NYANYIAN RAKYAT DAERAH SERANG INI HAMPIR DILUPAKAN KAMU KELAHIRAN TAHUN 90AN PASTI PERNAH NYANYI LAGU INI


Nyanyian rakyat adalah bagiankarya sastra tradisi verbal yang diwariskan secara trun temurun tanpa naskahmelainkan hanya lewat lisan. Nyanyian masyarakat umumnya terdapat yg bersifatmenghibur dan jenaka serta terdapat juga yg bersifat petuah . Di Indonesia nyanyianrakyat sangat banyak didapati pada seluruh daerah yang berbeda-beda menggunakan bahasadaerah masing-masing. Akan tetapi, akhir-akhir ini generasi yang disebutgenerasi zaman now tidak pernah menyanyikan juga mendengar nyanyian-nyanyianini karena itu nyanyian-nyanyian masyarakat ini hampir punah menurut ekspresi masyarakat.hal ini terjadi karena pergeseran budaya dan perkembangan teknologi yangmelesat pesat merambah semua aspek kehidupan.

Berkaitan dengan hal tadi,penulis ingin mendokumentasikan nyanyian-nyayian rakyat ini agar dapatdiketahui oleh warga luas khususnya para generasi zaman now supaya bisamenikmati indahnya karya nenek moyang ini. Beriut ini penulis hidangkan beberapanyanyian warga yg populer dalam warga yg lahir tahun 70-90-an.

1.ANGKUK-ANGKUKDERUK

Anak zaman dulu biasamenyanyikan nyainyian ini sambil meletakan kakinya diatas kaki bunda, bapak,nenek, atau kakek mereka yangs edang duduk di menggunakan kaki menjuntai kebawahsambil diayun-ayunkan kedepan serta belakang lalu menyanyikan lagu ini.

Angkuk-angkuk deruk

si nini kebelusuk


2.GELANG

Nyanyian berjudul gelang ini umumnya dinyanyikan anak-anak ketia sedang bercandadengan teman-sahabat sebaya ketika bermain. Lirik lagunya seidkit jorok memangtapi tidak mampu dipungkiri ini adalah bagian dari warian nenek moyang yg harusdidokumentasikan walaupun hingga ketika ini nyanyian gelang ini belum diketahui siapa penciptanya.


Gelang sepatu gelang

Bapak ilang kegencetlawang

Lawang besi bapaklangingisi

Ngisi u*bel

Bapak lagi nyambel

Nyambel pete

Bapak lagi nyate

Nyate wedus

Bapak lagi adus

Adus ning kali

Bapak lagi nyekelp**i


3.KUNTULBELEKOK

Nyanyianberjudul kuntul belekok ini biasadinyanyikan anak-anak zaman dulu ketka mereka tengah bermain di sawah. Justinformation kuntul merupakan jenis burung bangau yang senang memangsa kodok disawah-sawah.

Kuntul belekok

Sawah kidul mambukodok


4.KECILANG-KECILENG

Kalau si Dora the explorer punya lagupengusir hujan, maka masyarkaat Binuang Serang serta sekitarnya jua memilikinyanyian pengusir hujan berjudul kecilang-kecileng.Tidak diketahui apsti tujuan dari nyanyian ini apabila dipandang dari liriknyanynyian ini bermaksud mengusir hujan. Apakah kamu pernah menyanyikannya?Liriknya lucu bukan.

Aja udan-aja udan

Wong edan lagi dandan

Dandane ning sorgaleng

Kecilang kecileng

Panas sing kenceng


6.TOPINEMIRING

Nyanyian satu ini berjudulTopine Miring. Nyanyian ini berupa insinuasi pada pria karena nir bisamemberikan belanja yang cukup pada istrinya.

Mang, mang topinemiring

Miringgah olih sengaja

Mang, mang rabinemuring

Muringgah kurang belanja


7.SERANTANG-SERINTING

Nyanyianserantang-serinting umumnya dinyanyikansambil memainkan permainan tradisional yg dilakukan beberapa orang.

Serantangserinting

Mboknyolong gunting

GuntingeBibi laos

Sedakeptangan sios


Demikiannyanyian-nyanyian warga yg hampir punah sang zaman yang berhasil metadokumentasikan. Jika teman-teman mengetahui nyanyian rakyat lainnya silahkanberbagi dengan meta melalui kolom komentar. Terimakasih.....sampai jumpa dipostingan berikutnyaJ

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel