SEJARAH AWAL ADANYA SENDOK MAKAN DI DUNIA

Sendok merupakan keliru satu indera makan yang biasa kita pakai ketika kita akan makan. Dibandingkan alat-alat makan yang lain, sendok lebih diperlukan karena diperlukan buat meraup makanan.

Tapi tahukah engkau tentang dari muasal benda tersebut hadir dikehidupan engkau dalam waktu makan?

Menurut sejarahnya, sendok telah dipakai semenjak zaman Paleolitik atau lebih kurang 50.000 sampai 100.000 tahun lalu.

Bukti paling awal penggunaan sendok ini ditemukan para arkeolog. Selain itu, poly teks antik yg menceritakan penggunaan sendok.

Menurut aneka macam literatur kuno, penggunaan sendok dimulai berdasarkan Mesir ke india sampai China. Mulanya, sendok dibentuk memakai benda alami misalnya cangkang kerang laut atau batu yang mudah dibuat. Sendok alami ini belum punya pegangan misalnya sendok terbaru kini .

Seiring berjalannya waktu, rakyat prasejarah mulai memodifikasinya dan memberi pegangan. Sendok dengan pegangan tersebut awalnya diperuntukan buat ritual keagamaan pada Mesir kuno sekitar tahun 1.000 Sebelum Masehi (SM).

Sendok berpegangan pertama ini terbuat menurut gading, kayu, bau barah, dan batu tulis. Tak hanya mengejar manfaatnya, sendok pada Mesir jua punya dekorasi hiasan dan hieroglif yang latif.

Menemui banyak perkembangan, sendok kemudian dipakai menjadi indera makan pada Mesir. Saat itu, sendok yang digunakan berbahan dasar kayu. Pemilihan kayu ini dikarenakan harganya yg murah serta mudahnya bahan ini ditemui.

Pada saat inilah istilah sendok atau "spoon" pada bahasa Inggris asal dari bahasa Yunani "koklea". Istilah ini berarti siput, yang berarti sendok pada kekaisaran Yunani serta Romawi masih menggunakan cangkang siput dalam awalnya.

Namun, berkembangnya waktu, bahan sendok jua mengalami perkembangan. Saat inilah sendok mulai terbuat menurut perunggu atau perak. Bahan tadi dipakai sebagai penanda kasta. Sendok perunggu serta perak wajar dipakai sang para orang kaya.

Zaman Modern

Bukti tertulis yg ditemukan para arkeolog merujuk dalam sendok terkini pertama yang dibentuk. Sendok tadi dibentuk pada Inggris tahun 1259. Mirip dengan manfaatnya di Mesir dalam masa kemudian, sendok pada Inggris bukan alat makan melainkan dekorasi.

Namun misalnya masa Yunani serta Romawi, sendok juga sebagai penunjuk kekuasaan serta kekayaan. Ini ditunjukkan pada penobatan raja Inggris. Ritual penobatan tersebut merupakan raja baru disuapi dengan sendok upacara.

Pada masa tersebut, pembaptisan jua menggunakan hadiah yang dinamai "sendok Rasul". Praktek ini melahirkan tradisi membaptis menggunakan sendok dalam seluruh kelas sosial. Bedanya, bahan sendok memberitahuakn kelasnya.

Bahan dari perak dan emas dipakai untuk membaptis orang kelas atas, sedangkan tembaga dan kuningan buat kelas lebih rendah.

Pada zaman Victoria di Inggris, menggunakan adanya revolusi industri, para orang yang berada di kelas menengah mengalami peningkatan pendapatan. Saat inilah orang-orang membelanjakan uangnya buat sendok.

Melihat tren ini, pihak industri mulai mengenalkan sendok lebih majemuk. Mulai menurut sendok makan, sdt, dan sendok saji. Selanjutnya, sendok terus berkembang dan punya kegunaan utama menjadi alat makan.

Bee Wilson, seorang sejarawan kuliner, menulis pada bukunya yg berjudul "Consider the Fork: A History of How We Cook And Eat" menyebut bahwa sendok adalah bagian berdasarkan teknologi yang telah membarui cara kita mengonsumsi kuliner.

Hingga saat ini, sendok permanen bertahan menjadi alat makan, terutama buat mengangkut makanan cair serta semi-cair ke verbal Anda. Terus dipakai, sendok belum berhenti berkembang. Banyak ahli membangun jenis sendok baru. Mulai berdasarkan sendok yg mampu dimakan hingga sendok elektrik.

Kemudian sendok ini berkembang sesuai dengan manfaatnya hingga banyak sekali berbagai macam sendok yg diproduksi sinkron dengan kegunaannya tersebut, berikut merupakan aneka macam macam sendok dan garpu.

1. Macam dan Jenis Sendok
- Sendok makan
- Sendok sayur
- Sendok teh
- Sendok kopi
- Sendok nasi
- Sendok sop
- Sendok sirup
- Sendok es krim
- Sendok kue tart

Referensi:
//nationalgeographic.grid.id/read/13309853/sejarah-sendok-dalam-zaman-pra-sejarah-sendok-bukan-buat-makan?Halaman=all
//sains.kompas.com/read/2018/03/29/203300923/penemuan-yang-mengganti-global--sendok-awalnya-bukan-buat-makan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel