TAHUKAH KAMU TUMBUHAN RAWA INI TERNYATA ENAK DAN NIKMAT DI MAKAN



         Rawa adalah genangan air yang mengenang selama beberapa waktu yang cukup lama dan memiliki berukuran yang tidak mini . Rawa memiliki ekosistem tersendiri yang menyusun rantai kehidupan didalamnya yang mengurai dan terurai. Rawa biasanya mempunyai banyak manfaat bagi penduduk yg bermukim disekitarnya, manfaat itu diantaranya adalah adanya
anggota ekosistem rawa yg dapat dikonsusmsi, yaitu banyak sekali jenis ikan air tawar menggunakan protein tinggi, serta tumbuh-tanaman liar yang hayati dirawa sebagia akbar bisa dikonsumsi dan memiliki citarasa yg spesial . Berikut ini adalah tiga macam tanaman rawa yang dapat dikonsumsi.

1. Kilanun

           Kilanuan adalah jenis tumbuhan atau mampu diatakan rumput rawa yang akarnya tumbuh didasar rawa dan batangnya menjulur keatas serta daunnya ada dipermukaan air, kilanun tumbuh  dengan batang-batang lunak yg panjang. Setiap 1 flora kilanun terdiri dari 7-25 btg. 
            kilanun ini bisa dikonsumsi dengan cara ditumis, berikut resep tumis kilanun.
- cuci bersih kilanun serta pangkas-potong berukuran 5cm
- kukus 1/2 matang kilanun buat mengurangi kadar air didalamnya
- haluskan bumbu tumis: bawang utih 1 siung, bawang merah 2 siung, cabe rawit secukupnya
- tumis bumbu yg telah dihaluskan hingga bumbu harum
-masukan garam dan penyedap rasa
-masukan kilanun yang sudah dikukus dan mixer-aduk
- kilanun siap disajikan.

2. Perepetan

Perepetan adalah salahasatu anggota ekosistem rawa, tumbuhan ini mempunyai btg yang mirip sedotan batangnya bagian dalmanya berongga dan memiliki batang yang tumbuh tegak tinggi. Akarnya berada didasar rawa sedangkan batangnya tumbuh mengikuti ketinggian air. Sama halnya misalnya kilanun perepetan meiliki batang menggunakan jumlah lima-25 batang. 
   Perepetan jua bisa dikonsusmis, adapun cara mengonsumsinya dpaat dikonsusmsi langusng maupun ditumis. Bagian yg dapat dikonsumsis merupakan bagian pangkal batanag yg masih lunak. Rasa berdasarkan perepetan ini anggun-cantik adem. 


3. REMJAH
Anggota ekosistem rawa lainnya yg dapat dikonusmsi adalah remjah, remjah  adalah jenis flora rawa yg hidup diar rawa yg jernih serta nir terkontaminasi limbah. Remjah merupakan jenis rumput rawa yang bisa dikonsumsi bentuk daunnya berpita serupa padi. Remjah hidup didlaam dasar rawa yg dangkal. Remah dikonsusmi degan cara dilalap menggunakan versus sambal terasi.


itu adalah jenis tumbuh-tanaman rawa yang dapat dikonsusmis, apakah anda pernah memakannya? Ceritaan di kolom komentar bagaimana rasanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel