10 TUGAS UTAMA ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA DI MEDIA SOSIAL

BELAJAR PRAMUKA -Di zaman yg telah sangat modernini, siapapun mampu mengakses media umum dan pula memposting berbagai hal didalamnya menggunakan sangat mudah, baik itu berupa foto, video, poster, danlain-lain. Banyak sekali konten positif yang bisa kita dapatkan pada dalam mediasosial, tetapi tidak jarang pula kita menerima konten-konten negatif yangberbau SARA serta Pornografi.

Untuk itu,menjadi seseorang anggota Gerakan Pramuka, kita dituntut buat bijak dalammenggunakan media sosial, kita pula wajib mengetahui etika-etika dalammenggunakan dan berselancar pada media sosial dengan baik dan benar, jangansampai kita merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Semua anggotaGerakan Pramuka kini mempunyai tugas yang sangat mulia pada media sosial, apasajakah tugas itu? Berikut ini merupakan 10 tugas Pramuka pada media sosial,sebagaimana yg sudah dirilis sang bidang Kominfo Kwartir Nasional GerakanPramuka.

1.mempelajaridan menerapkan apa saja yang boleh serta dihentikan di media sosial, buat kemudianmenyadari bahwa konten yang diunggah akan dicermati, dipahami dan dimengerti olehorang banyak, sebagai akibatnya harus bertanggung jawab terhadap isi serta dampaknya.

2.memproduksikonten sinkron minat, bakat serta nilai-nilai kebajikan. Konten yang dimaksud bisaberupa tulisan, foto, video, poster, infografis, meme, GIF, dll.

3.membantudan bergotong-royong mempromosikan prestasi anak negeri, kearifan bangsa,produk unggulan wilayah, masakan, pariwisata, budaya dan potensi wilayah lainnyadi media sosial dengan sukarela serta penuh komitmen.

4.membeladan mengamalkan Pancasila, NKRI, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta merawatharmoni dan solidaritas antarwarga media umum.

5.menghayatidan mengamalkan Satya serta Dharma Pramuka di media sosial.

6.memberitakankegiatan Pramuka, kegiatan organisasi lain, dan aktivitas positif lainnya dimedia sosial.

7.menghidupkantagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita, #PramukaPerekatNKRI dan terlibatdalam U-Report dan aktif pada banyak sekali kegiatan positif lainnya pada mediasosial.

8.menolakdan nir memproduksi, memberikan, mengomentari, menyukai, berlangganankonten-konten rekaan, hoax, yang berpotensi menghambat persatuan Indonesia.

9.menjaganama baik eksklusif, famili, sekolah, organisasi, latar belakang lainnya, danorang lain.

10.melawan propaganda negatif danaksi-aksi separatisme, radikalisme, liberalisme serta komunisme, dan menjagaperdamaian global lewat media umum. (MSA/AGUS)


Itulah10 tugas Pramuka di media social, semoga tugas-tugas mulia tadi bisa kitalaksanakan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena selain bermanfaatuntuk diri sendiri, pula niscaya sangat berguna bagi kehidupan orang lain. Cukupsampai disini artikel kali ini, semoga berguna, wassalamu’alaikum serta salampramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel