RPP BAHASA INDONESIA HIKAYATKURIKULUM 2019 SMA KELAS X SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN

Sekolah: ........................
Kelas/Semesester:X/Ganjil
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Tema: Hikayat
AlokasiWaktu: (2x45menit)
Jumlah Pertemuan: 1x pertemuan

A.KompetensiInti
3.Memahami, menerapkan, menganalisis danmengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab fenomena serta insiden, serta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidang kajian yang khusus sinkron menggunakan bakat dan minatnyauntuk memecahkan masalah.

4.Mengolah, menalar,menyaji, dan mencipta pada ranah nyata serta ranah abstrak terkait denganpengembangan dari yg dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindaksecara efektif serta kreatif, serta bisa menggunakan metoda sinkron kaidahkeilmuan.

B.Tujuan Pembelajaran
Setelahmengikuti aktivitas pada pelajaran ini dengan sungguh-sungguh, murid dapat:
1.Memahamipengertian cerita warga (hikayat);
2.Memahamiisi cerita warga (hikayat);
3.Menceritakankembali isi cerita rakyat (hikayat);
4.Menentukanunsur intrinsik cerita rakyat (hikayat);


C.KompetensiDasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.7Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yg terkandung pada cerita rakyat (hikayat) baik lisan juga tulis.
3.7.1Memahami pengertian cerita rakyat (hikayat)
3.7.2Memahami ciri cerita warga (hikayat)
3.7.3Memahami unsur intrinsik cerita warga (hikayat)
3.7.4Memahami isi cerita rakyat (hikayat)

2
4.7Menceritakan pulang isi cerita warga (hikayat) yang didengar serta dibaca.
4.7.1Menentukan unsur intrinsik cerita masyarakat (hikayat);
4.7.2Menceritakan pulang isi cerita warga (hikayat).

D.Materi Pembelajaran
1.Pengertiancerita rakyat (hikayat)
2.Ciri ceritarakyat (hikayat). 
3.Unsurintrinsikcerita masyarakat (tema,latar/setting, plot/alur, penokohan, amanat)
  1. Isi hikayat.

E.KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
Pendahuluan
1.Berdoa, mengkondisikan kesiapan siswa agar lebih aman buat mengikuti kegiatan pembelajaran, (menyelidiki kerapihan, kebersihan kelas, absensi, agenda aktivitas, menyiapkan media dan indera dan buku yg diharapkan).
2.Pembiasaan membaca dan menulis selama 10 menit
3.Guru menaruh motivasi, dan perilaku spiritual yaitu bersyukur karena bisa mendapatkan banyak sekali nikmat.
4.Guru membicarakan Topik yg akan dipelajari serta menyampaikan kompetensi yang akan di capai.
5.Guru menggunakan kitab teks menurut banyak sekali sumber ( yg telah disahkan kemendikbud )
20 menit
Inti
1.Guru membangun komunikasi menggunakan murid tentang hikayat.
2.Guru memberikan penjelasan tentang hikayat.
3.Guru mengajak anak didik membaca materi LKS Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013edisirevisi tentang hikayat selama 10 mnt.
4.Guru mengajak anak didik buat bersama-sama menyebutkan pengertian, karakteristik dan unsur intrinsik hikayat.
5.Guru mengajak murid membaca contoh cerita masyarakat (hikayat) Bandung Bondowoso.
6.Guru meminta satu murid buat menceritakan balik hikayat yang telah dibaca pada depan kelas.
7.Siswa menanggapi isi cerita pada hikayat Bandung Bondowoso.
8.Guru mengajak siswa mengidentifikasi cerita rakyat yang telah dibaca.
9.Guru mengarahkan anak didik buat menciptakan gerombolan dengan anggota lima orang, setiap orang dalam grup mempunyai nomor masing yaitu nomor 1-lima.
10.Guru menaruh guntingan judul dan bagian tengah hikayat “sasakala marongge” pada setiap grup.
11.Siswa,mewakil gerombolan , memberikan pendapatnya secara bersungguh-sungguh berdasarpengetahuan awalnya.
12.Guru menyempurnakan jawaban murid.
13.Siswa dtugasi membaca teks hikayat kemudian mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat.
14.Siswa mengomunikasikan unsur-unsur intrinsik hikayat secara bergantian.
60 menit
Penutup
1.Guru dan anak didik menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
2.Guru menaruh refleksi.
3.Guru mengungkapkan tema pembelajaran yang akan tiba.
4.Guru mengucapkan salam.
10Menit

F.Metode Pembelajaran danPendekatan Pembelajaran
Metode: Diskusi
Kepala bernomor struktur
Pendekatan: Saintifik





G.Media,Alat, serta Sumber Pembelajaran
Media: Ceritarakyat (hikayat) dari LKS serta Cerita Sasakala marongge
Alat: Spidol
Sumberpembelajaran: 1. LKS Bahasa Indonesia kelas X Semester 1
2.tatang Atep, Suwondo Dodo, dkk. 2013. Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku untukkelas X Sekolah Menengah Atas dan MA acara Wajib. PT. Tiga Seragkai Pustaka Mandiri-Global.solo.
3.kementrianPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesa. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri serta AkademikKurikulum2013 edisi revisi 2014.
4.sulistyowati Trisni, Krisdayato Anang. 2013. Bahasa Indonesia KebanggaanBangsaku buat Kelas X SMA serta MA Program Wajib. PT. Tiga Seragkai PustakaMandiri-Platinum.solo.
5.dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. 2009.Toponimi Jawa Barat BerdasarkanCerita Rakyat. Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.bandung.
H.Penilaian
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Tes Tulis
Tes menulis laporan hasil diskusi mengenai cerita rakyat (hikayat)
Tes Praktik
1.Mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat
2.Menceritakan pulang hikayat yang sudah dibaca.





Lampiran1
Bahanajar
Cerita Rakyat(Hikayat)
Cerita masyarakat (hikayat) merupakan cerita yg timbul dan tersebar di suatu daerahtertentu secara turun temurun. Biasanya cerita rakyat bercerita tentag sesuatuyang herbi keadaan alam pada suatu tempat wilayah, atau berhubungandengan nama-nama loka pada suatu wilayah. Misalnya insiden suatu danau,terbentuknya suatu gunung, cerita tentang dari peristiwa suatu daerah, danlain-lain.
Cerita warga suatu daerah bersifatanonim (nir diketahui siapa pengarangnya), karena cerita tersebt disampaikansecara mulut berdasarkan ekspresi ke lisan. Oleh sebab itu, satu versi cerita akan sangatberagam dalam penyampaiannya.
unsur-unsur cerita masyarakat terdiri atas unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik
A.UnsurIntrinsik
Unsurintrinsic terdiri atas tema cerita, latar cerita (setting), alur/plot, tokoh danpenokohan (karakter), dan amanat.
1.Tema
Pokokpembicaraan yg mendasari cerita.
2.Latar/setting
Adalahtempat, saat, susasana yang terdapat pada cerita. Sebuah cerita wajib jelasdimana berlangsungnya, kapan terjadi serta suasana serta keadaan ketika ceritaberlangsung.
3.Plot/alur
Yaiturangkaian insiden yang sambung-menyambung pada sebuah cereita berdasarkanlogika sebba-akibat. Alur meliputi beberapa tahap termin, yaitu:
a.Pengantar
Bagiancerita berupa lukisan, ketika, tempat, atau insiden yg adalah awal cerita.
b.Penampilanmasalah
Bagianyang menceritakan perkara yg dihadapi pelaku cerita.
c.Puncakketegangan/klimaks
Masalahdalam cerita telah sangat gawat, pertarungan sudah memuncak.
d.Keteganganmenurun/antiklimaks
Masalahtelah berangsur bisa diatasi serta kekhawatiran mulai hilang.
e.Penyelesaian/resolusi
Masalahtelah bisa diatasi atau diselesaikan.
4.Penokohan(perwatakan)
Yaitupemberian watak dalam tokoh cerita, penokohan dibagi menjadi tiga yaitu:
a.Protagonist
Merupakantokoh yang mendukung wangsit serta menjadi pusat cerita.
b.Antagonis
Merupakantokoh yg menentang pandangan baru atau menentang tokoh protagonist.
c.Tritagonis
Adalahtokoh pembantu yag berperan menjadi penengah. Menggambarkan tabiat atau karakterseorang tokoh dapat dipandang dari tigasegi, melipui:
1)Dialogtokoh
2)Penjelasantokoh
3)Penggambaranfisik tokoh
5.Amanat
Yaituajaran yg terdapat dalam cerita yg bisa dijadikan sebagai contoh.
B.UnsurEkstrinsik
Unsurini berada diluarkarya sastra itusendiri, misalnya nilai-nilai yg terkandung pada cerita warga tersebut.nilai merupakan hal-hal atau sifat-sifat yg penting dan berguna dan digunakandalam kehidupan bermasyarakat diantaranya menjadi berikut:
1)Nilaikeagamaan
2)Nilaibudaya atau kultur
3)Nilaietika atau moral
4)Nilaisosial nilai pendidikan serta edukasi.




Ciri-ciricerita masyarakat merupakan menjadi berikut:
a.Bersifatlisan
b.bersifatanonim (tidak diketahui siapa pengarangnya)
c.bersifatkomunal (milik bersama)
d.bentukdan isinya bersifat statis
e.mencerminkanaturan-anggaran hidup
f.istanasentris.

Lampiran 2
Latihan
A.Soal
1.Bacalahhikayat “sasakalamarongge” berikut!
2.Bersamakelompokmu identifikasilah unsur intrinsic dalam hikayat tadi!
3.Kemudian,jawablah beberapa pertanyaan berikut:
Pertanyaan:
a.Jelaskan garis akbar/isi cerita pendektersebut!
b.Jelaskanciri bahasa yang spesial yang kamu temukan pada cerpen tersebut














C.KunciJawaban
Unsurintrinsik:
1)Tema: asal mula “sasakala marongge”
2)Plot/alur:
-Pengantar : hiduplahempat orang putri yg cantik jelitaserta memiliki kesaktian tinggi disuatukampong bernama Babakan.
-Penampilan kasus :keesokan harinya berangkatlah rombongan dari kerajaan Subang menuju kampongBabakan rombongan tersebut dipimpin langusng oleh ki Patih KerajaanSubangkala.sementara rombongan sedang pada bepergian, di Babakan Embah Gabugsedang bersemedi. Didalam semedinya iya bersemedi, beliau diberiahu sang HyangWidi, Bahwa aka nada rombongan yang sedag pada bepergian dengan maksud dursila.
-Puncak keteganganklimaks : “kanjeng Raja, kukuk iniakan kulemparkan agar terbawa arus ke hilir. Kembalikanlah kukuk itu kehadapanku”
-Keteganganmneurun/ntiklimaks : berangkatlah mereka bertiga berkelana. Hingga dalam suatumalam, mereka bertiga sampai dalam sebuah bukit yg bernama Gunung Hade.
-Penyelesaian/solusi-semenjakitulah, tempat tadi dikenal sang warga setempat dengan nama Marongge.
3)Penokohan: - protagonist (Embah Gabug), berlawanan (Raja Subang), Tritagonis (tigasaudara EmbahGabug).
4)–garis akbar cerita : berasal mula nama kampong Marongge.Terdapat empat puteri yg cantik jelita yang memeiliki kesaktian sehinggabanyak para raja yg ingin melamar mereka namun ara putri memberikanpersyaratan pada para raja yg melmar sebagai akibatnya para raja nir berhasilmemnuhi persyaratan dan akhirnya para putri tidak menkah sampai akhir hayatnyadan putri pertamayang bernama EmbahGabugmasuk pada lubang yang dututpidedaunan bambu yg akhirnya menghilang serta muncllah cahaya marong berdasarkan lubang tersebut, darisitulah diambil nama Marongge.
-Bahasayang spesial : kukuk, merong
PanduanPenskoran
a.Kognitif


No

Deskripsi
Aspek yg Dinilai
Jumlah
Skor
Unsur Intrinsik

Isi dan ciri

Kebahasaan
Tema
Setting
Alur
Penokohan
Amanat
1
Jika murid menjawab paripurna/tepat
10
10
10
20
10
20
20

2
Jika murid menjawab kurang sempurna/kurang tepat
5
5
5
15
5
15
15

3
Jika anak didik menjawab tidak tepat
2
2
2
10
2
10
10

4
Jika siswa tidak menjawab
0
0
0
0
0
0
0

Keterangan: nilai tertinggi merupakan 100
b.Psikomotor

No

Deskripsi
Aspek yg Dinilai
Jumlah
skor
Kesesuaian cerita
Intonasi
Gaya bahasa
1
Jika siswa menceritakan balik hikayatdengan paripurna.
40
30
30
100
2
Jika siswa menceritakan balik hikayatkurang paripurna.
25
15
15
55
3
Jika murid menceritakan balik hikayatdengan tidak sinkron atau tidak sempurna.
10
5
5
20
4
Jika anak didik tidak tampil atau tidak menceritakan pulang hikayat yg dibaca.
0
0
0
0

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel