RPP BIPATHAILAND ARTIKEL LAYANAN MASYARAKAT PEMBELAJARAN 22


RENCANA PEMBELAJARAN (RP)

1


Tempat:Thailand
BidangStudy : Bahasa Indonesia
Tingkat:A2
Standar Kompetensi: Mampu memahami kalimat serta ungkapan yangsering dipakai yang berhubungan dengan ranah yg paling berkaitan langsungseperti kabar personal serta famili, belanja, geografi lokal, pekerjaan,berkomunikasi secara sederhana yg membutuhkan pertukaran warta langsungtentang perkara yg biasa dijumpai dan menyebutkan dalam kalimat sederhanahal yg berhubungan dengan latarbelakangnya serta hal yang siatnya mendesak.
Kompentensi Dasar: Mampu tahu kalimatdan ungkapan yg sering digunakan yang herbi ranah yang palingberkaitan pribadi misalnya warta personal serta keluarga, belanja, geografilokal, pekerjaan.
Indikator:

1.Menunjukan kalimat dan ungkapanyang tak jarang dipakai yang berhubungan yg paling berkaitan pribadi misalnya informasipersonal serta famili.
2.Menjelaskan kalimat danungkapan yg seringkali dipakai yang berafiliasi yg paling berkaitan langsungseperti fakta personal dan keluarga.
3.Menerapkan kalimat danungkapan yg acapkali digunakan yang berafiliasi yg paling berkaitan langsungseperti geografi l liputan personal serta famili okal.
4.Mematuhi kaidahkesantunan ketika menerapkan kalimat dan ungkapan yg seringkali digunakan yangberhubungan yg paling berkaitan pribadi misalnya berita personal dankeluarga.
5.Mematuhi kaidah EYDsaat menerapkan kalimat serta ungkapanyang seringkali digunakan yg berhubungan yg paling berkaitan pribadi seperti informasipersonal dan famili.
AlokasiWaktu:2X60 Menit

A.Tujuan Pemelajaran

1.Peserta didik bisa menunjukkankalimat serta ungkapan yang acapkali dipakai yang berhubungan yg palingberkaitan langsung seperti kabar personal serta keluarga.

2.Peserta didik dapat menjelaskankalimat dan ungkapan yang tak jarang dipakai yg bekerjasama yg palingberkaitan eksklusif misalnya informasi personal serta keluarga.

3.Peserta didik dapat menerapkan kalimat dan ungkapan yang seringdigunakan yg berafiliasi yg paling berkaitan eksklusif seperti informasipersonal serta famili.

4.Peserta didik bisa mematuhi kaidah kesantunan ketika menerapkankalimat serta ungkapan yg tak jarang digunakan yg bekerjasama yang palingberkaitan eksklusif seperti berita personal dan famili.

5.Peserta didik dapat mematuhi kaidah EYD serta rapikan bahasa ketika menerapkan kalimat dan ungkapanyang seringkali digunakan yang bekerjasama yang paling berkaitan langsung misalnya informasipersonal dan keluarga.


B.Materi Pembelajaran

Contoh-contohartikel layanan masyarakat, mengenaljenis-jenis artikel layanan warga . Memahami isi artikel layananmasyarakat, menulis kalimat fakta menurut artikel layanan rakyat denganmenggunakan verba turunanpreposisi: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.



C.Metode Pembelajaran

1.Ceramah
2.Tanyajawab
3.Diskusi
4.Penugasan

D.KegiatanPembelajaran

KegiatanAwal :

Apersepsi

1.Guru menyelidiki kesiapan peserta didik buat belajar.
2.Guru menyampaikankompetensi yg akan dicapai.
Guru serta siswa bertanya jawab mengenai pelajaran yang akandisampaikan tentang model-contohartikel layanan warga , mengenaljenis-jenis artikel layanan warga . Memahami isi artikel layananmasyarakat, menulis kalimat warta berdasarkan artikel layanan rakyat denganmenggunakan verba turunanpreposisi: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.


KegiatanInti :

Apersepsi

3.Guru menyelidiki kesiapan peserta didik buat belajar.
4.Guru menyampaikankompetensi yg akan dicapai.
Guru serta siswa bertanya jawab mengenai pelajaran yang akandisampaikan tentang model-contohartikel layanan warga , mengenaljenis-jenis artikel layanan warga . Memahami isi artikel layananmasyarakat, menulis kalimat warta berdasarkan artikel layanan rakyat denganmenggunakan verba turunanpreposisi: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.




5.Kegiatan Inti :

Peserta didik mendapat penerangan berdasarkan guru mengenai contoh-contohartikellayanan warga , mengenal jenis-jenis artikel layanan warga . Memahamiisi artikel layanan masyarakat, menulis kalimat warta dari artikel layananmasyarakat dengan memakai verbaturunan kata depan: pada, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.
1)Peserta didik menjelaskankalimat dan ungkapan yang tak jarang dipakai yg berafiliasi yg palingberkaitan pribadi sepertigeografilocal.
2)Peserta didik menerapkan kalimat serta ungkapan yg seringdigunakan yang bekerjasama yang paling berkaitan langsung seperti fakta geografilocal.
3)Peserta didikmematuhi kaidah kesantunan waktu menerapkan kalimat dan ungkapan yg seringdigunakan yg berafiliasi yg paling berkaitan pribadi sepertigeografi local.
4)Peserta didik mematuhikaidah EYD ketika kalimat dan ungkapan yg acapkali digunakan yg berhubunganyang paling berkaitan langsung seperti geografi lokal.
5)Pesertadidik serta guru sama-sama menyimpulkan materiatau tema hari ini.


Kegiatan Akhir :

1.pengajar bersama-sama siswa melakukan refleksiterhadap kegiatan yang telah dilaksanakan menggunakan cara menanyakan apa yg telahdipelajari dan kesulitan yg dihadapi siswa.
2.peserta dididk mendpatkan tugas buat pertemuan berikutnya

E.SumberBelajar

1.Alat/ media: Powerpoint mengenai materi.
2.Sumber:powerpoint

F.Penilaian

Teknik dan Instrumen Penilaian
1.Penilaian terhadapketepatan menunjukkancontoh-contohartikellayanan masyarakat, mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahamiisi artikel layanan warga , menulis kalimat warta berdasarkan artikel layananmasyarakat dengan menggunakan verbaturunan kata depan: pada, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.
2.Penilaian terhadapketepatan menjelaskancontoh-contohartikellayanan masyarakat, mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahamiisi artikel layanan warga , menulis kalimat warta berdasarkan artikel layananmasyarakat dengan menggunakan verbaturunan kata depan: pada, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.

3.Penilaian terhadapketepatanmenerapkan model-contohartikel layanan masyarakat, mengenaljenis-jenis artikel layanan rakyat. Memahami isi artikel layanan rakyat,menulis kalimat fakta menurut artikel layanan rakyat menggunakan menggunakan verba turunan preposisi: di, ke, menurut,dalam, serta kepada.
4.Penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca contoh-contohartikel layanan rakyat, mengenaljenis-jenis artikel layanan rakyat. Memahami isi artikel layananmasyarakat, menulis kalimat warta berdasarkan artikel layanan warga denganmenggunakan verba turunanpreposisi: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.
5.Penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah EYD waktu membacagambar-gambar yg berkaitan dengan contoh-contohartikel layanan masyarakat, mengenaljenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahami isi artikel layananmasyarakat, menulis kalimat kabar dari artikel layanan masyarakat denganmenggunakan verba turunanpreposisi: di, ke, berdasarkan, pada, serta kepada.

Kriteriapenilaian

(1)Kognitif
Indikator

Skor

Bobot

Penilaian terhadap ketepatan memperlihatkan contoh-contohartikel layanan warga , mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahami isi artikel layanan rakyat, menulis kalimat keterangan dari artikel layanan rakyat dengan memakai verba turunan kata depan: di, ke, menurut, dalam, serta pada.




1-dua-3


50
Penilaian terhadap ketepatan menjelaskan contoh-contohartikel layanan warga , mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahami isi artikel layanan rakyat, menulis kalimat keterangan dari artikel layanan rakyat dengan memakai verba turunan kata depan: di, ke, menurut, dalam, serta pada.



1-dua-3


50
Total Skor


100
Keterangan:
3=sempurna serta sahih, 2=sempurna, 1=tidak tepat
Pedoman penskoran= x 100%
(2)Psikomotor
LembarPengamatan Kegiatan Praktikum

Nama:

Kelas:

Judul Praktikum:

Berilah centangpada kolom skor

5.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan sangat tepat

4.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan tepat

3.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan agak tepat

2.apabila peserta didik melakukanaspek keterampilan menggunakan kurang tepat

1.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan tidak tepat

No

Aspek Keterampilan

Jawaban

5

4

3

2

1

1
A.Persiapan
§Mengumpulkan bahan informasi
§Membuat konsep





2
B.Selama Kegiatan
MenerapkanPenilaian terhadap ketepatan menjelaskan contoh-contohartikel layanan warga , mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahami isi artikel layanan rakyat, menulis kalimat keterangan dari artikel layanan rakyat dengan memakai verba turunan kata depan: di, ke, menurut, dalam, serta pada.
§Sikap





3
C.Kegiatan Akhir













(3)Afektif
No

Nama Peserta Didik

Aspek yang Dinilai



Mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca contoh-contohartikel layanan warga , mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahami isi artikel layanan rakyat, menulis kalimat keterangan dari artikel layanan rakyat dengan memakai verba turunan kata depan: di, ke, menurut, dalam, serta pada.


Mematuhi kaidah EYD dan tata bahasa waktu membaca contoh-contohartikel layanan warga , mengenal jenis-jenis artikel layanan masyarakat. Memahami isi artikel layanan rakyat, menulis kalimat keterangan dari artikel layanan rakyat dengan memakai verba turunan kata depan: di, ke, menurut, dalam, serta pada.




Ya

Tidak

Ya

Tidak

1






2






3









Mengetahui,
Pengajar

(Yunidah, S.pd)

Serang, 25 Mei 2016
Asisten

(………………………....)








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel