PRAMUKA KELILING DUNIA NAIK SEPEDA DAN MASUK KABAH


           
“Ketika orang menganggapku gila denganmimpiku, serta ketika saya berhasil maka saya pertanda bahwa saya nir gila”

 H. Fauna Sukma Prayoga
Inibukanlah kisah seseorang  wanita ataupunanak tiri yang teraniaya, bukan jua kisah seorang selebritis menggunakan gemerlappamornya, apalagi kisah super hero yg penuh sensasi. Tapi  ini adalah kisah seorang pramuka dengans ejutakeoptimisannya, beliau adalah Kak Fauna Sukma Prayoga laki-laki dari Serang,Banten yang berhasil berkeliling dunia menggunakan bersepeda.
Pramukaadalah bagian dari hidupnya, kesenangannya pada pramuka membuatnya menjadi orangkreatif serta inovatif dan dikenal poly orang, dia adalah Fauna SukmaPrayoga  pria menggunakan perawakantinggi bertubuh semampai. Ketika mimpiku dianggap gila, ketika aku berhasilmaka saya menunjukan bahwa saya nir gila.
            Tidak ada yg nir mungkin didunia ini jika kita berusaha, itulah citra yg pas atas kisah penuhinspirasi dari sosok yang akrab dipanggil dengan sebutan Kak Fauna, namanyaunik menciptakan orang gampang mengingatnya. Mengikuti pramuka sejak kecil hinggasaat ini membuatnya menjadikan pramuka menjadi bagian menurut hidupnya. Kesan  pramuka selalu melekat padanya, pramuka adalahka Fauna dan Kak Fauna merupakan Pramuka. Dia merupakan insan menggunakan sejutaoptimisme, kala itu usianya tepat 20 tahun beliau pergi berkeliling duniamenggunakan sepeda, menggunakan bekal ilmu kepramukaan yang matang beliau membranikandiri karena pada pramuka dia mengenal prinsipLearning By Doing atau belajar sembari melakukan. Mustahil  memang jika kita lihat dengan kasap mata tapinyatanya ia berhasil berkeliling dunia dengan bersepeda selama 5 tahundengan 5 benua ia lewati. Sebelum beliau berangkat pun banyak orang yangmencibirnya serta menganggapnya gila namun beliau tetap teguh dengan mimpinya, bahkansampai keluarganyapun melarangnya ia tetap berargumen bahwa beliau akan baik-baiksaja dan akan berhasil serta balik lagi dengan sejuta pengalaman.
Dilepasoleh Mabicab kota serang ia mengayuh sepedanya, mulai ialewati pulau sumatera,lalu masuk Negara Singapura, Malaysia,  Thailand, India,Pakistan serta sampai ke Tanah Suci Mekkah. Berjuta kisahnya bertahan hayati diNegara orang membuatnya menjadi langsung yg sangat bertenaga, menggunakan bekal ilmukepramukaan serta kretivitas yang tinggi tidak membuat Fauna merasa susah untukbertahan hidup pada Negara orang beliau mengajar pramuka, berjualan martabak, hinggamengadakan training kerajinan tangan darisitulah pundi-pundi uang dia dapati diNegara-negara yg beliau singgahi menggunakan biaya hidup yg lebih tinggi daripadaIndonesia. Baginya selagi kita masih kemauan buat berusaha maka kita akanselamat.
Darisekian sejuta pengalamannnya berkeliling global memakai sepeda terdapat satupengalaman yang cukup menciptakan kita terhenyak ketika mendengarnya, Faunaberhasil masuk ka’bah loka suci umat islam berkiblat, lagi-lagi kesan musthilmuncul kembali namun sekali lagi dia membuktikannya bahwa ini sahih terjadi.kala itu tepat pertengahan Bulan Saban kala itu pada mekkah sedang diadakankegiatan pensucian atau pembersihan Ka’bah yang hanya dilakukan setiap satutahun sekali pada bulan saban, ketika itu tepat dua April 1988 Ka’bah  dibuka semua umat muslim Mekkah berkumpul diMasjidil Haram buat menyaksikan moment berharga ini. Ketika itu Ka’bah mulaidibuka dan hanya famili kerajaan dan tamu kerajaan yang diperbolehkan ikutmasuk dalam Ka’bah, namun keajaiban terjadi Fauna yg bukan keluarga kerajaanbukan pula tamu kenegaraan bisa masuk Ka’bah bersama para famili raja danuniknya beliau merupakan orang pertama yg masuk pada Ka’bah saat itu sebelum rajadan keluarganya masuk, Fauna terdorong friksi kerumunan orang yg amat poly hingga tubuhnya terdorong masuk dalamKa’bah sungguh luarbiasa memang beliau tidak pernah membayangkan sebelumnya untukbisa memasuki Ka’bah, sampai pada dalam ka’bah beliau eksklusif bersujud syukur namunia bingung wajib menghadap kemana sampai beliau sholat dalam Ka’bah dan menghadapsebisanya. Ada yang unik ketika dia keluar berdasarkan Ka’bah ia menjadi bahan rebutanbanyak orang yang ingin menyentuhnya beliau dikerubuti ribuan orang hingga baju danrambutnyapun ditarik orang, namun untungna ada yg membantu mengamankanya darikermunan orang yg ingin menyentuhnya itu karena beliau dipercaya istimewa karenausai keluar menurut Ka’bah, kamera menyala disekelilingnya hingga kemunculannya didalam Kabah sebagai trending topickala itu.
“Perjalananmelewati 5 benua memang jauh, namun tempat yang paling jauh yg dia lewatiadalah Mekkah Arab Saudi lantaran untuk hingga ke Mekkah itu mudah dengan banyakuang siapapun bisa berangkat ke Mekkah, tetapi Fauna datang dengan bersepeda danyang menciptakan perjalanan ini merupakan keberhasilannya masuk Ka’bah, lantaran tidaksembarangan orang  bisa masuk dalamKa’bah dan nir terdapat tiket yg dijual buat bisa memasuki Ka’bah sekalipun adayang akan mebayar bermilyiarpun nir akan mampu masuk”  begitu kira-kira yang pada ungkapkan olehlaki-laki yang rumahnya tidak jauh dari Masjidil Haram.
Melewatibanyak Negara bukan berarti tanpa rintangan dan tantangan, Negara-negara yangmenurut beliau berat buat dilewati diantaranya, India, Pakistan, serta Afghanistankarena kala itu negara-negara tersebut tengah dilanda perseteruan.
Lima tahunberlalu perjalannanya berkeliling global sudah beliau buktikan serta beliau membuktikanbahwa dia nir gila, karena semula mimpinya itu dipercaya gila. Tepat 5 tahunsudah akhirnya Fauna pergi ke Tanah Air dengan selamat dengan sejutapengalaman serta ilmu yg berharga berdasarkan perjalannanya berkeliling global. Ketikaia pulang beliau masih memiliki residu uang hasil ia berjualan dan berusaha lainnyadan beliau menetapkan buat menggunakna uang itu sebagia modal buat membangunsebuah museum sepeda pramuak keliling global bertempat pada daerah KarundangKecamatan Cipocok Jaya Kota Serang museum itu didirikan, berisi sepedabersejrah yang menemnainya selama perjalanna, baju batik yg beliau kenakan kalamasuk Ka’bah, kumulan mata uang menurut berbagai Negara yg melekat didinding-dinding musem hingga foto-foto dokumentasi perjalannanya. Hingga saatini ribuan nama tercatat sebagai pengunujung museum sepeda, Fauna nir memungutbiaya kepada siapa saja yang tiba berkunjung bahkan dia selalu menyambuthangat setiap pengunjung yg tiba bahkan beliau tidak sungkan buat menceritakankembali perjalannanya jika ada pengunjung yang bertanya padanya.
Itulahsepenggal kisah menurut seseorang pramuka yg bersepeda berkeliling global, katayang selalu teringat darinya adalah ketika orang lain menganggap aku gila, danketika aku berhasil aku menunjukan bahwa aku tidak gila. Semoga karakerpramuka yang  aktif kreatif bertenaga daninofatif serta menjunjung tinggi kearifan sopan dan sntun pada bertindak yangada dalam beliau bisa ditularkan pada generasi bangsa menjadi agen perubahan.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel