PENGERTIAN BERITA CIRICIRI BERITA STRUKTUR DAN CONTOH TEKS BERITA TERBARU

           Di zamanini informasi  hampir menjadi konsumsi rutinmayarakat. Pada era digital ini sangat mudah buat mendapatkan berita tidakhanya melalui televisi atau radio saja akan tetapi melalui internet serta sosial media. Secaraumum fakta merupakan kabar atau suatu warta krusial mengenai suatukejadian atau perstiwa . Liputan juga diklaim dengan istilah laporan suatukejadian. Pengertian informasi pada Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikansebagai suatu cerita atau kabar menenai insiden atau peristiwa yang hangat. Sifat-sifat atau ciri-ciri warta, yaitu berupa fakta, laporan,pemberitahuan/pengumuman warta tentang suatu yg hangat atau baru,  suatu informasi, serta menarik.
            Pengertianberita dilihat berdasarkan etimologi   warta didefinisikan berdasarkan bahasa sansekertayang berbunyi “vritta / vrita “berasalyang berarti ‘ada/terjadi’ sementara itu, dalam kamus bahasa inggris, beritaberasal menurut istilah “news” yg berarti‘warta’. Sehingga bisa dipahamibahwa liputan adalah suatu warta cerita yang berisi kejadian atau peristiwa yangada atau terjadi serta bersifat hangat serta menarik.
            Semakin mudahnyaberita diakses serta disebarluaskan pada internet menciptakan siapa saja bisa membuatberita. Namun hal ini membawa dampak negatif, yaitu gampang tersebarnya berittaHOAK atau berita bohong yg meresahkan rakyat. Sebagai  penerima fakta yg cerdas kita wajib bisamembedaan antara informasi liputan serta fakta hoak atau bohong dengan cara mengkajiunsur-unsur pembentuk kabar yg harus terdapat pada setiap keterangan, yaitu dikenaldengan sebutan rumus 5W+1H what, who,when, where, why, serta how. apabila ke enam unsur tadi tidak ada makakeabsahan keterangan tersebut dipertanyakan. Berikut ini merupakan struktur informasi danunsur pokok informasi.
A.StrukturTeks Berita

Berita terdiridari tiga bagian, yaitu:
1.kepala berita
          Kepala berita adalah bagianparagraf atau kalimat paling awal pada sebuah liputan. Kepala diklaim jugadengan lead  atau teras informasi. Kepala warta berisi bagianpentig dan pula bagian tersulit dalam suatu fakta yang memudahkan pembacamemahami bagian terpenting berdasarkan holistik berita. Mudahnya kepala beritadapat dipahami sebagai bagian pemparan pernyataan umum suatu informasi.
2.tubuh berita
   Tubuh berita merupakan bagianinti dar suatu warta. Tubuh keterangan berisi narasi secara lengkap mengenaiberita yg disampaikan serta  memunculkanfakta. Singkatnya tubuh kabar adalah bagian inti atau isi berdasarkan suatu beritadan umumnya pada penulisannya tubuh berita berada bagian tengah antaraparagraf pertama serta paragraf terakhir.
3.ekor berita
      Ekor liputan adalah kesimpulan warta. Biasanya masih ada di bagianpaling akhir.
B.Pokok-pokokBerita

Pokok beritaatau dikenal dengan istilah 5W+1H untuk memperjelasnya, berikut dijabarkandalam gambaran berikut.
Contohteks berita

Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

Telah terjadi sebuah kecelakaanhebat kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada lepas 4 Maret 2015, sebuah MobilMewah ini dikemudikan oleh seseorang anak belia yg bernama Agus, dia mengemudikanmobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam.

Mobil bernomor polisi B 3641 AHitu menabrak sebuah pembatas jalan sebab mengalami rem blong dalam mobilnya.mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya nir menciptakan kecelakaan hebatkarena pada ketika itu Tol Cipali terlihat macet menurut arah kebalikannya.

Untungnya dalam insiden ini nir ada korban jiwa, hanya saja sangpengemudi mengalami luka berat serta sekarang masih pada rawat pada Rumah Sakit terdekat.



No

Pokok Berita

Pertanyaan

Jawaban

1
What?

Apa yg terjadi?

Kecelakaan mobil
2
Who?

Siapa pelaku-korban-yg terlibat?
seorang anak belia yang bernama Agus
3
When?

Kapan peristiwa itu terjadi?
pada lepas 4 Maret 2015
4
Where?

Dimana insiden itu terjadi?
di Jalan Tol Cipali
5
Why?

Mengapa insiden itu terjadi?
mengalami rem blong pada mobilnya
6
how?

Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Mobil itu itu menabrak sebuah pembatas jalan

         Demikian pengertian fakta, karakteristik-karakteristik kabar, struktur dan contohteks liputan yg bisa saya sampaikan semoga berguna. Saya menyadari aku masih harus banyak belajar pada segala hal karenanya kritik serta saran yang bersifat menciptakan aku tunggu dengan bahagia hati buat pemugaran di masa mendatang. Terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa pada postingan berikutnya :-) 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel