PISANG GORENG GANDASTURI KALIMANTAN UNTUK YANG TERCINTA


Cinta merupakan suatu hal yang banyak terdefinisikan oleh bahasa lantaran kemultitafsirannya.cinta pula Sebuah rasa yg tak bisa dijelaskan menggunakan teoritak relatif disimbolkan menggunakan isyarat, namun begitu indahnya beliau dirasa. Hakikat mengasihi dan dicintai adalahanugerah yang diberikan oleh Tuhan menjadi dzat yg maha menyayangi.orang bilang jika cinta berbicara maka akanmengubah segalanyahitam menjadi putih,kelabu sebagai bercahaya, getir sebagai anggun, bahkan tai kucingpun rasa coklatkatanya. Tapi ini bukan tentang cinta yg menjadi topik, tetapi ini adalahsebuah torehan perjalanan wisata masakan “Pisang goreng Gandasturi Kalimantan untukyang tercinta”.


Mentari amat terik kala itu, hiruk pikuk aktivitas amatramai seluruh orang sibuk menggunakan urusan serta kesibukannya masing-masing, kendaraanroda dua serta roda empat lalu lalang begitu cepatnya melintasi jalanan. Tapiini bukanlah perkara untuku tetap melangkah menjelajahi sudut-sudut kemegahan isidunia yang diciptakan Tuhan bukan hanya buat dinikmati tapi jua untukdikagumi serta disyukuri.
Hari jumat 01 Maret 2016, mesinpenunjukwaktu pertanda pukul 14.30 WIB, akubergegas melangkahkan kakiku yg sedari tersebut tak sabar untukmelaksanakan tugas hari ini, yaitu wisata kuliner. Klakson bis dankendaraan-tunggangan lainnya saling bersahutan mengantri jalan, segera aku masukke dalam bis yang sedari tersebut berdiam menyalakan mesinnya. Sampai aku di dalambis kesemangatanku teruji karena ternyata isi kursi bis penuh, akhirya mautidak mau aku wajib berdiri selama bepergian satu jam lamanya berdesak-desakandengan pennumpang lainnya. Setelah mengembangkan diri serta bersugesti bertenaga untukkakiku yang mulai keram, penantian perjalanan menuju lokasi tujuan menjadisangat istimewa karena perjalananyangtidak begitu nyaman, lokasi tujuan wisata kuliner ini merupakan Pasar LamaTangerang yg istilah orang pada sana banyak penjual maknan-makanan unik yang harusuntuk kita coba. Ku hela nafas yang ritmenya mulai nir beraturan lantaran sesakdalam bis dan kugerak-gerakan kakiyangmulai keram. Sampai sudah di lokasi tujuan, terdengar suara yang menggetarkanhati dan takut diri bunyi adzan berkumandang begitu khidmatnya pertandakanbahwa saya harus memenuhi panggilan-Nya buat menunaikan kewajibanku dalam AllahSWT.
Keringatdandebu yg menempel pada pipiku sudah hengkang kini segar terasa. Tanpaberbasa-basi kakiku melangkah cepat dengan tempo gerakyang senada, kulihat para pedagang makanan berjejer rapidengan gerobak dan peralatannya masing-masing, mulai menurut pedagang makananringan hingga kuliner berat sampai es serta macam-macam minuman lainnya. Tapiseketika mataku tertuju pada bunga yang berjejer indah menggunakan pesonanya berwarna-warni,ke 2 bola mataku seolah enggan tuk berpaling pandang.
Keramaian pasar amat memuncak memaksaku beralihpandang serta segera mencari kuliner yang telah kulihat berjejer memenuhi bahujalan. Seraya melihat-lihat yang berada disekitar masih ada banyak pedagang yangmasih sibuk menyiapkan barang dagangannya. Kaki kuberjalan menyusuri jalan lurus yg amatpadat karena kedua sisi bahu jalan dijadikan lapak sang para pedagang yg mengakibatkan klakson pengendaramotor serta mobil saling bersahutan. Banyak masakan yg terlihat unik yangmembuatku penasaran akan cita rasanya, telah aku berjalan hampir 500 meter kearahdepan belum jua kutemui masakan yang pas buat kupilih sebagai kulinerpilihanku, kakiku telah mulai lunglai lelah tetapi seketika pandanganku tertujupada pedagang yang berada dipesimpangan jalan, pedagang pisang goreng, namunpisang goreng yang ini tidak sinkron dengan pisang goreng dalam umumnya dari bentuknyasaja sudah terlihat tidak sinkron tampilanya menarik dengan chrispy yang menempel pada kulitnya menambah rasa gurih serta renyahnamun aku baru melihatnya menurut kejauhan segera kudekati pedagang pisang gorengtersebut, kubaca goresan pena yang melekat dalam gerobaknya yangbertuliskan “Pisang Goreng KalimantanGandasturi” yang berlokasi dalam jalan kisamaun Kota Tangerang pisang goreng inimenjadi pilihanku menjadi pencarian terakhirku dalam wisata masakan ini.
Pisang goreng gandasturi spesial Kalimantan, terbuatdari pisang kepok yg telah matang kemudian dibelah menjadi bentuk sepertihuruf Y kemudian dibaluti menggunakan campuran khusus lalu digoreng menggunakan panasminyak stabil. Kuperhatikanbanyakpembeli yang mengantri, aku bertanya-tanya akan ramainya pembeli apakah ada rasayang istimewa dalam pisang goreng ini?

Pisang goreng gandasturi khas Kalimantan inimemiliki berbagai macam varian rasa mulai menurut original, coklat serta balado.cukup dengan budget Rp.3000 kita telah dapat menikmati satu pisang gorenggandasturi ini. Penasaran dalam para pembeli yang ramai silih berganti kutanyaibeberapa pembeli. Mengapa menentukan membeli pisang goreng gandasturi ini disisibanyak pedagang lain yang serupa?, beberapa orang menjawab sama lantaran rasanakahs dan enak serta nir ada ditempat lain disekitar sini.
Dari beberapa orang pembeli yang kuwawancarai adasatu pembeli yg menarik perhatinku dan menginspirasiku buat membuat tulisanini, dia adalah Doni pria yg sudah berkepala 3 ini menjamin hampirsetiap hari membeli pisang goreng ditempat ini “cita rasanya lezat , legit ada chrispy nya jua manisnya pas”.
“saya biasa membeli pisang goreng ini untuk dimakanbersama famili, anak, istri serta saudara dirumah”
Lalu, siapa yg paling suka dengan pisang gorengini?
“istri saya paling senang pisang goreng ini, rasaoriginal yang beliau suka , karena ia suka jadi saya acapkali khusus membelikannyasebagai tanda sayang serta cinta aku terhadap istri hee” ujar Doni serayatertawa kecil
Dari pak Donilah aku terinspitrasi menuliskan Pisang goreng “Gandasturi Kalimantan untukyang Tercinta” lantaran dipersembahkan untuk yg tercinta. Kembali lagi padapedagang pisang goreng gandasturi spesial Kalimantan ini sebagai objekwawancaraku.
“setiap haribapak berjualan pisang goreng ini, dalam pukul berapa saja umumnya yang ramaipembeli?”
“iya setiap harisaya berjualan, biasanya pembeli ramai datang mulai berdasarkan pukul 16.00 s.D 19.00WIB”
“pisang gorengini umumnya mampu bertahan berapa lama pak?”
“iya bisaseharian atau bila goreng hari ini sampai besok pagi masih tahan”

Banyakpertanyaan lain yang kulontarkan pada pedagang pisang goreng gandasturi khasKalimantan ini, beliau bercerita bahwa pisang gorengnya ini sudah sampai dikirim keistana putih amerika perkumpulan dan dinikmati sang Presiden Barack Obama, banyakkeiatan-kegiatan kenegaraan baik local maupun internasional yang memesan pisanggorengnya ini.
Akhirnya harisemakin sore, oleh raja sinag mulai merauk keperaduannya tukarkan cahaya jinggasenja pada gelap malam yg kan diterangi rembulan, aku pun menyudahiperjalanan ini, pisang goreng gandasturi spesial Kalimantan untuk yang Tercinta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel