PUISI GO GREEN


BALADA JERIT ALAM
Oleh : Yunidah
Aku merupakan tanah,
Tanah yang haus akan hara
Tanahyang sesak karenabeton-beton terlena
Tanahyang kotor lantaran tumpukan pelastik
Tanahyang terlumuri limbah kimia

Sekarang,aku merupakan udara,
Udarayang pucat pasi olehguratan cerobongasap pabrik
Udarayang tak bernyawa juga sua
Udarayang tak lagi bersahaja
Udarayang terkeruk tempat tinggal -rumah kaca

Kini,aku merupakan hujan serta kemarau
Akh,....
Akumalu tak lagi kenal waktu
Kapanhujan wajib turun
Kapankemarau harus berhenti
Sementaramulai menipis ozon payung bumi

Akumenjerit
Daritanah yang haus kering kerontang
Janganlagi bubut pepohonan menjadi paru-paruku
Akusesak
Janganlagi tanami aku beton dan tumpukan plastik
Akutak sanggup menaham air bah
HinggaBanjir tidak bisa mengelak
Dariudara yg pucat pasi
Janganlagi cekoki saya cerobong asap pabrik
Karenanyapayung bumi menipis
Ozonterkikis hampir terpangkas habis
Semakinpanas hela nafas

Darihujan dan kemarau
Janganpaksa lambatkan kedatanganku
Hujandan kemarau
Takingin bertikai waktu
Olehkarena musin yg tak tentu

Wahaianak insan,
Anakcucu kita pula manusia
Butuhbumi buat berpijak
Butuhudara untuk bernafas
Butuhair dan cahaya untuk bertahan hidup

Segerabangun berdasarkan tidur panjang ini,
Hijaukanbumi, singkirkan polusi, go green alamku!




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel