SEJARAH AWAL ADANYA DASI DI DUNIA

Dasi adalah aksesoris yg biasa digunakan waktu kita akan menghadiri acara-program formal, anak-anak sekolah serta perkantoran .

Dasi awal digunakan telah pada masa Romawi Kuno dalam waktu itu untuk melindungi leher, khususnya para juru bicara kerajaan.

Urutan Sejarah Adanya Dasi pada Dunia
Era Shakespeare (1564 - 1616) Aksesori leher terkenal lainnya timbul di masa Shakespeare (1564 - 1616), yakni "ruff". Kerah kaku dari kain putih itu bentuknya serupa piringan besar yang melingkari leher. Untuk mempertahankan bentuk, ruff tak jarang dikanji. Lambat laun orang merasa ruff yang bertumpuk-tumpuk sampai mencapai ketebalan beberapa sentimeter menyebabkan iritasi. 
Era pemerintahan Louis XIV tahun 1660-an 
Ini sinkron penuturan Francoise Chaile dalam buku La Grande Historie de la Cravate (Flamarion, Paris, 1994). "... Sekitar tahun 1635, sekitar enam ribu prajurit dan ksatria tiba ke Paris, yg disewa oleh Louis XIII serta Richelieu. Pakaian tradisional mereka amat menarik. Sehelai sapu tangan diikatkan di leher dengan cara khusus. Sapu tangan itu terbuat dari banyak sekali kain, berdasarkan yg serupa seragam, katun halus, sampai sutera. Gaya unik ini segera 'menaklukkan Perancis'. Apalagi cara ini lebih simpel ketimbang kerah kaku. Sapu tangan itu cuma diikat, dengan ujung-ujungnya dibiarkan tanggal." 

Era tahun 1860-an 
cravat dengan ujung yg panjang mulai menyerupai aksesori leher terbaru alias dasi. Ketika ada mode kemeja berkerah, dasi disimpulkan di bawah dagu, ujung panjangnya terjuntai pada depan kemeja. 

Era tahun 1890-an 
Pada era ini muncullah dasi kupu-kupu yg dipakai menjadi penghias leher. Dasi ini tidak sinkron dari masa-masa sebelumnya, perbedaan ini dipandang dari bentuknya yang misalnya kupu-kupu Dengan kemajuan teknologi, sekarang dasi jadi makin majemuk warna, desain, serta teksturnya.

Referensi:
//berasal-usull.blogspot.com/2018/03/berasal-usul-dasi-dan-sejarah-dasi.html
//pinterdw.blogspot.com/2012/02/menguak-sejarah-dasi.html
//kenal-artikel.blogspot.com/2013/05/asal-usul-adanya-dasi-di-global.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel