SEJARAH PERISTIWA AMBARAWA 20 NOVEMBER 1945

Ambarawa merupakan sebuah kota yang terletak diantara 2 kota  yakni Semarang dan magelang, juga diantara Semarang dan Salatiga. Pertempuran Ambarawa terjadi pada tanggal 20 November 1945 dan berakhir sampai dengan tanggal 15 Desember 1945, antara pasukan TKR (indonesia) melawan pasukan sekutu (inggris).

Latar Belakang pecahnya Pertempuran Ambarawa ditimbulkan lantaran pasukan sekutu yang mendarat di kota Semarang tepat dalam lepas duapuluh Oktober 1945, pasukan tersebut lalu membebaskan tawanan perang yg ada pada Magelang dan Ambarawa. Pasukan yg diizinkan buat membebaskan tawanan perang oleh pemerintah Republik Indonesia tersebut malah mempersenjatai tawanan yang sudah dibebaskan.

Pasukan yang dibebaskan ketika sebelum pertempuran Ambarawa pecah adalah merupakan tawanan perang dari Eropa. Akibat pembebasan serta hadiah senjata yang diberikan oleh pasukan Sekutu pada tawanan mengakibatkan terjadi beberapa insiden tepatnya pada tanggal 26 Oktober. Insiden ini adalah pertempuran yg yg berlangsung antara pasukan Sekutu dan pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sebelum pertempuran Ambarawa.

Insiden sebelum pertempuran Ambarawa ini pun bisa berakhir setelah pemimpin menurut ke 2 belah pihak melakukan sebuah perjanjian. Kedua tokoh yaitu Ir Soekarno dari Republik Indonesia dan Brigadir Jenderal Bethell berdasarkan Sekutu. Pertemuan berlangsung di Magelang dalam tanggal dua November 1945 serta melakukan sebuah perjanjian, berikut adalah output konvensi yang berhasil dibuat, mencakup :
Pembebasan lalu lintas pada jalan Ambarawa-Magelang bagi pihak Indonesia maupun pihak Sekutu.
Pihak Sekutu permanen akan menempatkan pasukannya di kota Magelang. Hal tadi bertujuan buat mengurus evakuasi serta melindungi pasukan sekutu yg sebagai tawanan saat penjajahan Jepang.
Pihak Sekutu nir mengakui kegiatan badan-badan yg dibawanya, termasuk pasukan NICA.
Pembatasan dilakukan terhadap jumlah pasukan dari pihak Sekutu.


Referensi:
//bukubiruku.com/pertempuran-ambarawa/
//sumbersejarah1.blogspot.com/2017/05/sejarah-pertempuran-ambarawa_9.html
//mmc.tirto.id/image/2017/12/13/medan-laga-ambarawa--mozaik--fuad-01_ratio-9x16.jpg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel