ASALUSUL NAMA KAMPUNG BINUANG RANGDU KEC BINUANG KAB SERANG PROV BANTEN SEBUAH KAJIAN TOPONIMI

         
  “Binuang Rangdu” adalah kampung yg secarateritorial  terletak pada Desa Binuang, KecamatanBinuang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Nama “Binuang Rangdu” dibentuk darileksem bahasa Jawa dialek Banten, yaitu “Binuang” yang berarti ‘daerah desaBinuang serta “rangdu” yg berarti ‘pohon randu’.
            NamaKampung Randu asal dari istilah“Randu” yg adalah pohon berbuah yang buahnya dianggap menggunakan kapuk yangbiasa digunakan menjadi isian bantal serta kasur. Pohon randu tumbuh menjulangtinggi lurus menggunakan buah menggantung disetiap ranting-rantingnya. Pohon randumerupakan pohon yang bisa bertahan hidup di demam isu kering.
Pernyataan tersebut sejalan dengan fakta yangdiperoleh berdasarkan narasumber, yaitu bapak Madsuki yg penulis wawancarai padatanggal 05 September 2017.
Binuang Rangdu ini dahulunya loka yangsangat rimbun yang pada penuhi dengan pohon rangdu atau pohon kapuk. Dahulunyatempat ini bukanlah kampung melainkan hanya loka singgah serta beristirahat sekaligustempat melakukan rendezvous serta perkumpulan para pemuda melawan penajajah.mengapa tempat ini digunakan sebagai loka singgah karena loka ini sangatteduh penuh menggunakan pohon rangdu. Jika diceritakan semuanya ini sangat panjangjadi tadi adalah pada dasarnya.

           Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwamenurut cerita masyarakat yg berkembang secara ekspresi pada rakyat, bahwa nama Kampung Binuang Rangdu digunakan karenasebuah peristiwa yang melatarbelakanginya. Padatahun 1945 para pejuang berdasarkan Binuang para pemuda yg bertekad pemberantaspenjajah berkumpul untuk berdiskusi serta singgah ditempat tak berpenghuni yangdipenuhi pohon randu. Tempat itu dipilih karena jumlah pohon randu yang cukupbanyak menciptakan loka tersebut teduh lantaran rindangnya pohon randu sehingga pasuntuk digunakan menjadi loka pertemuan dan musyawarah buat melawan parapenjajah. Namuan lama kelamaan sehabis para penjajah pergi dari tanah Binuangmasyarakat mulai menempati tempat musyawarah tadi serta akhirnya menjadiperkampungan seperti sampai waktu ini.


Data dicatat pada kartu data dalam tanggal 29Agustus 2017, pukul 15.35 WIB, bertempat pada KampungBinuang Rangdu, Desa Sukamampir, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, ProvinsiBanten.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel