CONTOH NARAKARYA PRAMUKA


1.JUDUL





NarakaryaII

KursusMahir Lanjutan Pramuka Penegak

PangkalanSMAN 1 Carenang

“Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana”

 










2.KATAPENGANTAR

Puji syukur marilah kita panjatkankehadirat Tuhan Yang Maha Esa lantaran dengan rahmat, karunia, serta taufik danhidayah-Nya lah aku bisa menuntaskan Narakarya II ini, meskipun sangatdisadari bahwa masih banyak kekurangan didalamnya baik dari segi penulisan ataupun hal lainnya.
Berkaitan menggunakan hal tersebut sayaberharap adanya kritik, saran dan usulan demiperbaikan pada masa yang akan datang. Semoga Narakarya IIsederhana ini bisa diterima. Sekiranyalaporan yang telah disusun ini bisa berguna bagi diri sendiri juga orangyang membacanya. Sebelumnya penulis mohon maaf bila terdapat kesalahan baikkesalahan penulisan maupun bahasa yg digunakan ataupun kesalan peryataandidalamnya.





Carenang, 06Mei 2016


Penulis


BAB 3

PENDAHULUAN


3.1.Tentang Gerakan Pramuka

Pramuka merupakan masyarakat negaraIndonesia yang aktif pada pendidikan kepramukaan dan mengamalkan SatyaPramuka serta Dharma Pramuka (kode kehormatan pramuka). Satya Pramuka berbunyi:“Demikehormatanku,akuberjanjiakanbersungguh-sungguhmenjalankan kewajibanku terhadap TuhanYang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,mengamalkanPancasila,menolongsesama hidup, ikutserta membangun masyarakat, serta menepati Darma Pramuka”. Butir-buah DarmaPramuka menyebutkan, Pramuka itu: 1) takwa kepadaTuhan Yang MahaEsa;dua) cinta alam dan afeksi sesama manusia; 3) patriot yang sopan dankesatria; 4) patuh dan senang bermusyawarah; 5) rela menolong dan tabah; 6)rajin, terampil, serta gembira; 7) ekonomis, cermat, dan bersahaja; 8) disiplin,berani, dan setia; 9) bertanggung jawab serta dapat dipercaya; dan 10) suci dalampikiran, perkataan, serta perbuatan. Kemudian menurut Undang-UndangNomor 12 Tahun 2010 mengenai Gerakan Pramuka yg menegaskan bahwa GerakanPramuka merupakan organisasi yg menyelenggarakan pendidikan nonformal, melaluiPendidikan Kepramukaan sebagai bagian pendidikan nasional dilandasi SistemAmong menggunakan Prinsip Dasar serta Metode Kepramukaan. Serta dengan berasaskanPancasila Gerakan Pramuka menyelenggarakanpendidikan bagi kaum belia menjadi kaderisasi kepemimpinan masa depanmasyarakat, bangsa dan negara.
Pendidikan Kepramukaan adalahimplementasi berdasarkan gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal sertabersifat suka rela yang dapat diikuti sang siappaun. Pendidikan Kepramukaanadalah proses pembentukan kepribadian,kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan danpengamalan nilai-nilai Pramuka. Pendidikan kepramukaan dimaksudkan untukmeningkatkan kemampuan spiritual serta intelektual, keterampilan, serta ketahanandiri yg dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan produktif. Metodebelajar interaktif dan produktif tadi diwujudkan melalui interaksi pengamalan: 1) kodekehormatan Pramuka; dua) kegiatan belajar sambil melakukan; tiga) aktivitas yangberkelompok,berafiliasi,danberkompetisi; 4) aktivitas yang menantang; lima) kegiatan pada alam terbuka; 6)kehadiran orang dewasa yg memberikandorongan serta dukungan; 7) penghargaan berupa indikasi kecakapan; serta 8) satuanterpisah antara putra dan putri. Penilaian atas output pendidikan kepramukaandidasarkan pada pencapaian persyaratan kecakapan generik serta kecakapan khusus dan pencapaian nilai-nilaikepramukaan.
Pramukadan pendidikan kepramukaan dapat dilaksanakan dalam gugus depan pada hal inilembaga atau instansi pendidikan, kemudian pendidikan kepramukaan pula dapatdilaksanakan dalam wilayah territorial atau disebut gugus territorial dengankata lain gugus ini terbentuk sang kecenderungan tujuan serta minat akan praukamelihat berdasarkan territorial anggota. Pramuka serta pendidikan kepramukaan adalahsatu hal yg tak terpisahkan lantaran pada pramuka karakter siswa akanterebntuk menggunakan pengamalan tri satya serta dasa dharma.
Seperti yang tertera dalam keputusan kwartir nasional gerakan pramuka angka 179tahun 2010 tentang petunjuk penyelenggaraan organisasi serta tatakerja pusatpendidikan dan pembinaan gerakan pramuka taraf cabang, menyatakan bahwa:

“Gerakan pramukamempunyai tugas utama menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum mudasebagai tunas bangsa supaya sebagai generasi yang lebih baik, bertanggungjawab,sanggup membina serta mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yg lebih baik.gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal, melengkapi pendidikankeluarga serta pendidikan sekolah, memerlukan sentra pendidikan serta pelatihanyang mampu mencetak pembina pramuka dan instruktur pembina pramuka yg handal”.

Secara tidak langsung gerakan pramukaikut andil dalam pembentukan karakter bangsa melalui system pendidikan yangdilakukan dalam gerakan pramuka yg merujuk dalam tri satya serta dasa dharma.

3.1.1.pengertian, Fungsi dan Alat

3.1.1.1. PengertianGerakan Pramuka

Pramukamerupakan organisasi kepemudaan menggunakan katalain pramuka adalah organisasi untuk pemuda yg mendidik para anggotanya dlberbagai keterampilan, disiplin, agama pada diri sendiri, salingmenolong, serta sebagainya anggota organisasi pramuka, pramuka dianggap jugadengan kata pandu.
Gerakan Pramukaadalah organisasi yang dibuat oleh pramuka buat menyelenggarakanpendidikankepramukaan. Gerakan Pramuka merupakanorganisasi kepanduan yang bersifat sosial yang bertujuan buat Membentuk Generasi Penerus Bangsayangberkarakter dan bisa menjadi teladan, kader pimpinan bangsa yg ulet , berwibawa,serta bertanggung jawab.

3.1.1.2 Fungsi GerakanPramuka

Sebagai lembaga pendidikan non formaldiluar sekolah serta lingkungan keluarga, Gerakan pramuka berfungsi sebagai wadahuntuk mencapai tujuan pramuka melalui:
a).pendidikan serta pelatihan pramuka;
b).pengembangan pramuka;
c).darma rakyat serta orang tua; dan
d).permainan yang berorientasi pada pendidikan.

3.1.1.tiga Alat

Gerakan Pramuka Sebagai alat bagimasyarakat dan organisasi buat mencapai tujuan.

3.1.dua.Tujuan serta tugas pokok

Gerakan pramuka bertujuan buat membentuk setiappramuka supaya memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia,berjiwa patriotik, taat aturan, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhurbangsa, serta memiliki kecakapan hayati sebagai kader bangsa pada menjaga danmembangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, sertamelestarikan lingkungan hayati.
3.1.3. PembinaanPeserta didik

3.1.3.1 Sasaran

Pembinaan pramuka penegak diarahkan kepadapeningkatan kualitas yang
mampu:
a.melaksanakan kewajiban agamanya secara teratur.
b.menyampaikan rasa syukur dengan menaikkan keimanan serta ketaqwaannya
terhadapTuhan Yang Maha Esa.
c.menghormati kepercayaan serta kepercayaan orang lain.
d.menjalin komunikasi yg baik di antara keluarga dan warga pada sekitarnya.
e.mengendalikan emosi diri dan emosi orang lain.
f.menghargai pendapat orang lain.
g.bekerjasama dan berinteraksi dengan orang lain pada dalam sebuah kelompok
h.mematuhi anggaran gerombolan serta bisa menerima konsekuensinya.
i.peduli terhadap orang lain serta lingkungannya.
j.menghimpun serta memproses kabar yang dibutuhkan buat menyelesaikan
masalahdalam mengambil keputusan.
k.berinovasi dan berkreasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta
kegiatanketerampilan kepramukaan.
l.mengaplikasikan pengetahuan yg dimilikinya.
m.menjagadan memelihara kesehatan tubuh antara lain dengan berolahraga
n.memanfaatkan kemampuan fisiknya.
o.menjelaskan perkembangan fisik dan psikologis insan.

3.1.tiga.dua. WadahPembinaan

Wadah pelatihan pramuka penegak merupakan sebagaiberikut:
a.wadah pembinaan pada gugus depan:
1)Ambalan Penegak
Ambalanpenegak adalah satuan mobilitas buat golongan pramuka penegak yang
menghimpunsangga serta dipimpin sang Pradana dengan didampingi pembina
ambalansebagai penasehat.
2)Sangga
Sanggaadalah kelompok belajar interaktif teman sebaya menggunakan jumlah anggota
4-8orang pramuka penegak.
3)Sangga Kerja
Sanggakerja adalah wadah buat melaksanakan suatu tugas atau aktivitas yang
anggotanyaterdiri atas anggota-anggota sangga yang ada, jumlah anggota
disesuaikandengan beban tugas atau kegiatan yang diemban. Sangga kerja
bersifatsementara hingga tugas atau kegiatan selesai dilaksanakan.










3.dua TENTANG GUGUS DEPANBINAAN

Gugusdepan disingkat Gudep merupakan suatu kesatuanorganik terdepan dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah buat menghimpunanggota Gerakan Pramuka pada penyelenggaraan kepramukaan, serta sebagai wadahpembinaan bagi anggota belia dan anggota dewasa muda. Gudep dibuat dengan tujuanuntuk membina dan membuatkan sumber daya kaum belia melalui kepramukaan agarmenjadi rakyat negara yg berkualitas, yang mampu menaruh sumbangan yangpositif bagi kesejahteraan dan kedamaian rakyat baik lokal, nasional,maupun internasional.
3.dua.1. Nomor,Lokasi,Kwartir dan Alamat Gudep

Kelengkapan gugus depanyang meliputi nomor , lokasi, kwartir, serta alamat gudep binaan secara lengkapsebagai berikut:
3.dua.2.nomor Gugus Depan

Nomor gugus depan12.067 buat putra serta 12.068 buat putrid
3.2.3. Lokasi GugusDepan Binaan

SMA Negri 1 Carenang, terletak pada desa terasKecamatan Carenang.
3.2.4. Kwartir danAlamat Gudep

Ambalan Syekh Nwawi Tanara serta Cutnyak Dienberpangkalan dalam SMAN 1 Carenang, yg masuk pada Kwartir Ranting KecamatanCarenang, Kwartir Cabang Kabupaten Serang, Kwartir Daerah Provinsi Banten.alamat gugus depan Jl. Warung selikur, KM.04 Carenang, Kab.serang, Banten. Kode pos 42195.

3.2.lima. Sejarah singkatgugus depan

Gerakan Pramuka SMAN 1CARENANG, adalah gerakan pramuka penegak yang berpangkalan pada SekolahMenengah Atas Negeri 1 Carenang. Menggunakan nama ambalan putra Syekh Nawawi TanaraAlbantani dan ambalan putri adalah Cut Nyak dien. Nama ambalan putramenyesuaikan dengan nama seseorang ulama akbar diwilayah Tirtayasa yang dikenalkarena kitab -buku karangannya, merogoh nama Syekh Nawawi Tanara Albantanikarena dibutuhkan para peserta didik apat meneladani Syekh Nawawi TanaraAlbantani yg namanya masiih permanen hidup lantaran karya-karyanya meski secarajasad beliau sudah meninggal dunia. Cut Nyak Dien diambil sebagai nama ambalanputri lantaran dia adalah sosok pahlawan wanita yang dari menurut aceh yangidentik dengan kekentalan religiusitasannya, pahlawan wanita muslim denganhijab yang selalu dikenakan, diharapkan para siswa dapat meneladani CutNyak Dien baik menurut sisi kepahlawannanya jua pribadinya sebagai wanitamuslimah. Adapun hari ulang tahun atau peringatan hari jadiambalan menyesuaikan dengan diresmikannyaSMAN 1 Carenang yang diresmikan dalam lepas 1 Mei tahun 2000.

3.2.6. Potensi gugusdepan

Ambalan Syekh NawawiTanara serta Cut Nyak Dien, gugus depan 12.067-12.068,pangkalan SMAN 1 Carenang, sebagai wadahpramuka penegak yang berada pada wilayah territorial kecamatan carenang sebagiasatu-satunya sekolah menegah atas yg berstatus negeri serta selalu mendapatdukungan berdasarkan pihak internal sekolah secara tidak eksklusif memiliki potensiyang lebih besar buat menjadi gugus depan penegak percontohan khusunya diwilayah Kwartir Ranting Carenang melalui kegiatan-aktivitas rutin yangdilaksanakan dan aktivitas-aktivitas sosialisasi menggunakan warga sekitarmenjadikan pramuka SMAN 1 Carenang dikenal sang rakyat. Serta kesadaranpeserta didik akan pentingnya memperbaiki serta meningkatkan mutu serta kualitasdiri dan pangkalan merupakan hal yg penting, semangat peserta didik terlihatdari setiap kegiatan yang dilaksanakan. Keiikutsertaan siswa pada SatuanKarya (saka) pula menunjang peningkatan mutu dan kualitas siswa dalampengembangan minat serta talenta.
3.2.7. Susunan pengurus(mabigus, pembina)

Susunanpengurus mabigus dan Pembina pangkalan SMAN 1 Carenang adalah sebagaia berikut:
Majelispembimbing gugus depan: Drs. HeriNoor, M.pd
KetuaHarian:Saprudin, S.pd
Bendahara:Muhaimin, S.pd
KetuaGugus Depan:Kurniadi, S.pd.I
PembinaSatuan Putera:Jaryadi
PembinaSatuan Puteri:Yunidah

3.2.8. Jumlah anggota

Jumlah anggota gerakanpramuka pangkalan SMAN 1 Carenang, Ambalan Syekh Nawawi Tanara Albantani adalah10 dan Cut Nyak Dien adalah 46.
3.dua.9. Tingkatkecakapan anggota

Tingkat kecakapan anggota pramukapenegakpangkalan SMAN 1 Carenang adalahpenegak Bantara serta Penegak Laksana, dan kecakapan khusus 10 tkk harus. Kedepannya pada sebaiknya penegak garuda agar pesertadidik semakin ulet dan termotivasi dalam pramuka.










BAB 4

PELAKSANAAN PEMBINAAN
4.1. Program kegiatan

Programkegiatan atau program kerja gugus depan 12.067-12.068 pangkalan SMAN 1 Carenangdijelaskan dan dirinci sebagai berikut berdasarkan pada saat pelaksanaanprogram. Masing-masing grup program terbagi dalam beberapa bidang aktivitas.adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
4.1.1.Program Umum Gugus Depan 12.067-12.068

4.1.1. Bidang Kegiatan danLatihan Peserta Didik

a.Pencapaian SKU
b.Pencapaian SKK
1)SKK juru masak
2)SKK juru kebun
3)SKK P3K
4)SKK Berkemah
5)SKK penabung
6)SKK pengatur ruang
7)SKK pengamat
8)SKK gerak jalan
9)SKK menjahit
10)SKK pengaman kampung
c.Peningkatan mutu kecakapanmeliputi jenjang:
1)Bantara
2)Laksana

d.Gladian Pemimpin satuan(DIANPINSAT)( 1 kali )
e.Penjelajahan dan Survival Game
f.Perkemahan Jauh danPengembaraan ( 1 kali )
g.Bakti Masyarakat ( 1 kali )
h.Kegiatan dengan gugus depanlain ( latihan adonan )
i.Musyawarah Ambalan
j.Bazaar (kewirausahaan)
k.Karya wisata

4.1.1.2.Bidang Pendidikan Orang Dewasa

a.Pengiriman pembina untukkegiatan Kursus Pembina yg diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabangmaupun Kwartir Daerah.
b.Pengiriman pembina untukpertemuan-pertemuan yg diadakan Kwartir Ranting juga Kwartir Cabang
c.Pertemuan-pertemuan Gugus Depanyang dihadiri sang MABIGUS
4.1.1.tiga.Bidang Sarana dan Administrasi

Mengusahakan tersedianya kelengkapanadministrasi serta sarana penunjang aktivitas Gugus Depan yang mencakup :
a.Buku Induk Gugus Depan
b.Stempel Gugus Depan
c.Buku Jurnal Kegiatan Harian /Mingguan
d.Buku Administrasi Keuangan
e.Daftar Inventaris Gugus Depan
f.Buku Tamu Gugus Depan
g.Laporan Semester Gugus Depan
h.Catatan Peristiwa Penting GugusDepan ( Log Book )
i.Pengadaan Tenda Pramuka
j.Pengadaan alat pionering yangmeliputi :
1)Tali pramuka
2)Tongkat
k.Bendera Gugus Depan yangmeliputi:
1)Bendera Tunas Kelapa
2)Bendera Pramuka Sedunia
l.Bendera Semaphore dan Morse
m.Papan Nama Gugus Depan
n.Sanggar Bakti Pramuka (Ruangan)
4.1.1.4.Bidang Keuangan

Penggalian dana kegiatan yang meliputi:
a.Iuran peserta didik
b.Sumbangan berdasarkan MABIGUS
c.Dana kewirausahaan pesertadidik
d.Sumbangan lain yg tidakmengikat


4.1.1.5.Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaranprogram dalam semester gugus depan 12.067-12.068 pangkalan SMAN 1 Carenangdapat dijabarkan menjadi berikut:
PROGRAMKERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL

Bulan : JULI 2015sampai dengan DESEMBER 2015
No

KEGIATAN

BULAN KE

KET.

1

2

3

4

5

6

1.
Penerimaan Tamu Ambalan
X






2.
Latihan SKU Calon Penegak BANTARA
X
X
X
X
X
X

3.
Ujian SKU Penegak Bantara
X
X





4.
Ujian SKUPenegak Laksana
X
X





5.
Musyawarah Ambalan




X


6.
Perkemahan akhir tahun





X

7.
Penjelajahan




X

Tentatif
8.
Bakti Masyarakat





X
Tentatf
9.
Latihan gabungan





X

10.
Lomba Tingkat I

X





11.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

12.
Iuran anggota
X
X
X
X
X
X
Tentatif
13
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah juga Nasional






menyesuaikan
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP

Bulan : JANUARI 2016 sampaidengan JUNI 2016
No
KEGIATAN
BULAN KE
KET.
1
2
3
4
5
6
1.
Latihan SKU Penegak Bantara

X
X
X



2.
Latihan SKU Penegak Laksana

X
X
X



3.
Ujian SKU Penegak Bantara




X
X

4.
Ujian SKU Penegak Laksana




X


5.
Ujian SKK

X
X
X



6.
Boden Powel Day

X





7.
Penjelajahan dan survival


X




8.
Gelar Aksi Penggalang(GELANGGANG)



X



9.
Bakti Masyarakat





X

10.
Latihan gabungan



X



11.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

12.
Iuran anggota
X
X
X
X
X
X

13.
Pemilihan pramuka terbaik





X

14.
Milad Ambalan




X


15.
Perkemahan jauh dan Pengembaraan





X

16.
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah juga Nasional






menyesuaikan

4.1.1.5.1. Penjabaran Masing-Masing Program

A.Latihan Rutin Pramuka
Dalammelakukan kegiatan latihan rutin bisa dirinci menjadi berikut :
1.Latihan rutin dilakukansetiap hari Sabtu dimulai pukul 14:00 WIB dan diakhiri pukul 16:30 WIB
2.Latihan rutin dilakukandengan pemberian materi SKU serta SKK bersama praktek lapangan
3.Pemberi materi adalahPembina Pramuka yang lalu mengarahkan peserta didik buat melaksanakanmateri latihan secara berdikari menggunakan pengawasan dan pengarahan menurut pembina.
4.Rincian materi latihanrutin merupakan :
1)PBB dan Upacara Pramuka
2)Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
3)Sandi pramuka (alfabet misteri)
4)Pemahaman Dasa Dharma dan Tri Satya
5)Sejarah Pramuka
6)Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara dan Penegak Lakasana
7)Syarat Kecakapan Khusus (SKK)
8)PDMPK (Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan)
9)Perkemahan Pramuka serta LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
10)Tanda Jejak, Survival Gamedan Penjelajahan
11)Permainan Pramuka
12)Kegiatan lain yg berupakegiatan insidental serta spontan
B.Penggalian Dana melaluiIuran Anggota
Dalam menunjang setiap kegiatan diperlukandana. Untuk ekskavasi dana dilakukan menggunakan mengadakan penarikan iuran padatiap anggota setiap latihan rutin. Besarnya iuran tiap anggota merupakan Rp.1.000,- ( hasil keputusan Rapat Anggota menggunakan Dewan Ambalan).
C.Perkemahan Sabtu-Minggu (di Sekolah)
1)Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke enam tiap-tiap semester
2)Bentuk aktivitas merupakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu yg dimulaipada pukul 14.00 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 10.00 WIB (Minggu)
3)Macam-macam kegiatan yg dapat dimasukkan pada aktivitas Persami merupakan:
·Penerimaan tamu ambalan(anggota baru)
·Kegiatan PelantikanKenaikan Tingkat
·Kegiatan Musyawarah Ambalan(MUSAM)
·Latihan Dasar Kepemimpinan(LDK)
·Gladian Pimpinan Satuan(DIANPINSAT)
·Milad Ambalan
a.Perkemahan Jauh (pada luarsekolah/diluar kabupaten)
i.Kegiatan ini dilakukan dalam Akhir Semester
ii.Waktu melakukan kegiatan ini merupakan minimal dua hari maksimal 5 hari
iii.Kegiatan yg dapat dimasukkan dalam aktivitas ini merupakan:
·Kegiatan Bakti Masyarakat
·Kegiatan Latihan DasarKepemimpinan (LDK)
·Kegiatan Lomba
·Kegiatan Pengembaraan atauKemah
·Gladian Pemimpin Satuan/sangga
D.Laporan Rutin Ke KwartirRanting
a.Kegiatan ini dilakukan dalam akhir semester
b.Hal-hal yg dilaporkan merupakan keadaan gugus depan yg meliputikeanggota gugus depan dan aktivitas yg telah dilakukan gugus depan pada kurunwaktu eksklusif.
E.Kegiatan Insidental
a.Kegiatan ini dilakukan diluar program yg nir mengikat
b.Kegiatan ini dilakukan sesuai menggunakan situasi, syarat dan kebutuhan
c.Macam kegiatan pada kegiatan ini adalah
·Kegiatan kunjungan keanggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasarundangan)
·Mengikuti aktivitas yangberasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas serta gudep lain)


4.dua. Pelaksanaankegiatan

a.penerimaan tamu ambalan
b.dianpinsa
d.pelantikan atau kenaikan tingkat bantara serta laksana
c.jelajah
d.musyawarah ambalan
e.boden powel day
f.uji skk
g.gelar aksi penggalang (GELANGGANG)
h.pemilihan pramuka terbaik dan bintang tahunan
i.milad ambalan
j.karya wisata
k.kewirausahaan (berjualan)

4.3. Hasil pelaksanaankegiatan

Dari output programkegiatan yg dilaksanakan siswa telah mencapai taraf kecapan umumbaik tingkat bantara maupun laksana. Selain kecakapan generik peserta didik jugadapat mencapai kecakapan khusus yaitu 10 kecakapan khusus harus dan lainnya.
4.4. PencapaianSKU-SKK-SPG

Pencapaian SKU sudah memenuhi kondisi serta criteriasebagai prmuka penegak Bantara dan Laksana, lalu SKK telah terpenuhisepuluh SKK wajib setiap anggota, tujuan pengujian pencapaian SKK ini adalahuntuk merangsang minat dan talenta anggota atau peserta didik serta menambahkecakapan yang dimiliki siswa.
Pencapaian Syarat Kecakapan Umum


No

Nama


L/P


Bantara


Laksana

Calon Bantara

1
Masturdin
L
ü


2
Sana
L
ü


3
Nasrudin dion
L
ü


4
Sarnadi
L
ü


5
Hasmaul husna
P
ü


6
Aan Anisah
P
ü


7
Astri
P
ü


8
Ikoh rofikoh
P
ü


9
Elma
P
ü


10
Sri ekayanti
P
ü


11
Mayangsari
P
ü


12
Eka Widiastuti
P
ü


13
Erma Maghfiroh
P
ü


14
Muhammad nurul ilham
L

ü

15
Andi Rachmatullah
L

ü

16
Tarman
L

ü

17
Ifat fatmawati
P

ü

18
Deni narwaty
P

ü

19
Ernawati
P

ü

20
Anisa alifani
P

ü

21
Dian Novela
P

ü

22
Deska Patiasari
P

ü

23
Dewi Rohayati
P

ü

24
Yulistyawati
P

ü

25
Siti Sukalama
P

ü

26
Jubaedah
P

ü

27
Jamilah
P

ü

28
Masna
P

ü

29
Susilawati
P

ü

30
Ikoh Rofikoh
P


ü
31
Dhea S.N.F
P


ü
32
Wahyuni
P


ü
33
Markawah
P


ü
34
Atikah
P


ü
35
Siti Hanifah
P


ü
36
Nur Arafah
P


ü
37
Rohmah
P


ü
38
Rury P.F.N.A
P


ü
39
Erti Suhartini
P


ü
40
Siti Fatimah
P


ü
41
Munajah
P


ü
42
Suci Suhaebah
P


ü
43
Neneng Sulastri
P


ü
44
Abdul Karim
L


ü
45
Nur Kholid
L


ü
46
Mia Herlina
P


ü
47
Anisa Pujiyanti
P


ü
48
Wirdatul Hasanah
P


ü
49
Wiwi Rahmawati
P


ü
50
Mastiti Alawiyah
P


ü
51
Nur Kholis
P


ü
52
Agis
L


ü
53
Nur Asita
P


ü
54
Nurul Khotimah
P


ü
55
Nurhayati
P


ü
56
Vita Dewi
P


ü

Jumlah


14

16

26

PENCAPAIAN KECAKAPANKHUSUS


Nama
Penabung
Juru Masak

Juru Kebun
Penjahit

P3K

Pengamat
Berkemah
Berkemah
Pengamankampung
Pengatur Rumah
Gerak Jalan


Masturdin
X
üXX
X
X
X
X
X
X
X
X

Sana
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Nasrudin dion
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Sarnadi
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Hasmaul husna
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Astri
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Elma
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Sri ekayanti
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X

Mayangsari
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
Aan Anisah
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x






















4.5. Prestasi yangdicapai

Prestasi yg dicapai adalah Juara 1LKBB taraf Provinsi dalam kegitan GEBYAR PRAMUKA UNTIRTA 2015, PangkalanTergiat Se-Kwartir Ranting Carenang, Juara II Lomba LCTP taraf PenegakSe-Kwartir Ranting Carenang dalam aktivitas TEGAP-I tahun 2014, serta lain-lain.
4.6. Kegiatanluar/besar yg diikuti

1).gebyar Pramuka UNTIRTA, II & III
2). KANIRA IAIN BANTEN 2014
3). Latgab penegak seserang timur kwarancarenang
4.7 Lain-lain













BAB 5

SIMPULAN, SARAN, PENUTUP

5.1. Simpulan

Gugusdepan disingkat Gudep adalah suatu kesatuanorganik terdepan dalam Gerakan Pramuka yg merupakan wadah buat menghimpunanggota Gerakan Pramuka pada penyelenggaraan kepramukaan, dan menjadi wadahpembinaan bagi anggota belia dan anggota dewasa belia. Gudep dibentuk dengantujuan buat membina serta menyebarkan sumber daya kaum muda melaluikepramukaan agar sebagai rakyat negara yg berkualitas, yg mampu memberikansumbangan yg positif bagi kesejahteraan serta kedamaian rakyat baik lokal,nasional, juga internasional.
Pramuka Penegak mempunyai wadah atau satuan terbesardalam gugus depannya yg disebut dengan ambalan. Pangkalan dalam SMAN 1Carenang Ambalan Syekh Nwawi Tanara serta Cutnyak Dien,dengan nomor gugus depan12.067 untuk putra serta 12.068 untuk putriddengan jumlah anggota gerakan pramuka pangkalan SMAN 1 Carenang, Ambalan SyekhNawawi Tanara Albantani adalah 10 orang serta Cut Nyak Dien merupakan 46 orang.

5.2. Saran

Seorang Pembina pramukatidak hanya buat mengajarkan baris-berbaris, pionerig atau tali temali jugasandi-sandi atau sebatas yel-yel. Tapi seorang pembia pramuka bertanggungjawabatas karakter an sikap peserta didiknya, Pembina pramuka bertanggungjawabdisegala aspek peserta didiknya menggunakan cara membina keterampilan, moral, etikajuga karakter. Seorang Pembina dipercaya berhasil waktu peserta didiknya mampumelebihi kemampuan menurut dirinya, seperti semboyan yg selalu dielu-elukandalam pramuka “Ikhlas Bakti Bina BangsaBerbudi Bawa Laksana”.

5.3. Penutup

Dari segala kelebihanmanusia yg diberikan oleh oleh pencipta adalah diberinya nalar supaya dapatbersyukur serta berfikir yang membuatnya sebagai jauh lebih mulia serta sempurnadaripada makhluk lainnya, tetapi berdasarkan kesempurnaan itu manusia mempunyai sifatalamiahnya yang disebut dengan khilaf atau lupa, insan adalah tempat khilafdan lupa, maka pada goresan pena atau laporan ini tentu hal niscaya terdapatkesalahan dan kekurangan didalamnya yg mungkin tidak disadari penulis.lantaran itu jika masih ada hal-hal yangtidak sesuai bagaimana mestinya teguran serta kritik yg menciptakan sangatdiharapkan. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.

















6. LAMPIRAN-LAMPIRAN

6.1. Kumpulan rencanakegiatan




















6.dua. Kumpulan catatanpelaksanaan kegiatan





















6.3. Dokumentasi

1.peneRIMAAN TAMU AMBALAN



2.DIANPINSAT










3.BODENPOWELL DAY (ULANG JANJI, PEMOTONGAN TUMPENG DAN TANAM 1O POHON DASA DHARMA)













Gladi Upacara Pembukaan


















Prosesi Adat


















Pemotongan Tumpeng sang Ketua Gudep













Penanaman pohon pertama secara simbolis sang ketua gudep serta kak MABIGUS














Penanaan Pohon


































4.LATIHANRUTIN





























5.GELALANGGANG(Gelar Aksi penggalang)


































6.4.lain-lain yang perlu







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel