RPP BAHASA INDONESIA IKHTISARSMA KELAS X SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2019BAGIAN 2


RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN


Sekolah: SMAN .....
Kelas/Semesester:X/Ganjil
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Tema: Ikhtisar
AlokasiWaktu: (2x45menit)
Jumlah Pertemuan: 1x pertemuan

A.KompetensiInti

3.Memahami, menerapkan, menganalisis danmengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, serta metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunyatentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, serta humaniora menggunakan wawasankemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab fenomena dan peristiwa, serta menerapkan pengetahuanprosedural dalam bidang kajian yg khusus sesuai menggunakan bakat serta minatnyauntuk memecahkan kasus.

4.Mengolah, menalar,menyaji, serta mencipta dalam ranah konkret serta ranah tak berbentuk terkait denganpengembangan menurut yg dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindaksecara efektif dan kreatif, dan sanggup memakai metoda sesuai kaidahkeilmuan.

B.Tujuan Pembelajaran

Setelahmengikuti aktivitas pada pelajaran ini dengan sungguh-sungguh, murid bisa:
1.Memahamipengertian ikhtisar;
2.Dapatmenyususn ikhtisar;
3.Merevisiikhtisar yg dibuat.



C.KompetensiDasar dan Indikator

No

Kompetensi Dasar

Indikator

1
3.9Menyebutkan buah-buah krusial menurut dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yg dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan scerita warga dan cerpen.

3.9.1Melaporkan isi kitab yang dibaca pada bentuk ikhtisar;
3.9.2Merevisi ikhtisar yg sudah dibuat.

2
4.9Menyusun ikhtisar menurut dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan berdasarkan satu novel yang dibaca.
4.7.1Mempresentasikan,mengomentari ikhtisar yg dilaporkan.



D.KegiatanPembelajaran

Kegiatan

Deskripsi

AlokasiWaktu

Pendahuluan
1.Berdoa, mengkondisikan kesiapan siswa supaya lebih aman buat mengikuti aktivitas pembelajaran, (mempelajari kerapihan, kebersihan kelas, absensi, rencana kegiatan, menyiapkan media dan indera dan buku yang diperlukan).
2.Pembiasaan membaca serta menulis selama 10 menit
3.Guru memberikan motivasi, dan perilaku spiritual yaitu bersyukur lantaran bisa menerima aneka macam nikmat.
4.Guru menyampaikan Topik yang akan dipelajari dan membicarakan kompetensi yang akan pada capai.
5.Guru memakai buku teks berdasarkan aneka macam sumber ( yang telah disahkan kemendikbud )
20 menit
Inti
1.Guru membangun komunikasi tentang materi ikhtisar.
2.Guru menjelaskan secara garis akbar pengertian serta model ikhtisar.
3.Guru mengajak siswa membaca materi Lomba Kompetensi Siswa Bahasa Indonesia kelas X kurikulum 2013 edisirevisi mengenai cerpen selama lima mnt.
4.Guru mengajak anak didik buat beserta-sama mengungkapkan pengertian ikhtisar dan langkah-langkah menyusun ikhtisar.
5.Guru mengajak anak didik untuk membaca buku paket Bahasa Indonesia serta Lomba Kompetensi Siswa, lalu mengingat balik nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen Bertengkar Berbisik dan Hikayat Bunga Kemuning serta menugasi siswa buat membuat ikhtisar berdasarkan buku yg dibaca.
6.Siswa mengomunikasikan ikhtisar yang telah dibuat pada depan kelas.
7.Guru dan anak didik menanggapi dan mengomentari siswa atas ikhtisar yang dibuat.
60 menit
Penutup
1.Guru serta siswa menyimpulkan materi yg sudah dipelajari.
2.Guru menaruh refleksi.
3.Guru membicarakan tema pembelajaran yg akan tiba.
4.Guru mengucapkan salam.
10Menit



E.Metode Pembelajaran danPendekatan Pembelajaran

Metode: Diskusi
Penugasan berkelompok.
Pendekatan: Saintifik

F.Media,Alat, dan Sumber Pembelajaran

Media:
Alat:
Sumberpembelajaran:
1.TatangAtep, Suwondo Dodo, dkk. 2013. BahasaIndonesiaku Bahasa Negeriku buat kelas X Sekolah Menengah Atas dan MA program Wajib. PT.tiga Seragkai Pustaka Mandiri-Global. Solo.
2.KementrianPendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesa. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan AkademikKurikulum2013 edisi revisi 2014.
3.SulistyowatiTrisni, Krisdayato Anang. 2013. BahasaIndonesia Kebanggaan Bangsaku buat Kelas X Sekolah Menengah Atas dan MA Program Wajib. PT.tiga Seragkai Pustaka Mandiri-Platinum.solo.
4.Sulistyowati.2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. CV. Buana Raya. Jakarta.
G.Penilaian

Teknik dan Bentuk Instrumen

Teknik
Bentuk Instrumen
Tes Tulis
Meyusun ikhtisar dari buku yang dibaca
Tes Praktik
Mengomunikasikan ikhtisar yg sudah disusun.
Mengomentari ikhtisar yang telah susun.





Lampiran 01 Bahan Ajar

A.ringkasanDan Ikhtisar
Ringkasan adalah penyajian dalambentuk singkat menurut sebuah karangan. Ikhtisar adalah bentuk singkat berdasarkan seuahkarangan atau karya namun tetap memoertahankan urutan isi serta sudut pandangpengarang orisinil. Hal yg dapat ditangkap dari pengertian di atas merupakan bahwaringkasan serta ikhtisar kentara tidak selaras. Tujuan dari di buatnya kompendium salahsatu nya adalah buat membuatkan ekspresi dan penghematan istilah. Selain ituringkasan sangat berguna bagi sebagian orang yg membutuhkannya karenadapat tahu isi atau pokok dari suatu kitab dengan bacaan yg singkat.ringkasan juga merupakan media keterampilan bagi penulis. Penulis yg inginmembuat kompendium dari sebuah buku harus lah terlebih dahulu membaca denganseksama kitab tersebut supaya kompendium yang akan di sajikannya sinkron dengan apayang ada dalam buku serta tentu dalam bentuk singkat dan bahasa yg sederhananamun berkesan cermat. Berikut hal-hal yang sebagai pegangan buat membuatringkasan menjadi berikut:
1.membaca naskah orisinil: penulisan ringkasan wajib membaca naskah asliseluruhnya beberapa kali buat mengetahui kesan umum dan maksud pengarang,serta sudut pandangnya.
2.mencatat gagasan primer: semua gagasan yang dianggap krusial dapatdigaris bawahi.
3.membuat reproduksi: susun balik suatu karangan singkat berdasarkangagasan-gagasan primer sebagaimana yg pada catat pada langkah ke 2.
4.ketentuan tambahan: maksudnya yaitu masukkan dalam karangan apabiladalam tiga langkah di atas masih mempunyai kekurangan.








Lampiran02
Latihan

1.BacalahBahasa Indonesia dan LKS, kemudian ingatlahkembali nilai-nilai dan kebahasaan ceritarakyat serta cerpen Bertengkar Berbisik dan HikayatBunga Kemuning!
2.Buatlah ikhtisar berdasarkan kitab , cerita rakyat serta cerpen yang telah dibaca.

























PanduanPenskoran
a.Kognitif



No



Deskripsi

Aspek yg dinilai

Jumlah skor
Kesesuaian isi
Keringkasan
Kaidah Kebahasaan
1
Jika murid membuatikhtsar menggunakan paripurna/tepat
40
30
30
100
2
Jika anak didik membuat ikhtsar kurang paripurna/kurang tepat
15
21
21
56
3
Jika anak didik menciptakan ikhtsar cerpen nir tepat
10
10
10
30
4
Jika siswa tidak membuat ikhtsar.
0
0
0
0
Keterangan: nilai tertinggi merupakan 100
b.Psikomotor

No

Deskripsi

Aspek yang Dinilai

Jumlah
Skor
intonasi
Kesesuain isi
gestur
1
Jika murid mengomunikasikan ikhtsar menggunakan sempurna.
30
40
30

2
Jika anak didik mengomunikasikan ikhtsar menggunakan kurang sempurna.
21
15
21

3
Jika murid mengomunikasikan ikhtsar dengan nir sesuai atau tidak sempurna.
10
10
10

4
Jika siswa tidak tampil atau tidak Jika siswa mengomunikasikan cerpen.
0
0
0

Keterangan: nilai tertinggi merupakan 100



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel