ASALUSUL NAMA KAMPUNG BINUANG SALAK PULO KEC BINUANG KAB SERANG PROV BANTEN SEBUAH KAJIAN TOPONIMI

“SalakPulo” adalah kampung yang secara teritorial terletak di Desa Sukamampir, KecamatanBinuang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Nama “Salak Pulo”  dibuat menurut leksem bahasa Jawa dialekBanten, yaitu “galat” yg berarti ‘nir benar’ serta “Pulo” yang berartiterpisah.
            Nama Kampung Salak Pulo berasaldari istilah salah dan pulo. Kata salah berubah pengucapan serta makan sebagai salak. Pulo berarti tempat atau huma terpisah menyerupai pulau. Secara geografis Salak Puloterpisah menurut Kampung Salak Masjid.
Pernyataan tadi sejalan dengan warta yangdiperoleh berdasarkan narasumber, yaitu bapak Saefullah yg penulis wawancarai pada pada lepas 08 Oktober2017.
Jadi begini, sebenarnya nama salak itu awalnyakata “galat” yg berubah sebagai istilah “salak”. Dahulu kampung ini selaludijadikan tempat berbuat galat atau hal yg tidak baik misalnya berjudi,minum-minum dll. Lantaran itu disebutlah kampung galat namun seiring  berjalannya waktu pengucapan kata salahberubah menjadi istilah salak dan akhirnya membangun image yg berebda, yaitubuah salak padahal disini tidak ada pohon salak. Kembali lagi ke nama kampungsalak, salak pada bagi menjadi dua bagian, yaitu salak Masjid, serta Salak Pulo.salak masjid adalah kampung salah yg lebih luas wilayahnya dan terdapatmasjid pada dalamnya. Sementara itu, salak Pulo adalah kampung Salak yg secaraluas daerah memiliki daerah yang lebih sempit serta terpisah dari Salak MasjidLokasi Salak Pulo berada didekat sungai dan ditengah sawah karena itulahdisebut Salak Pulo .

            Berdasarkan dari kata dan hasilwawancara bisa dipahami bahwa menurut cerita rakyat yang berkembang secaralisan di rakyat, nama kampung Salak Pulo digunakan lantaran dahulu kampungini pernah digunakan menjadi tempat melakukan hal-hal yg salah atau tidakbaik, misalnya berjudi. Akan tetapi, yg berbuatsalah itu bukan rakyat kampung itu melainkan orang lain para pendatang.sedangkan kata pulo mengikuti katadibelakang kata salak karena secara geografis lokasi Kampung Salak Puloterpisah daripada Salak Masjid. Maka menggunakan latar belakang itu, tersebutlah nama kampung SalakPulo.
       
Data dicatat pada kartu data padatanggal 08 Oktober 2017, pukul 11.45 WIB,bertempat di Kampung Salak Masjid, Desa Sukamampir, Kecamatan Binuang,Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel