BERASAL DARIMANAKAH KATA MANTAN


Berasal Darimanakah Kata MANTAN?

            Belakangan ini saat kita mendengar istilah “mantan” selalu diidentikan dengan seseorang yg pernah singgah pada hati dengankata lain kata “mantan” yang seringmuncul merupakan ‘mantan pacar’ atau ‘mantan kekasih’.  Mantanpacar juga mantan kekasih adalahorang yg dulu pernah menjadi pacar dan sebagai kekasih tapi selesainya hubunganberakhir maka akan sebagai sebutan mantanuntuk orang tadi baik orang pertama pada orang kedua maupun orang keduapada orang pertama. Lalu apa sebenarnya makna istilah mantan serta asal darimana kata mantan?

            Mengutippernyataan Basari Suan dalam Sugono (2011:8-9) istilah mantan diusulkan sebagaiipengganti istilah bekas  (‘eks’) yang dipercaya kurang pantas danbernilai rasa rendah. Kata itu terdapat dalam bahasa Basemah, Komering, danRejang yag bermakna ‘tidak berfungsi lagi’. Kata bekas  pada bahasa Indonesiapada bangun frasa bisa menjadi intinya (yg diterangkan), seperti pada frasa bekas menteri. Kata bekas jugadapat menerangkan atau dpaat berfungsi sebagai atribut pada suatu istilah lain,misalnya mobil bekas,  serta baju bekas.lantaran istilah mantan itu menggantikankata bekas yag berfungs sebagai intifrasa, maka letaknya sesuai menggunakan aturan DM, di awal frasa; mantan menteri,mantan presiden, mantan pegawai, dan sebagainya.
loading...

            Perludipahami bahwa penggantian itu dimaksudkan buat menghilangkan konotasi yangburuk serta buat menghormati orang yang diacu.oleh sebab itu, pemakiannya punberkenaan dengan orang yg pernah memangku jabtaan dengan baik atau yangpernah mempunyai profesi ang diluhurkan. Kata bekas tetap digunakan mislanya, untuk menyebut bekas penjahat ulung, bekas tiran, bekas kuda balap, bekas mobilpresiden, pakaian bekas, serta barang bekas.

            Jadi,sekarang telah bisa dipahami dari darimanakah istilah mantan dan kapan kitadapat memakai mantan dan kapan memakai istilah bekas.  Dengan perkata lain apabila anda memiliki mantankekasih akan tetapi susah move on anda wajib segera move on karena mantan merupakan suatuhal yg sudah  bernilai rendah serta tidakterpakai lagi hee....thanks for read.



sumber gambar: //www.masisibal.com/2016/02/cara-gue-menghindari-gangguan-mantan.html
sumber gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel