METODE DALAM BERBICARA BAGIAN 3


Sebelumnya telah diposting tentang metode berbicara pada blog ini , tentu lebih baik bila kita memiliki refrensi lebih banyakagar kita dapat memilah-menentukan metode mana yg lebih sempurna bagi kita sebagaipembicara serta berikut metode dalam berbicara :
a)MetodeTeks
Metode ini merupakan metode berbicaradengan membaca teks yg telah dipersiapkan sebelumnya. Kita bicara apa yangkita tulis dikertas yang telah disiapkan .metodeini umumnya digunakan di program resmi. Metodeini baik digunakan buat menghindari salah ucap atau mengontrol pembicaraanagar nir out of topic [keluar dari topik]. Untuk yang belum terbiasaberbicara didepan umum alangkah baiknya apabila [sering-sering] melatih gayabicara.
b)MetodeHafalan/Memoriter
Sama misalnya metode teks, kita berbicara apa yg kita tulis di kertasyang sudah disiapkan sebelumnya, hanya cara penyampaian pidato / isipembicaraan bukan menggunakan cara membaca melainkan dengan menghafal apaa yangsudah ditulis ,lalu disampaikan secara langsung kepada pendengar.
c)MetodePoint
Metode ini sebenarnya pengembangan berdasarkan metode teks , hanya nir kataperkata yg harus ditulis ,namun relatif point-point atau pada dasarnya saja.
d)MetodeSerta Merta
Metode ini merupakan metode berbicara secara impulsif atau dan merta ,yaitu berbicara didepan umum tanpa saat persiapan sebelumnya.


Sumber:Hety Nur Khasanah.2013.Metode Berbicara.//hety-blog.blogspot.com.11 Maret 2014:17:51wib.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel