MENGUAK SEJARAH BENDA PISAU HADIR DI DUNIA

Pisau, telah tidak bisa dipungkiri lagi. Sebagai alat tertua yg dimiliki manusia, pisau telah mendampingi manusia semenjak zaman prasejarah hingga kini . Penamaannya pun beragam. Dalam bahasa Inggris, pisau diartikan knife, blade, sword, sampai dagger, bergantung dalam bentuknya. Di Indonesia, penamaannya cenderung kepada pisau (atau senjata) spesial sebuah yg memang memiliki bentuk spesifik.

Mengenai proses pembuatan pisau berkembang seiring perkembangan peradaban insan.bisa dikatakan pembuatan pisau mendeskripsikan tingkat peradaban insan waktu sebuah bilah pisau itu dibentuk.melalui sebuah pisau bisa diketahui teknologi tertinggi ketika itu.mulai bentuk awal pisau yang berubah menurut ketika ke saat, evolusi bentuk, bahan dan teknologi pembuatan pisau mengikuti perkembangan tren teknologi pada zamannya.

Pada zaman batu, pisau pertama kali dibentuk berdasarkan batu Flint yaitu sejenis batu yg mengkilap serta memiliki sisi tajam.dengan bentuk tidak lebih menurut serpihan batu, batu ini bisa menggunakan gampang dibentuk menggunakan ketajaman yang diinginkan.mata pisau dari batu inilah yg kemudian meningkatkan kemampuan manusia pada zaman batu buat berburu, mencari kuliner, serta membuat loka berlindung.perkembangan selanjutnya pisau batu ini sudah mengalami pengasahan, teknologi awal pengasahan memungkinkan manusia pada saat itu buat memperoleh pisau flint yang mempunyai permukaan halus dengan ketajaman yg tinggi.sejak saat itu teknologi pengulitan hewan buruan menjadi berkembang pesat.pembuatan benang menurut serat pepohonan pun mengantarkan insan ke peradaban yang lebih tinggi.

Sekilas Tentang Pisau

Manusia mempunyai ikatan yang relatif kuat dengan indera-indera yang menyertai dalam peradabannya.setiap pembuatan sebuah pisau menggambarkan dimana alat tersebut pantas dipakai. Contohnya pisau Bolo, bentuknya yang panjang serta ramping digunakan pada daratan Filiphina serta sangat cocok digunakan sang para pekerja hutan pada wilayah tadi.namun Machete menurut Amerika Selatan memiliki bentuk yg lebih kokoh serta sangat cocok digunakan pada pedalaman Amazon yang lebih rapat dengan kayu hutan yang keras.contoh yg lainnya adalah bentuk lengkung yg dimiliki oleh pisau petarung Ghurka yg digunakan pula sebagai  pisau berburu.

Pada ketika ini pisau sebagai indera yang sangat bermanfaat, baik dalam rumah tangga seperti memasak.ibarat barang yg sangat dibutuhkan, pisau seakan-akan inheren di kehidupan.

Referensi:
//murahgrosir.com/sekilas-mengenai-pisau/
//isu.pikiran-rakyat.com/?Q=gosip-kita/kenali-ragam-pisau-tradisional
//asalmula.wordpress.com/2009/02/19/pisau/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel