaran derita orang lain adalahneraka buat kita begitu pepatah mengungkapkan. Manusia dilahirkan dalam keadaanfitrah atau bersih dan suci, tetapi seiring berjalannya saat insan tidakterlepas berdasarkan sifat khilaf dan lupa bahkan lalai yang membuatnya wajib membersihkandirinya. Membersihkan diri dalam hal ini merupakan membersihkan hati dan jiwa kitaserta harta kita karena disetiap harta yg kita miliki disitulah terdapat hak oranglain yang disebut dengan kata zakat.
Dalam peraturan menteri agaman tentang syaratdan tata cara penghitngan zakat mal serta zakat fitrah serta pendayahgunaan untukusaha produktif bab 1 pasal 1 ayat 1 zakat adalah harta yang wajib dikeluarkanoleh seseorang muslim atau badan bisnis yang dimiliki orang islam untuk diberikankepada yang berhak menerimanya sinkron syariat islam, seperti yg dijelaskanpada ayat berikut:
“ pungutlah zakat dari kekayaan mereka buat memebrsihkandan mensucikan dengannya. Dan berdoalah buat mereka sesungguhnya doamu mendatangkanketentraman bagi mereka. SesungguhnyaAllah maha mnedengardan maha mengetahui”.(Q.S09;103)
Jelasbahwa zakat merupakan hal yang wajib bagi umat islam, yg kita ketahui juga zakatjuga bagian dari rukun islam yg ke-empat sebagia kewajiban primer setelahsyahadat, sholat, dan puasa.
Dalam islam istilahorang yang berkewajiban membayar zakatdisebut menggunakan muzaki sedangkan orang yang berhak menerima zakat disebutmustahik. Lalu kita jua harus menegtahui jenis-jenis zakat, yang pertama zakatfitrah yaitu zakat harus bagi setiap umat islam yg dibayarkan menjelang hariraya idul fitri, lalu zakat mal atau zakat harta penghasilan. Kemudiancriteria apa saja yang berhak membayar zakat adalah sebagai berikut: ).
1). Milik penuh dan bisa diambil manfaatnya secarapenuh dan dimiliki dengan cara yg dibenarkan syari'at atau didapat dengancara yg halal. Maka jangan sekali-kali membayar zakat menurut harta yg tidakhalal.
2). Berkembang, Artinya harta tersebut bisa bertambahdan berkembang jika diusahakan.
3). Cukup nisabnya. Artinya harta yang ingin dizakatkansudah mencapai jumlah yg telah ditetapkan syariat (akan dijelaskan kemudian).
4). Lebih dari kebutuhan utama. Maksudnya lebih darikebutuhan utama minimal yang diperlukan seorang muzaki serta keluarga yg menjaditanggungannya buat kelangsungan hidupnva.
5). Cukup haulnya
6). Bebas berdasarkan hutang
7). Muslim yg merdeka dan baligh.
Kewajibankita sebagai umat muslim buat membayar zakat sangatlah kentara, tetapi kitasering resah pada siapa kita wajib membayarkan zakat. Lantaran kita tidakbisa menutup mata dalam era dewasa ini, poly oknum-oknum zakat baik individumaupun lembaga abal-abal yang mengatasnamakan forum zakat namun tu hanyakedok saja, mereka bukan forum zakat yang sebenarnya akan mneyalurkan zakatkita dalam yang berhak justru malah menjadikan lembaga zakatnya menjadi bisnis,naudzubilah semoga kita terhindar hal itu.
Menghadapikenyataan itu, kita seakan riskan untuk membayarkan zakat kita lantaran takutzakat yang kita berikan nir hingga dalam orang yang tepat atau takut tidaktepat target. Namun kita kita jangan berlarut pada kebingungan sehinggamenjadikan alasan buat kita tidak berzakat lantaran zakat tetaplah suatukewajiban yang wajib ditunaikan. Lembaga zakat yang sinkron menggunakan ketentuansyariat islam hadir untuk menghapus kebimbangan itu, menggunakan nama Badan Amil danZakat Nasional atau disingkat BAZNAS siap menjembatani para umat muslim untukberzakat agar hingga serta sempurna target. BAZNAS terdapat hampir diseluruhIndonesia tidak terkecuali pada Kab. Serang.
Berzakat dalam orang yg tepatadalah suatu kepuasan batin bagi pemberizakat lantaran teah dijelaskan oleh Allah SWTsesungguhnya penerima zakat akan mendoakanpemberi zakat doa yg menentramkan.
Manusiatempatnya khilaf dan lupa serta tidak terlepas menurut kesalahan maka menurut ituAllah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berzakat memebersihkan dirisesungguhnya zakat itu menentramkan hati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel