ASALUSUL NAMA KAMPUNG BINUANG PETAPAN KEC BINUANG KAB SERANG PROV BANTEN

             

“Binuang Petapan”merupakankampung yg secara teritorial  terletakdi Desa Binuang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Secara etimologi nama kampung “Binuang Petapan” dibentuk dari dua leksem dasar dalam bahasa Jawa dialek Banten,yaitu “Binuang” yang berarti ‘daerah desa Binuang’ serta “petapan” yang arti‘tapa’ atau ‘petapa’.
            NamaKampung Binuang Petapan berasaldari kata “petapa” yg berarti ‘bertapa’. Bertapa adalah proses atau caramenyempurnakan batin atau jiwa atau membicarakan suatu maksud. Bertapadilakukan menggunakan cara berdiam diri di suatu tempat yg  sepi dan jauh dari keramaian atau dengan katalain mengasingkan diri dan tidak melakukan aktivitas apapun dalam jangka yanglama selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.
Pernyataan tadi sejalan dengan fakta yangdiperoleh dari narasumber, yaitu ibu Tu’ah yg penulis wawancarai pada lepas 05 September2017.
Jadi, nama kampung petapan ini bermula darisuatu peristiwa. Dahulu di tempat ii saat perkampungan masih sangat sepi dandipenuhi pohon-pohon hiduplah seseorang yang bernama kapi beliau merupakan anak piatukemudian ayahnya menikah laki serta beliau hayati bersama ibu tirinya. Akan tetapi,sikap ibu tirinya nir begitu baik padanya. Merasa sedih serta putus harapan Kapimemutuskan untuk bertapa pada suatu tempat sepi pada kampung itu selama kuranglebih 1 tahun lamanya. Setelah menyelesaikan pertapaannya Ki Kapi menjadiseorang dukun sebagai akibatnya banyak yang memita donasi hingga akhirnya hidupnyaberubah lebih baik. Intinya nama kampung petapan ini digunanakan lantaran ditempat ini dahulunya tempat bertapa maka disebutlah kampung Petapan.
           
           Berdasarkan output wawancara diketahuibahwa berdasarkan cerita masyarakat yang berkembang secara ekspresi di warga , namaKampung Binuang Petapan dipakai lantaran dahulu ada seseorang petapa atau orangyang bertapa disatu tempat yang sepi dalam bahasa jawa dialek Banten tempattersebut disebut “brugbug” yangartinya ‘loka sepi yang dipenuhi pohon bambu dan semak-semak yg jarangdijamah orang’. Seorang petapa itu bernama Ki Kapi, KiKapi adalah seorang anak yg ikut atau diasuh oleh mak tirinya. Karena Ki Kapimerasa nir nyaman buat tinggal dengan bunda tirinya akhirnya Ki Kapi memutuskanuntuk mengasngkan diri atau bertapa selama 1 tahun. Setelah satu tahun Ki Kapibertapa kondisi Ki Kapi sangat memprihatinkan tubuhnya kurus tidak terurus dantidak sehat,  karena itu masyarakat megangkatKi Kapi buat Pulang. Berkaitan dengan kisah tersebut akhirnya  nama BinuangPetapandigunakan.
        
Data dicatat pada kartu data padatanggal 05 September 2017, pukul 15.15 WIB,bertempat di Binuang Petapan, Desa Sukammapir, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel