ALASAN MENGAPA KURIKULUM MENGALAMI PERUBAHAN


A). Menurut  (Sukmadinata:2002)landasan perubahan kurikulum meliputi empat aspek yaitu:

1)  Landasan Filosofis
Filsafatpendidikan dapat memilih arah akan dibawa ke mana anak-anakmelaluipendidikan di sekolah.kurikulum dalam hakikatnya merupakan indera buat mencapaitujuan pendidikan,kurikulum dikembangkan denganfalsafah bangsa yg dianut.
1)LandasanPsikologis
Mengetahui tentang psikologi atau teori belajar yg berkembang merupakanbekal bagi para guru dalam tugas pokoknya yaitu membelajarkan anak.
2)LandasanSosiologis
Pendidikan adalah proses pengenalan melalui hubungan insane menujumanusia yang berbudaya.
4). Landasan ilmu pengetahuan dan teknologi
b). Lantaran perubahankehidupan sosial politik

Di Indonesia ditandai dengan adanya reformasi, diakui atau nir pendidikandigunakan sebagai alat politik rezim yg berkuasa, karenanya, para pengembangkurikulum harus:
Mempelajaridan memahami kebutuhan warga
Menganalisisbudaya masyarakat  loka sekolah berada
Menganalisiskekuatan dan potensi daerah
Menganalisissyarat serta tuntunan energi kerja
Menginterpretasikebutuhan individu pada kerangka kepentingan warga .
c). Alasan pengembangan kurikulum dalam “Suplemen Bahan Ajar, Sejarah Perkembangan Kurikulum”.

Sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan ansional telah mengalami perubahantelah mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975,  1984, 1994, 1999, 2004 2006 dan 2013,Perubahan tadi adalah konsekuensi logis menurut terjadinya perubahan systempolitik, social, budaya ekonomi serta iptek dalam rakyat berbangsa danbernegara. 
d). Alasan buat Pengembangan Kurikulum Menurut Paparan Wamendikbud

    1) Tantangan Masa Depan
·Globalisasi:WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA
·Masalahlingkungan hidup
·Kemajuanteknologi informasi
·Konvergensiilmu dan teknologi
·Ekonomiberbasis pengetahuan
·Kebangkitanindustri kreatif dan budaya
·Pergeserankekuatan ekonomi dunia
·Pengaruh danimbas teknosains
·Mutu,investasi serta transformasi dalam sektor pendidikan
·Materi TIMSSdan PISA
2). Kompetensi Masa Depan
·Kemampuanberkomunikasi
·Kemampuanberpikir jernih dan kritis
·Kemampuanmempertimbangkan segi moral suatu permasalahan
·Kemampuanmenjadi warga negara yg bertanggungjawab
·Kemampuanmencoba buat mengerti serta toleran terhadap pandangan yg berbeda
·Kemampuanhidup dalam rakyat yang mengglobal
·Memilikiminat luas pada kehidupan
·Memilikikesiapan buat bekerja
·Memilikikecerdasan sinkron menggunakan talenta/minatnya
·Memilikirasa tanggungjawab terhadap lingkungan.
3). Fenomena Negatif yg Mengemuka
PersepsiMasyarakat

·Terlalumenitikberatkan dalam aspek kognitif
·Beban siswaterlalu berat
·Kurangbermuatan karakter
Fenomena Negatif yg Mengemuka

·Perkelahianpelajar
·Narkoba
·Korupsi
·Plagiarisme
·Kecurangandalam Ujian (Contek, Kerpek..)
·Gejolak warga (social unrest)
PerkembanganPengetahuan dan Pedagogi

·Neurologi
·Psikologi
·Observation based [discovery] learning dan Collaborative


e). Alasan PerubahanKurikulum berdasarkan Prinsip-prinsip Pengkur (axioms)

Menurut Oliva:

·Perubahankurikulum merupakan sesuatu keharusan.
·Kurikulummerupakan produk menurut masa yg bersangkutan.
·Perubahankurikulum masa kemudian seringkali masih ada secara bersamaan bahkan tumpang tindihdengan perubahan kurikulum yg terjadi masa kini .
·Perubahankurikulum akan terjadi serta berhasil bila ada perubahan dalam orang-orang ataumasyarakat.
·Pengembangankurikulum merupakan aktivitas kerjasama gerombolan .
f). Alasan PerubahanKurikulum menurut Aspek Yuridis

RPJMN 2010-2014 SEKTOR PENDIDIKAN
·Perubahanmetodologi pembelajaran.
·Penataankurikulum INPRES NOMOR 1 TAHUN 2010.
·PercepatanPelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional: Penyempurnaan kurikulum dan metode pembelajaranaktif menurut nilai-Nilai Budaya bangsa Untuk Membentuk Daya Saing KarakterBangsa.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel