RPP BIPATHAILAND MATERI PERKENALAN PEMBELAJARAN 2


RENCANA PEMBELAJARAN (RP)

2


Tempat:Thailand
BidangStudy : Bahasa Indonesia
Tingkat:A2
Standar Kompetensi: Mampu memahami kalimat dan ungkapan yangsering digunakan yang berhubungan dengan ranah yang paling berkaitan langsungseperti keterangan personal serta keluarga, belanja, geografi lokal, pekerjaan,berkomunikasi secara sederhana yang membutuhkan pertukaran berita langsungtentang perkara yang biasa dijumpai dan mengungkapkan dalam kalimat sederhanahal yang berhubungan dengan latarbelakangnya serta hal yg siatnya mendesak.
Kompentensi Dasar: Mampu memahami kalimatdan ungkapan yg tak jarang dipakai yang herbi ranah yang palingberkaitan langsung seperti warta personal dan keluarga, belanja, geografilokal, pekerjaan.
Indikator:

1.Menunjukan kalimat dan ungkapanyang acapkali digunakan yang bekerjasama yg paling berkaitan eksklusif seperti informasipersonal serta keluarga.
2.Menjelaskan kalimat danungkapan yg seringkali digunakan yang berafiliasi yang paling berkaitan langsungseperti fakta personal serta famili.
3.Menerapkan kalimat danungkapan yang sering digunakan yg berhubungan yang paling berkaitan langsungseperti informasi personal serta keluarga.
4.Mematuhi kaidahkesantunan ketika menerapkan kalimat dan ungkapan yg acapkali digunakan yangberhubungan yang paling berkaitan langsung seperti liputan personal dankeluarga.
5.Mematuhi kaidah EYDsaat menerapkan kalimat dan ungkapanyang seringkali dipakai yg berafiliasi yang paling berkaitan eksklusif misalnya informasipersonal dan famili.
AlokasiWaktu:2X60 Menit

A.Tujuan Pemelajaran

1.Peserta didik dapat menunjukkankalimat dan ungkapan yg sering dipakai yg berhubungan yang palingberkaitan eksklusif seperti informasi personal dan famili.

2.Peserta didik bisa menjelaskankalimat serta ungkapan yang sering dipakai yang berhubungan yg palingberkaitan eksklusif misalnya liputan personal dan keluarga.

3.Peserta didik dapat menerapkan kalimat serta ungkapan yg seringdigunakan yg berafiliasi yg paling berkaitan eksklusif misalnya informasipersonal dan famili.

4.Peserta didik bisa mematuhi kaidah kesantunan ketika menerapkankalimat serta ungkapan yg sering digunakan yg bekerjasama yang palingberkaitan langsung misalnya informasi personal serta keluarga.

5.Peserta didik dapat mematuhi kaidah EYD serta tata bahasa waktu menerapkan kalimat serta ungkapanyang sering digunakan yg berhubungan yg paling berkaitan pribadi misalnya informasipersonal dan famili.


B.Materi Pembelajaran

Gambar-gambar perkenalan,menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan, mendeskripsikan caraberkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan menggunakan warta personal dankeluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S),Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).



C.Metode Pembelajaran

1.Ceramah
2.Tanyajawab
3.Diskusi
4.Penugasan



D.KegiatanPembelajaran

KegiatanAwal :

Apersepsi

1.Guru menilik kesiapan peserta didik untuk belajar.
2.Guru menyampaikankompetensi yg akan dicapai.
Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pelajaran yg akandisampaikan mengenai gambar-gambar ta’aruf,menceritakan ta’aruf, mengenal berbagai macam ta’aruf, mendeskripsikan caraberkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan berita personal dankeluarga, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat perkenalan, Kata Subjek (S),Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).


KegiatanInti :

Apersepsi

3.Guru menilik kesiapan peserta didik untuk belajar.
4.Guru menyampaikankompetensi yg akan dicapai.
Guru serta peserta didik bertanya jawab mengenai pelajaran yg akandisampaikan mengenai gambar-gambar ta’aruf,menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam ta’aruf, mendeskripsikan caraberkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan dengan informasi personal dankeluarga, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat perkenalan, Kata Subjek (S),Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).


Kegiatan Inti :

Peserta didik mendapat penerangan berdasarkan guru mengenai gambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenalberbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa katayang berkaitan dengan fakta personal serta famili, menulis kata berimbuhan,menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap(Pel), Keterangan (Ket).

Peserta didik menjelaskankalimat dan ungkapan yg acapkali dipakai yg bekerjasama yang palingberkaitan langsung sepertiinformasipersonal dan famili.
1)Peserta didik menerapkan kalimat serta ungkapan yang seringdigunakan yang berhubungan yang paling berkaitan eksklusif misalnya informasipersonal dan keluarga.
2)Peserta didikmematuhi kaidah kesantunan ketika menerapkan kalimat dan ungkapan yang seringdigunakan yang bekerjasama yang paling berkaitan eksklusif liputan personaldan famili.
3)Peserta didik mematuhikaidah EYD ketika kalimat serta ungkapan yg tak jarang dipakai yang berhubunganyang paling berkaitan eksklusif seperti keterangan personal dan keluarga.
4)Pesertadidik serta guru sama-sama menyimpulkan materiatau tema hari ini.


Kegiatan Akhir :

1.guru beserta-sama siswa melakukan refleksiterhadap kegiatan yg telah dilaksanakan dengan cara menanyakan apa yang telahdipelajari dan kesulitan yang dihadapi anak didik.
2.peserta dididk mendpatkan tugas buat rendezvous berikutnya

E.SumberBelajar

1.Alat/ media: Powerpoint mengenai materi.
2.Sumber:powerpoint


F.Penilaian

Teknikdan Instrumen Penilaian
1.Penilaian terhadapketepatan menunjukkangambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenalberbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa katayang berkaitan menggunakan keterangan personal dan famili, menulis kata berimbuhan,menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap(Pel), Keterangan (Ket).
2.Penilaian terhadapketepatan menjelaskangambar-gambar ta’aruf, menceritakan perkenaln, mengenalberbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa katayang berkaitan menggunakan keterangan personal dan famili, menulis kata berimbuhan,menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap(Pel), Keterangan (Ket).
3.Penilaian terhadapketepatanmenerapkan gambar-gambarperkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal banyak sekali macam ta’aruf,mendeskripsikan cara berkenalan, menulis kosa kata yg berkaitan denganinformasi personal dan keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimatperkenalan, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel),Keterangan (Ket).
4.Penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca gambar-gambarperkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal aneka macam macam perkenalan,menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa istilah yg berkaitan dengan informasipersonal dan keluarga, menulis kata berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf,Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).
5.Penilaian terhadapketepatan mematuhi kaidah EYD waktu membacagambar-gambar yg berkaitan menggunakan gambar-gambarperkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal aneka macam macam ta’aruf,mendeskripsikan cara berkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan denganinformasi personal serta keluarga, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimatperkenalan, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel),Keterangan (Ket).




6.Kriteria penilaian

(1)Kognitif
Indikator

Skor

Bobot

Penilaian terhadap ketepatan menampakan gambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan dengan keterangan personal serta famili, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).




1-dua-3


50
Penilaian terhadap ketepatan menjelaskan gambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan dengan keterangan personal serta famili, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).




1-dua-3


50
Total Skor


100
Keterangan:
3=tepat dan sahih, dua=tepat, 1=nir tepat
Pedoman penskoran= x 100%
(dua)Psikomotor
LembarPengamatan Kegiatan Praktikum

Nama:

Kelas:

Judul Praktikum:

Berilah centangpada kolom skor

5.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan dengan sangat sempurna

4.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan tepat

3.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan relatif tepat

2.apabila peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan kurang tepat

1.jika peserta didikmelakukan aspek keterampilan menggunakan nir tepat

No

Aspek Keterampilan

Jawaban

5

4

3

2

1

1
A.Persiapan
§Mengumpulkan bahan informasi
§Membuat konsep





2
B.Selama Kegiatan
MenerapkanPenilaian terhadap ketepatan mengungkapkan gambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan dengan keterangan personal serta famili, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).

§Sikap





3
C.Kegiatan Akhir






(3)Afektif
No

Nama Peserta Didik

Aspek yg Dinilai



Mematuhi kaidah kesantunan ketika membaca gambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan dengan keterangan personal serta famili, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).




Mematuhi kaidah EYD dan rapikan bahasa ketika membaca gambar-gambar perkenalan, menceritakan perkenaln, mengenal berbagai macam perkenalan, menggambarkan cara berkenalan, menulis kosa kata yang berkaitan dengan keterangan personal serta famili, menulis istilah berimbuhan, menulis kalimat ta’aruf, Kata Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Pelengkap (Pel), Keterangan (Ket).





Ya

Tidak

Ya

Tidak

1






2






3








Mengetahui,
Pengajar

(Yunidah, S.pd)

   Serang, 11 Maret 2015
Asisten

( .........................)








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel